70.448 Warga Langgar PSBB Jakarta Seorang warga yang terjaring razia penindakan pelanggaran aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Satpol PP menjalani hukuman dengan cara membersihkan sampah di Tanah Abang, Jakarta, Rabu

MerahPutih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menindak sebanyak 70.448 pengguna jalan raya yang melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Jumlah tersebut diakumulasi sejak hari Senin (13/4) hingga Selasa (19/5).

"Jumlah penindakan teguran di wilayah DKI Jakarta selama 37 hari sebanyak 70.448," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo dalam keterangannya, Rabu (20/5).

Baca Juga

Laksamana Yudo Margono Dinilai Layak Jadi Calon Panglima TNI

Sambodo merinci, penindakan terbanyak dilakukan pada pengendara yang tidak memakai masker. Total ada sebanyak 29.806 teguran yang diberikan polisi sejak Senin (13/4).

Selanjutnya, pelanggaran terbanyak kedua adalah kendaraan dengan penumpang melebihi kapasitas dengan total sebanyak 11.992 teguran. Kemudian pelanggaran pengendara dan penumpang kendaraan roda dua tidak beralamat sama dengan KTP dengan total 9.180 teguran.

Sambodo
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo. Foto: ANTARA

Berikutnya adalah pengendara kendaraan roda dua yang tidak memakai sarung tangan dengan total 8.120 teguran. Sementara pelanggaran pembatasan jarak penumpang sebanyak 8.016 teguran.

"Kemudian pelanggaran pengendara bersuhu tubuh di atas normal sebanyak 1.409 teguran. Pelanggaran ojek online berpenumpang sebanyak 1.138 teguran," beber Sambodo.

Baca Juga

#IndonesiaTerserah Menggema di Dunia Maya, Pengamat: ini Menghimpun Semua Kekesalan

Terakhir adalah pelanggaran jam operasional dengan total 787 teguran. Meski demikian, jumlah pelanggar pada Selasa, 19 Mei 2020 mengalami penurunan.

"Dari sebelumnya (18 Mei) sebanyak 1.732 pelanggaran berkurang menjadi 1.562 pelanggaran kemarin (19 Mei)," papar Sambodo. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH