10 Fakta tentang Najwa Shihab, Nomor 7 Sempat Bikin Penggemar Patah Hati Najwa Shihab. (Foto: Instagram/@najwashihab)

KABAR mengejutkan datang dari pembaca acara berita cantik, Najwa Shihab. Lewat akun Instagram-nya, ia mengucapkan salam perpisahan. Nana, begitu panggilan panggilan kesayangan Najwa, mengungkapkan Agustus merupakan bulan terakhir ia berkarya di Metro TV. Agustus juga menjadi bulan terakhir program talkshow Mata Najwa ditayangkan di stasiun TV berita pertama di Tanah Air itu.

Tak terasa, 17 tahun sudah Nana berkarya di Metro TV. Televisi yang telah melambungkan namanya sebagai presenter ternama. Popularitas Nana mulai meroket setelah ia meliput bencana tsunami Aceh pada Desember 2004. Selain kiprahnya di Mata Najwa, banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang perempuan kelahiran 1977 itu.

1. Merintis karier di RCTI

Metro TV bukanlah tempat pertama Nana menjadi jurnalis. Sebelumnya, ia pernah menjadi bekerja di RCTI. Perjalanan kariernya sebagai presenter dimulai dengan magang sebagai jurnalis di stasiun televisi swasta pertama di Indonesia itu.

2. Reporter pertama Metro TV

Masuk Metro TV pada 2001, Nana ternyata menjadi reporter pertama di Metro TV. Dalam ucapan perpisahannya di Instagram, ia mengaku bangga menjadi reporter pertama Metro TV.

3. Kode reporter

Setiap jurnalis biasanya memiliki kode yang wajib dicantumkan pada laporan hasil liputannya. Dan Nana memiliki kode reporter 01. Dalam istilah teman-teman Nana di Kedoya (kantor Metro TV), kode itu sampai kapanpun tak akan pernah luntur.

4. Alumni Universitas Indonesia

Meski datang dari keluarga berada dan punya orangtua yang terkenal, Nana tidak menggantungkan hidupnya pada popularitas orangtua. Saat duduk di bangku sekolah menengah, ia rajin belajar. Tak heran kalau ia diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

5. Putri Quraish Shihab

Nana merupakan putri cendekiawan muslim kenamaan Indonesia, Quraish Shihab. Dia juga keponakan Alwi Shihab, mantan menteri koordinator bidang kesejahteraan rakyat dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

6. Dekat dengan ayah

Pembawa acara berita ternama ini terlihat selalu kompak dan dekat dengan ayahnya, Quraish Shihab. Bahkan, pada masa-masa awal menjadi presenter di Metro TV, ia pernah terlihat didampingi sang ayah saat berangkat ke kantor.

7. Nikah muda

Saat menimba ilmu di UI, Nana bertemu dengan seniornya, Ibrahim Sjarief Assegaf. Bersama Ibrahim, mereka memutuskan menikah di usia muda, 20 tahun. Kehidupan pernikahan mereka terlihat damai dan tak pernah diterpa gosip.

8. Penggemar berat Arsenal

Di balik penampilannya yang anggun, Nana ternyata menyukai dunia sepakbola. Ia sering bercuit di Twitter untuk memberikan dukungan terhadap skuat asuhan Arsene Wenger itu. Bahkan, ketika Olivier Giroud, dia meluangkan waktu menonton Arsenal bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

9. Ramah

Nana terkenal ramah. Meski telah menjadi presenter terkenal, ia tetap rendah hati. Saat berjumpa di manapun dengan rekan-rekannya yang berseragam sama, ia akan menyapa lebih dahulu dengan gayanya yang penuh keramahan.

10. Metro TV kehilangan sosok Nana

Berkarya selama 17 tahun, Nana tentu saja telah berkontribusi banyak pada Metro TV. Tak heran bila presiden director Metro TV, Suryopratomo, menyebutkan pihak stasiun televisi berita itu akan merasa kehilangan sosok Najwa Shihab sebagai jurnalis dan tuan rumah program Mata Najwa.

Sebelum Mata Najwa benar-benar menghilang dari Metro TV, Anda sebaiknya menyaksikan episode terakhir Nana, 'Catatan Tanpa Titik'. Selamat memasuki babak baru, Nana. Semoga selalu sukses di manapun engkau berkarya! (*)

Baca juga artikel lain mengenai Najwa Shihab pada artikel Kisah Haru Antara Najwa Shihab, Bulan Agustus Dan Reporter Pertama Metro TV.



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE