8 Makanan Penurun Kolesterol Jahat Tidak selamanya kolesterol itu jahat. (Foto: pixabay/andreas160578)

BANYAK yang masih salah kaprah melihat kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol seringkali dianggap jahat dan dapat mengundang penyakit menyerang tubuh. Padahal, tidak sepenuhnya benar, sebab terdapat jenis kolesterol yang justru dibutuhkan oleh tubuh.

Ada kolesterol baik atau HDL (High-Density Lipoprotein) yang bermanfaat bagi tubuh karena dapat membuang lemak dari saluran pembuluh darah. Lain halnya dengan kolesterol buruk atau LDL (Low-Density Lipoprotein) dan Trigliserida yang harus dihindari. Karena akumulasi dua senyawa ini dapat memicu berbagai penyakit jantung atau kardiovaskular.

Jadi, tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan meningkatkan HDL dan mengurangi jumlah LDL beserta Trigleserida di dalam tubuh. Caranya, cukup konsumsi 8 makanan ini untuk mengontrol sekaligus menekan kolesterol jahat. Yuk, kita simak bersama!

Kacang-kacangan

kacang
Kacang-kacangan menolak kolesterol jahat. (Foto: organicfacts)

Kandungan sterol dan stanol yang terdapat dalam kacang-kacangan terbukti ampuh dalam mencegah penyerapan kolesterol jahat sekaligus mengurangi jumlahnya dalam darah. Rahasianya, jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari bahan pangan yang satu ini, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan tanpa mencampurkan bahan perasa dan zat apapun.

Oatmeal

Produk menu sarapan oatmeal menjanjikan penurunan kolesterol dalam tubuh. Serat beta-glukan yang terdapat dalam oatmeal mampu mengikat kolesterol yang ada di usus, lho! Selain itu, oatmeal juga dapat menurunkan kadar LDL sekaligus menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Bawang Putih

Selain dikenal sebagai penyedap rasa alami, setengah siung bawang putih dimakan mentah setiap hari dapat menurunkan kolesterol sebanyak 9-12%. Karena bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang mampu menurunkan kadar trigliserida serta LDL.

Beras Merah

Beras merah dikenal dengan segudang manfaatnya. Terutama untuk membuat tubuh terbebas dari penyakit akibat obesitas. Tidak heran jika banyak pakar kesehatan menyarankan konsumsi beras ini sebagai sumber karbohidrat harian. Selain kaya akan vitamin B, selenium, magnesium, dan fitonutrien, juga bagus untuk menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah. Hebat, bukan?

Salmon dan Tuna

ikan
Salmon mengandung asam lemak dan omega-3. (Foto: onceuponachef)

Salmon dan tuna merupakan ikan yang kaya asam lemak dan omega-3. Dua kandungan tersebutlah yang ternyata berperan dalam menurunkan tensi sekaligus memperkecil risiko terjadinya pembekuan darah. Coba untuk mengolah kedua ikan ini dengan cara dibakar atau dikukus. Ingat, jangan digoreng, ya! Alasannya, proses menggoreng justru akan menambah jumlah lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Alpukat

Jarang yang mengetahui bahwa alpukat mengandung banyak kolesterol baik, seperti asam oleat dan lemak tak jenuh. Alpukat juga kaya akan serat pangan yang membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

Tomat

Ternyata, tomat yang kaya likopen baik untuk mengurangi kadar kolesterol LDL. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari sayuran merah yang satu ini, Anda disarankan untuk mengolahnya terlebih dahulu menjadi sup atau jus. Coba yuk!

Buah Anggur

Pada sebutir anggur, terdapat senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan serta penggumpalan trombosit akibat serangan radikal bebas yang bersumber dari kolesterol jahat.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk hidup sehat terbebas dari kolesterol jahat? (*)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH