75 Juta Tanah di Indonesia Belum Bersertifikat

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 23 Februari 2018
75 Juta Tanah di Indonesia Belum Bersertifikat
Sertifikat tanah. Foto: Ist

MerahPutih.com- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) menargetkan pada tahun 2018 ini sebanyak 7 juta tanah yang ada di Indonesia sudah bersertifikat.

Jumlah ini meningkat dibandingkan target di tahun sebelumnya yakni 5 juta tanah yang memiliki sertifikat. Hal ini disampaikan oleh Menteri ATR/Kepala Badan Pertahanan Nasional Sofyan Djalil di Solo.

"Untuk tahun 2017 kemarin, kami di target oleh Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi), 5 juta tanah sudah memiliki sertifikat. Namun, jumlah itu melebihi target, karena kami mampu meraih 5,2 juta tanah yang sudah bersertifikat," ujarnya.

Bahkan, pihaknya menargetkan pada tahun 2023 nanti, semua tanah yang ada di Indonesia sudah memiliki sertifikat. Berdasarkan data yang ia miliki, dari total 126 juta tanah yang ada, baru 51 juta tanah yang sudah mengantongi sertifikat. Itu artinya, 75 juta tanah yang ada di Indonesia belum bersertifikat.

“Targetnya meningkat, misalnya tahun ini 7 juta, nanti tahun 2019 menjadi 9 juta. Sehingga bertahap, namun kami tetap berupaya mampu melebihi target yang sudah ditentukan,” katanya.

Berita ini merupakan laporan Win, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

#Sertifikat Tanah #Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan