8 Momen Tak Terlupakan dalam Sejarah Penghargaan Oscar Momen yang tidak bisa terlupakan dari ajang Oscar, nih (Foto: BGR.com)

SETELAH penghargaan musik bergengsi, Grammy Awards selesai. Saat ini, kita menantikan ajang penghargaan film terbesar, Oscar 2019 atau Academy Awards yang ke-91 akan diadakan pada tanggal 24 Februari nanti.

Setiap penghargaan berlangsung, pastinya ada saja kejadian yang epik dan momen yang tak bisa terlupakan. Sambil menantikan ajang penghargaan bergengsi tersebut, yuk kita lihat momen terbaik dalam sejarah penghargaan Oscar:

1. Hattie McDaniel jadi pemenang kulit hitam pertama (1940)

Momen Oscar yang Tak Terlupakan
Aktris kulit hitam pertama yang menang Penghargaan Oscar (Foto Hollywoodreporter.com)


McDaniel mencatat sejarah dengan menjadi pemenang dengan kulit hitam pertama dalam ajang penghargaan Oscar. Penghargaan Best Supporting Actress ia dapatkan untuk penampilannya sebagai "Mammy" dalam film Gone With The Wind.

Dalam pidatonya ia mengatakan "Saya sungguh berharap saya akan selalu menjadi penghargaan bagi ras saya dalam industri film" Ujar aktris yang juga terkenal sebagai komedian tersebut.

2. Greer Garson dengan pidato sepanjang lima menit (1943)

Momen Oscar yang Tak Terlupakan
Pidato terlama saat itu (Foto: Instagram @greergarsoned)


Tahun 1943 lalu, Greer Garson memenangkan penghargaan Best Actress dalam perannya di film Mrs. Miniver. Selain mendapatkan penghargaan, ia juga memecahkan rekor dengan pidato terlama hingga lima menit lamanya.

Karena perbuatannya itu, akhirnya saat ini Oscar membatasi pidato setiap pemenang nominasi dengan durasi hanya 45 detik.

3. Barbra Streisand dan Katherine Hepburn memenangkan kategori aktris terbaik (1969)

Momen Oscar yang Tak Terlupakan
Pertama kalinya dalam sejarah Oscar (Foto: oscar.go.com)


Kalau biasanya pemenang setiap kategori dimenangkan oleh satu orang atau satu judul film saja. Namun, pada tahun 1969 beda cerita, nih. Oscar pada saat itu, memiliki dua pemenang untuk kategori 'Best Actress' dengan total dukungan suara yang sama yaitu 3030. Dua pemenangnya adalah Barbra Streisand dan Katherine Hepbrun.

Namun, sayangnya pada saat itu Hepbrun absen dalam ajang tersebut. Hingga Streisand berkesempatan untuk meraih piala serta berpidato.

4. Standing ovation 12 menit untuk Charlie Chaplin (1972)

Momen Oscar yang Tak Terlupakan
Mendapatkan tepuk tangan dari penonton hingga 12 menit (Foto: hollywoodreporter.com)


Tahun 1972 silam, Chaplin dianugerahi anugerah kehormatan dari Oscar untuk karyanya dalam era silent film. Namun, ada yang lain dalam penghargaan kali ini, ia mendapatkan standing ovation dari penonton selama 12 menit.

Penghargaan ini juga menandai kembalinya Chaplin ke Amerika setelah 20 tahun diasingkan. Dalam pidatonya "Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih atas kehormatannya mengundang saya ke sini" Kata Chaplin yang khas dengan topi Bowler dan tongkatnya tersebut.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH