7 Tips Mudik dengan Sepeda Motor

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 23 Juni 2017
7 Tips Mudik dengan Sepeda Motor
Jangan pernah membawa anak kecil untuk mudik menggunakan sepeda motor. (Foto: Pixabay)

Banyak alternatif transportasi untuk pulang ke kampung halaman, seperti pesawat, kereta, kapal laut, dan mobil. Selain itu, alternatif lainnya yang juga biasa orang gunakan, yakni sepeda motor. Meskipun jarak yang ditempuh terbilang jauh, sepeda motor masih dijadikan pilihan oleh masyarakat. Jika Anda termasuk yang suka touring dengan motor, salah satunya untuk mudik, perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Berangkat dengan rombongan

Sepeda motor berbeda dengan mobil, yang cenderung lebih aman karena dilengkapi berbagai fasilitas untuk keselamatan pengguna. Karena itu, jika Anda menggunakan sepeda motor, tidak ada salahnya untuk berangkat secara rombongan. Jika terjadi sesuatu, Anda dan rombongan pun bisa saling membantu.

2. Pakai jaket yang tebal

Ingat, Anda bukan sedang pergi ke kantor atau ke rumah teman Anda. Jika biasanya Anda hanya menggunakan jaket tipis, sebagai pelengkap saja, kali ini Anda harus menggunakan jaket tebal. Anda akan lama terpapar angin karena jarak yang Anda tempuh akan sangat jauh. Jaket tebal menjaga agar tubuh Anda terlindung dari dampak buruk cuaca.

Selain jaket, perlengkapan lainnya seperti masker dan sarung tangan juga diperlukan. Masker untuk melindungi tubuh Anda dari debu, sarung tangan melindungi dari getaran motor dalam jangka waktu lama yang dapat membuat tangan Anda kebas.

3. Jangan letakkan barang bawaan dekat setir motor

Anda harus memperhatikan barang bawaan Anda. Jangan karena memaksa membawa barang banyak, Anda meletakkan barang dekat setir. Hal tersebut akan mengganggu pengendalian motor Anda. Batasi barang bawaan Anda, jangan samakan seperti layaknya Anda menggunakan mobil.

4. Perbanyak beristirahat di jalan

Mengendarai motor akan lebih melelahkan daripada menggunakan mobil. Karena itu, perbanyak waktu istirahat Anda ketika mudik menggunakan motor. Jika menggunakan mobil biasanya Anda beristirahat hanya 2-3 kali, maka ketika menggunakan motor, Anda perlu beristirahat 5-7 kali.

5. Jangan membawa anak kecil

Sudah pasti Anda ingin mengajak seluruh anggota keluarga ketika mudik. Namun, Anda harus berpikir wajar dalam hal ini. Jika mempunyai anak kecil, sebaiknya Anda jangan mudik dengan motor, karena kondisi fisik anak kecil dan orang dewasa berbeda. Jika mempunyai anak kecil, sebaiknya Anda menggunakan alternatif mudik lainnya, seperti bus.

6. Gunakan sepatu

Masih banyak orang yang menggunakan sandal saat mudik menggunakan motor. Gunakan sepatu agar kaki Anda terasa lebih nyaman saat berkendara dengan motor. Kaki pun terlindung dengan lebih baik.

7. Isi bensin saat sudah tersisa seperempatnya

Anda harus selalu siap mengisi bensin kapan pun ketika menggunakan sepeda motor. Kapasitas tangki bensin motor jauh lebih kecil daripada mobil. Selalu isi bensin ketika sisa bensin sudah seperempatnya. Mengisi bensin juga dapat menjadi momen untuk Anda beristirahat atau pergi ke toilet.

Itulah beberapa tips mudik menggunakan motor. Ingat, jika menggunakan motor, fisik Anda harus dua kali lipat lebih bugar dari menggunakan mobil.

Baca juga artikel tentang 4 Promo Ramadan, dari Wahana hingga Tol.
#Tips Liburan #Mudik Lebaran #Libur Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan