72 Napi Cebongan Ikut Mencoblos Para warga binaan lapas saat sosialisasi Pilkada 2015 serentak di Lapas Klaten, Jawa Tengah, Kamis (3/12). (ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho)

MerahPutih Peristiwa - Kepala Lembaga Pemasyarakata (Lapas) Cebongan Supriyanto mengatakan bahwa narapidana (napi) Cebongan ikut melaksanakan pemungutan suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015 di Kabupaten Sleman, Rabu (9/12). Dari 127 napi yang terdata, 72 di antaranya terdata menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) khusus Cebongan.

"72 napi ikut berpartisipasi pemilihan kepala daerah hari ini. Memang sewaktu didata ada 127 orang, tapi sisanya sudah dinyatakan bebas," katanya kepada wartawan di Lapas Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta.

Supriyanto menjelaskan, mereka yang menggunakan hak pilihnya merupakan warga Sleman. Sebelumnya, petugas KPU telah menyampaikan dua pasangan calon pemimpin Sleman kepada napi tersebut.

"Mereka resmi warga Sleman, jadi dapat undangan," imbuhnya.

Seperti diketahui, Lapas Cebongan merupakan lokasi peristiwa penembakan berdarah yang dilakukan Kopasus pada 2013 lalu. Peristiwa yang dilakukan tengah malam itu menyebabkan empat orang tewas seketika akibat tembakan pelaku. (fre)


BACA JUGA:

  1. Pasha Ungu dan Ricky Harun Dukung Zumi Zola di Pilkada Serentak 2015
  2. Pilkada 2015 Puncaki Trending Topic Indonesia
  3. Pilkada di Lima Lokasi Ditunda
  4. Pilkada 2015: Golput Bukan Solusi
  5. 2251 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pilkada Tangsel


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH