Mengenal dan 8 Cara Mudah  Mengadopsi Gaya Hidup Minimalis Furnitur Minimalis (foto: pixabay/pexels)

REVOLUSI tentang gaya hidup minimalis semakin berkembang cepat dan seakan tak ada hentinya. Adalah sebuah pilihan gaya hidup yang bisa membuatmu lebih menghemat uang, tidak membuang-buang waktu, hingga menyingkirkan stres. Siapa yang tak tertarik dengan hal itu? Awalnya gaya hidup minimalis terdengar seperti hobi orang yang memiliki banyak uang atau orang kaya, tapi kamu tidak perlu malu atau menghindar dan sejauh mana kamu akan mempraktekkannya. Tanpa disadari, banyak dari kita yang telah melakukan pilihan gaya hidup seperti demikian.

Kita yang tinggal di perkotaan kerap terpengaruh dengan apa yang kita lihat di media sosial, dan pada gilirannya menjadikan kita seorang yang konsumtif berlebih untuk berbagai barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Karenanya, dengan delapan cara mudah dan cukup ramah untuk pemula di bawah ini kamu mungkin bisa berhenti menjadi 'penimbun sampah' dan beralih ke apa yang dimaksud dengan gaya hidup minimalis.

1. Singkirkan Barang-barang yang Tidak Penting

beres-beres barang bekas
Mulai hidup minimalis dengan menyingkirkan barang bekas (foto: homemovingplanners.com

Kamu butuh menyingkirkan berbagai barang yang sudah tidak terpakai misalnya seperti koran atau majalah, pakaian yang sudah tidak terpakai, berbagai teknologi kuno, dan memulai perjalananmu ke gaya hidup minimalis dengan bersih. kamu bisa menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai dari satu area di rumahmu pada satu waktu dan menyumbangkan semua yang tidak terpakai atau digadaikan atau dibuang, dan selanjutnya kamu dapat lakukan prosedur serupa untuk area yang lain.

2. Ganti Isi Lemari Pakaian

ganti isi lemari
Rombak isi lemari dengan pakaian yang timeless (foto: pixabay/northernlightsgirl)

Memasuki gaya hidup minimalis juga berarti kamu harus berpakaian secara elegan dan fungsional, kamu perlu berhenti membelanjakan uangmu hanya untuk mengesankan orang atas nama fashion yang pastinya akan cepat berganti. Mulailah isi lemarimu dengan pakaian-pakaian timeless seperti blazer klasik, jaket kulit hitam, kaos putih berkualitas tinggi, dan sebagainya. Perlu kamu ketahui, kebanyakan merek fahsion ternama berangkat dari ide sederhana ini. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah berpakaian dengan rendah hati dengan rasa high class, sedikit namun berkualitas jauh lebih baik dari banyak namun tak terpakai.

3. Makan dengan Sederhana dan Sehat

makanan sederhana dan sehat
Cara ini juga bisa membantu menurunkan berat badan (foto: pixabay/esigie)

Cara ini juga bisa membantumu untuk menurunkan berat badan, dan tentunya anggaran. Sadarilah, makan fast food setiap waktu bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan, pertimbangkan akibat dari minyak jenuhnya dari jerawat hingga lemak tubuh. Jaga isi kulkas dan dapur anda untuk tetap terisi dengan beberapa bahan makanan sehat yang kamu sukai. Ingatlah jargon gaya hidup minimalis, less is more.

4. Kurangi Penggunaan Kertas

Paperless
Selain dokumen penting, kurangilah penggunaan kertas (foto: pixbay/szmiki95)

Meja rapih, pikiranpun jernih. berinvestasilah untuk satu laptop yang bagus, itu akan menghemat kertas, binder, pena, dan ramah lingkungan. Simpan dokumen pentingmu seperti ijazah, kartu keluarga, dan sebagainya dalam satu map yang terpisah, sangat mudah di era digital sekarang kamu bisa memanfaatkan buku dan kalender elektronik, surat kabar & musik online. Lalu untuk apa kamu masih membutuhkan kertas?

5. Keluarlah dari Pertemanan Toxic

toxic relationship
Lepaskan pertemanan yang menghambat perkembanganmu (foto: someecards.com)

Dikelilingi oleh orang-orang toxic atau lingkungan pertemanan yang menghalangi berkat dan tujuan kamu. Sederhanakan kehidupan sosialmu dari penilaian konstan dan rencana 'kongkow' yang melelahkan. Alih-alih clubbing atau makan di luar bersama orang-orang seperti yang dikatakan diatas, pergilah sendiri. Sendirian tidak selalu merupakan hal buruk, itu salah satu cara untuk menggali lebih jauh tentang dirimu.

6. Berinvestasi untuk Barang yang Berkualitas

barang berkualitas
Kualitas lebih baik dari kuantitas untuk gaya hidup minimalis (foto: porhomme.com)

Memilih kualitas daripada kuantitas akan menghemat uang dan usaha kamu untuk masuk dalam gaya hidup minimalis. Perabotan dan pakaian yang bagus akan bertahan setidaknya 10 tahun. Pembelian yang kurang berkualitas tidak akan bertahan lama, malah mungkin akan mendorongmu untuk membeli berbagai barang jelek lainnya.

7. Merubah Pola Pikir

mindset
Mulailah perlahan untuk merubah pola pikir lama (foto: pixabay/Ramdlon)

Bersihkan otak Anda dan singkirkan hal-hal negatif yang membuatmu stres untuk memberikan ruang bagi ide-ide baru dan perasaan bahagia. Berlatih meditasi dan teknik relaksasi meningkatkan kesehatan mental, ini bisa membuatmu bersih luar dalam. Maafkan kesalahan yang pernah kamu lakukan, dan coba lagi.

8.Bersihkan Teknologi

bersihkan teknologimu
Bersihkan segala hal yang kurang penting dari smartphone (foto: pixabay/free-photos)

Berhenti berlangganan junk mail, bersihkan desktop pada komputer kamu, dan pilih kembali teman-temanmu di internet atau dunia maya. Jika kita akan menghabiskan berjam-jam di ponsel kita, setidaknya buat itu menjadi sesuatu yang produktif dan langsung pada intinya. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya