700 Penari akan Terlibat dalam Solo Menari

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 28 April 2023
700 Penari akan Terlibat dalam Solo Menari
Sutradara Solo Menari Bobby Ari Setiawan usai melakukan audiensi dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Surakarta, Kamis (27/4). ANTARA/Aris Wasita

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah, akan mementaskan Tari Massal Bedhayan Naradipta pada peringatan Hari Tari Sedunia, Sabtu (29/4). Sebanyak ribuan peserta akan ambil bagian dalam pentas tarian massal ini.

Sutradara Solo Menari, Boby Ari Setiawan mengatakan, ada ribuan peserta yang dilibatkan dalam agenda tahunan untuk memperingati Hari Tari Sedunia itu.

Baca Juga

3 ASN Pemkot Solo Bolos di Hari Pertama Kerja setelah Lebaran

Pembukaan Solo Menari bakal dihadiri oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Solo Menari akan dibuka dengan tarian massal bertajuk Bedhayan Naradipta di Koridor Ngarsopuro Jalan Diponegoro," kata Boby, Kamis (27/4).

Dikatakannya, dalam opening Bedhaya Naradipta di depan Ngarsopuro tersebut ada 700 penari yang akan terlibat acara itu. Boby melanjutkan, setelah pembukaan Solo Menari selesai, peserta akan dikirab menuju ke Pasar Gede.

"Gibran, Sandiaga Uno dan Ganjar akan mengikuti prosesi pembukaan Solo Menari. Mereka juga akan melakukan pemotongan tumpeng dan ikut menari dalam pembukaan Solo Menari," kata dia.

Baca Juga

Gibran Banjir Keluhan Wisata Solo Safari dan Masjid Sheikh Zayed

Selama kirab, lanjut dia, ada rombongan penari Ramayana. Mereka akan tampil di pasar tradisional yang dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwono X Keraton Surakarta.

Dia menjelaskan Solo Menari ini melibatkan enam venue, yakni Koridor Ngarsopuro, Pasar Gede, Kampung Batik Kauman, Solo Paragon Mal, Balai Kota dan Kawasan Gatot Subroto. Ada 3.000 penari yang terlibat di enam lokasi Solo Manari.

"Habis Pasar Gede pertunjukan berikutnya ada di Kampung Batik Kauman. Kemudian di dance performance di Paragon Mal, Plaza Balai Kota dan kawasan Gatot Subroto," papar dia

Boby menambahkan penutupan Solo Menari digelar di Kawasan Gatot Subroto. Dimana semua penari akan turun di Jalan Gatot Subroto. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

125 Sepeda Motor Pemudik Gratis Mulai Diangkut dari Solo Menuju Jakarta

#Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan