7 Tips Melakukan Perawatan Rambut di Rumah dengan Bahan Alami

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Minggu, 26 Maret 2017
7 Tips Melakukan Perawatan Rambut di Rumah dengan Bahan Alami
Ilustrasi (Foto: bluemaize.net)

Rambut merupakan mahkota yang paling berharga bagi seorang wanita. Rambut juga salah satu hal terpenting yang berguna untuk menunjang penampilan seorang wanita.

Sehingga, tak heran jika sebisa mungkin wanita selalu berusaha untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambutnya agar tetap sehat, terlihat lebih cantik, dan menawan.

Bicara soal perawatan rambut ini, ternyata tidak selalu harus dilakukan di salon. Karena berbagai banyak hal, tidak selalu membuat wanita sempat untuk pergi ke salon memanjakan penampilan rambutnya. Bisa saja karena jadwal yang begitu padat, sehingga harus mengefisienkan waktu yang ada; atau, karena tidak ingin menghabiskan banyak waktu di jalan dan ingin berlama-lama di rumah; dan karena alasan lain yang memaksakan Anda harus tetap di rumah.

Nah, kali ini merahputih.com sudah menyiapkan beberapa tips yang diambil dari berbagai sumber, yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah dengan melakukan perawatan rutin di rumah. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti berikut:

1. Minyak Zaitun

Sebuah studi menyebutkan bahwa minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang baik bagi rambut. Untuk mengaplikasikannya, usapkan 1-2 sendok minyak zaitun ke rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas. Anda bisa menggunakan cara ini selama kurang lebih tiga bulan untuk memperoleh rambut lebut dan berkilau.

2. Pisang

Pisang ternyata bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut kering dan rusak. Cara mengaplikasikannya, haluskan 1-2 buah pisang dan dicampurkan dengan 1 sendok makan yogurt. Oleskan ke rambut secara merata, diamkan selama 20 menit dan bilas. Anda bisa menggunakan cara ini secara rutin, yakni dua kali seminggu selama kurang lebih tiga bulan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rambut kering dan rusak.

3. Madu

Madu dipercaya bisa mengatasi masalah rambut rontok. Cara mengaplikasikannya, campurkan 2-3 tetes madu pada sampo atau kondisioner secara merata dari ujung hingga kulit kepala, dan bilas.

4. Lidah Buaya

Dari dulu, lidah buaya dipercaya baik untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Ternyata manfaat utama dari lidah buaya adalah sebagai penumbuh rambut. Untuk mengaplikasinnya, belah jadi dua sebuah batang lidah buaya, lalu gunakan gelnya. Usapkan pada rambut sebelum tidur dan diamkan semalaman lalu bilas di pagi hari. Lakukan cara ini dua kali seminggu selama 3-4 bulan agar rambut semakin lebat dan indah.

5. Jus Daun Seledri

Daun seledri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya juga sangat bagus untuk merawat rambut agar tetap lembut. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuat jus dari daun seledri. Setelah itu masukan daun seledri ke dalam botol, lalu diamkan selama semalam. Keesokan paginya jus daun seledri tersebut bisa Anda oleskan ke rambut Anda secara merata, dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa melakukan perawatan dengan cara ini seminggu 2 kali.

6. Minyak Almond

Masalah rambut yang kering dan kusam pasti sangat dibenci oleh banyak wanita, karena akan mudah rapuh dan rontok. Untuk itu, Anda harus melakukan perawatan dengan bahan yang alami agar masalah rambut kering dan kusam bisa teratasi. Minyak Almond memiliki manfaat sebagai vitamin yang baik untuk rambut.

Cara menggunakannya juga sangat mudah dan sederhana. Pertama, Anda hanya perlu menuangkan minyak almond ke dalam mangkuk, setelah itu panaskan selama kurang lebih 40 menit, lalu angkat dan diamkan hingga tidak panas. Setelah itu aplikasikan minyak almond ke rambut Anda secara merata. Diamkan selama 15 hingga 30 menit, dan bilas rambut Anda seperti biasa menggunakan sampo dan kondisioner. Anda akan merasakan perbedaan pada rambut Anda setelah melakukan perawatan dengan minyak almond ini.

7. Baking Soda

Tak banyak orang tahu, selain berguna untuk membuat kue, baking soda ternyata juga bisa untuk merawat rambut agar terlihat sehat dan Indah. Perawatan rambut secara alami menggunakan baking soda tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya larutkan baking soda sebanyak 3 sendok makan ke dalam air lalu gunakan campuran ini untuk membilas rambut Anda setelah menggunakan sampo. Fungsi baking soda ini adalah untuk mengurangi kandung zat kimia yang terdapat di dalam sampo atau sisa dari produk styling pada rambut Anda.

Semoga tips perawatan rambut dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan di rumah ini berguna yaa? Jangan lewatkan untuk mencari tahu lebih banyak lagi mengenai tips menarik lainnya di sini: Tips Hemat Pilih Menu Makanan Di Tanggal Tua.

#Perawatan Rambut #Gaya Rambut #Tren Rambut Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan