7 Tanda Rambut Harus Segera Dipotong Memangkas rambut. (Foto: Pixabay)

SELAIN wajah, bagian tubuh yang pertama kali orang lihat adalah rambut. Untuk menjaga gaya rambut tetap rapi, Anda mesti rutin memotongnya. Setidaknya, ujung rambut saja.

Pemotongan rambut juga mencegah rambut rusak. Persoalannya, kapan sebaiknya rambut harus segera dipotong? Berikut tanda-tanda rambut harus lekas dipangkas.

1. Ujung rambut bercabang

Bagaimana cara kita mengetahui saat yang tepat untuk memotong rambut? Mudah! Perhatikan saja ujung rambut anda. Jika rambut terlihat rapuh dan tipis di bagian pangkal rambut, mungkin saatnya Anda pergi ke salon.

Ujung rambut yang bercabang merupakan penyebab kerusakan rambut. Akibatnya, rambut akan menjadi rapuh dan mudah rontok. Solusi yang tepat jika anda memiliki ujung rambut bercabang adalah dengan memangkas rambut tepat di atas bagian rambut yang bercabang.

2. Ketika rambut tumbuh dan modelnya berubah

Sewaktu pergi ke salon, Anda pulang dengan model rambut menawan. Mungkin Anda memiliki gaya rambut keren sebulan yang lalu. Apabila model rambut mulai terlihat tidak proporsional saat tumbuh, saatnya merapikan rambut.

Jika anda ingin mempertahankan gaya rambut sebelumnya, Anda bisa memotong rambut secara teratur.

3. Rambut menipis

Ada berbagai penyebab kerontokan rambut. Misalnya, perawatan rambut yang tidak tepat, penggunaan zat kimia, dan perubahan hormon. Kerontokan tersebut mengakibatkan rambut menipis.

Memotong rambut membuat rambut Anda terlihat lebih tebal. Potongan rambut pendek menciptakan ilusi rambut yang lebih tebal dan sehat.

4. Warna rambut berubah

Pewarnaan rambut dapat menyebabkan rambut rusak dalam jangka waktu panjang. Jika mewarnai rambut, Anda harus rutin melakukan trim. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan rambut.

Salah satu indikator rambut tidak sehat adalah ketika anda atau hair stylist menyadari bahwa warna rambut telah berubah. Indikasi lainnya adalah cat rambut tak lagi menempel sempurna di batang rambut.

5. Perhatikan gaya rambut

Beberapa model rambut perlu mendapat perawatan khusus agar bentuknya tetap indah. Anda yang memiliki potongan rambut sederhana bisa memotong rambut beberapa bulan secara rutin. Namun, jika memiliki potongan rambut unik dan elegan, Anda harus rutin memotong rambut agar keindahan bentuk rambut tetap terjaga.

Bagian rambut yang paling sulit dijaga adalah poni. Poni akan lebih mudah keluar dari batas rambut. Potonglah poni secara rutin.

6. Rambut tak lagi dipuji

Orang sering kali tak menyadari waktu yang tepat untuk memotong rambut. Untuk mengetahui apakah sudah waktunya memotong rambut coba ingat kapan Anda menerima pujian untuk rambut indah Anda? Ketika orang-orang sekitar tak memuji rambut anda, segera lah ke salon!

7. Model rambut membosankan

Ketika menatap cermin, perhatikan potongan rambut Anda. Ingat kah kapan terakhir kali Anda bereksperimen dengan rambut? Jika jawabannya sudah lama, kini saatnya Anda kembali bereksperimen dengan model rambut terbaru. Tanyalah pendapat teman-teman Anda.

Apabila mereka mengatakan bahwa model rambut anda terlihat tua dan membosankan, make over rambut!

Dengan tujuh jurus tersebut, rambut Anda tetap terjaga kerapiannya. (Avia)

Nagita Slavina ternyata tidak bermusuhan dengan adik iparnya, Syahnaz. Enggak percaya? Cek beritanya di sini.

Kredit : iftinavia


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH