73 Perwira TNI Kunjungi India Belajar Ilmu Pertahanan dan Persenjataan 73 perwira siswa pendidikan TNI melakukan kuliah kerja luar negeri (ist)

Merahputih.com - Sebanyak 73 perwira siswa pendidikan TNI melakukan kuliah kerja luar negeri. Kali ini, mereka melakukan kunjungan ke Bharat Electronic Limited (BEL), Ghaziabad, Uttar Pradesh, India.

Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi mengatakan, rombongan melihat bagaimana upaya India untuk sukses dalam mengembangkan industri pertahanan.

"Dalam Kunjungan ini para Pasis diterima oleh General Manager BEL, Sanjay Srivastava. Dalam penjelasannya, Sanjay mengatakan bahwa dalam produksinya BEL tidak lepas dari Peran tenaga ahli dalam penelitian dan Pengembangan (R&D) Sarjana-sarjana S1, S2, S3 dan Profesor yang sangat dioptimalkan oleh negara dan dihargai dengan gaji yang tinggi dan anggaran R&D yang mencukupi serta tidak memakai tenaga ahli asing," kata Kristomei kepada Merahputih.com di Jakarta, Selasa (30/4).

Saat ini 80 persen produk BEL telah menggunakan local content sesuai dengan penekanan dalam kebijakan pemerintah India. Serta 80 persen produksi BEL telah digunakan oleh AB India, dan 20 persen sisanya dijual ke sektor sipil dan ke negara lain.

peserta tni
Peserta kuliah kerja luar negeri (ist)

Pada tahun 2019 ini, anggaran R&D untuk pertahanan telah dialokasikan pemerintah India sebesar US $60 juta, lebih besar 5 kali lipat dari alokasi anggaran untuk sektor kesehatan dan pendidikan India.

Kristomei menambahkan, kunjungan Ke industri pertahanan India merupakan bagian dari kegiatan Kuliah kerja Lapangan Luar Negeri Pasis Dikreg 46 TA 2019.

"Tujuannya untuk memberikan perspektif bagaimana kebijakan negara negara sahabat dalam mengembangkan angkatan bersenjatanya," pungkas Kristomei. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH