8 Alasan Anda Tak Boleh Tahan Hasrat Buang Angin

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 04 Juli 2017
8 Alasan Anda Tak Boleh Tahan Hasrat Buang Angin
Menahan buang angin dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. (Foto: mentalfloss.com)

Saat sedang kumpul bersama teman atau keluarga, Anda mungkin menahan hasrat buang angin. Mulai sekarang kurangi kebiasaan menahan buang angin. Setidaknya ada delapan alasan mengapa Anda sebaiknya tidak menghentikan keinginan buang angin.

1. Jaga kesehatan usus

Buang gas merupakan proses alami. Menahan laju gas yang keluar bukanlah kebiasaan bagus. Saat buang angin, tubuh Anda melepaskan produk dari sistem gastrointestinal yang berbahaya bagi tubuh. Bila mempunyai dinding usus yang kaya lemak, menahan buang angin akan memicu penumpukan gas yang dapat merusak fungsi kerjanya.

2. Terhindar dari nyeri perut

Ketika menahan keinginan buang air dalam durasi lama, sistem usus bagian bawah akan mendapatkan tekanan besar. Akibatnya, terjadi rasa sakit dan ketidaknyamanan di perut.

3. Perut bebas kembung

Perut kembung akan membuat Anda tidak nyaman. Buang angin menunjukkan adanya gas penyebab kembung. Agar perut tidak kembung lagi, gas tersebut perlu dikeluarkan. Jadi, jangan tahan buang angin saat perut Anda sedang kembung, ya.

4. Cegah penyakit saluran pencernaan

Saat menahan hasrat buang angin, gas buangan kemungkinan akan kembali diserap tubuh. Kondisi ini dapat memicu risiko penyakit saluran pencernaan seperti gastrointestinal.

5. Terlepas dari bau busuk

Gas di dalam perut yang tidak dikeluarkan akan membusuk perlahan-lahan. Ketika sering menahan buang angin, gas yang tertahan itu akan mengeluarkan bau busuk saat Anda buang angin.

6. Terhindar dari perut berbunyi

Perut biasanya berbunyi saat lapar atau dehidrasi. Hal yang sama juga akan terjadi ketika Anda menahan buang angin. Satu-satunya cara menghindarinya ialah tidak menahan buang angin.

7. Indikator sistem pencernaan buruk

Buang angin bisa menjadi indikator ada makanan yang tidak dapat dicerna di dalam perut. Akibatnya, perut Anda menjadi kembung.

8. Baunya bagus untuk kesehatan

Ternyata, aroma buang angin dalam dosis sedikit dapat mencegah kerusakan sel, stroke serta serangan jantung dalam jangka panjang. Jika dalam dosis besar, baunya justru bisa menjadi racun bagi Anda.

Setelah mengetahui alasan-alasan tersebut, apakah Anda masih ingin menahan hasrat buang angin?

Sumber: ANTARA

Dapatkan informasi kesehatan lain pada artikel Konsumsi Apel Tingkatkan Kesehatan Tubuh.

#Buang Angin
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan