8 Manfaat Kesehatan Jiwa dengan Olahraga Berolahraga memberikan kemampuan tubuh untuk menyingkirkan gejala gangguan jiwa. (Foto: waytoenliven)

BEROLAHRAGA tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Ingat jargon mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Jargon itu bukan sekedar jargon saja, melainkan memberikan fakta yang sesungguhnya.

Berbagai manfaat diperoleh dengan berolahraga. Jangan memikirkan hanya kesehatan fisik saja, namun melupakan kesehatan jiwa. Dengan berolahraga keduanya dapat dengan mudah diperoleh.


Happy Hormone

Ternyata berolahraga dapat membuat orang 'high', memiliki perasaan kalem, santai dan tenang. Jurnal Cerebral Cortex menuliskan, sebagaimana dikutip lifehack, ini disebabkan oleh otak yang melepaskan endorfin atau happy hormone yang memberikan rasa menyenangkan, kehangatan dan konsentrasi.


10 Menit

Hanya butuh waktu 10 menit berolahraga dapat meningkatkan konsentrasi dan jiwa yang kuat, seperti yang tertulis pada British Medical Journal. Itu hanya membutuhkan 10 menit berjalan kaki dan Anda sudah bersiap menghadapi pekerjaan sehari penuh.


Energi Positif

Pelepasan dari ketegangan, kesibukan dan stres pada aktivitas harian Anda adalah berolahraga. Energi yang mengendap seperti itu harus dilepaskan agar mendatangkan energi positif yang lebih baik.


Daya Ingat

Olahraga membuat yang disebut dalam istilah kedokteran brain-derived neurotrophic factor (BDNF), cairan kimia yang memperbaiki jaringan sirkuit ingatan Anda untuk bekerja lebih baik. Namun Anda harus konsisten dalam berolahraga untuk membangkitka daya ingat ini. Berolahraga selama 5 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit.


Kreatif

Dengan berolaharaga dua jam sebelum bekerja atau aktivitas lainnya, Anda akan menjadi lebih kreatif. Cairan kimia pada otak akan bekerja lebih mumpuni.


Melepaskan Stres

Dibandingkan dengan pengobatan menggunakan obat antidepresan, berolahraga jauh lebih aman dan tidak memberikan efek samping. Seperti penelitian oleh Duke University yang dipublikasikan melalui Journal Psychosomatic Medicine, menyebutkan bahwa dengan berolahraga mampu melepaskan kecemasan dan depresi dengan hasil yang lebih panjang.

Jangan Ragu

Keraguan yang kerap menyelimuti seseorang ketika hendak memasuki pusat kebugaran seharusnya disingkirkan. Jika Anda sudah berani melangkah memasukinya, berarti Anda sudah mendapatkan rasa percaya diri lebih besar. Ini menjadi bagian dari program kesehatan mental Anda. Rasa percaya diri akan bertambah seiring waktu.


Tubuh

Dengan berolahraga Anda lebih melihat tubuh Anda dengan baik, lebih mencintai dan tidak membandingkan dengan orang lain. Yang paling penting adalah Anda tidak perlu membanding-bandingkan dengan orang lain, bahkan menyejajarkan diri dengan selebrita. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH