7 Resep Olahan Telur yang Paling Menggugah Selera Fried egg. (Instagram/odlovers_healthyfood)

Ini adalah resep masakan modern olahan telur. Telur bukan hanya mengandung banyak gizi seperti karbohidrat dan protenin, tapi juga enak sebagai bahan makanan.

Resep olahan ini biasanya menggunakan telur ayam. Selain telur ayam, telur unggas lainnya memang biasa dijadikan bahan makanan seperti telur burung unta, puyuh, atau telur bebek.

Di Indonesia, telur ayam sangat populer dijadikan lauk. Sebelum banyak dijual telur ayam petelur, masyarakat Indonesia di desa-desa biasa mengonsumsi telur ayam kampung. Bahka di daerah seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), masih banyak masyarakatnya mengambil di alam liar telur burung maleo, telur penyu, atau telur ayam hutan.

Berikut merahputih.com sajikan 10 resep olahan telur yang paling menggugah selera seperti diolah dari realsimple.com. Sebagai orang Indonesia, resep-resep ini menggunakan selain telur ayam. Itu tergantung ketersediaan telur-telur lain di daerah masing-masing.

1. Salad telur goreng

Makanan ini sebagai campuran daging dan telur sebagai campuran untuk saparapan sandwich. Jika Anda makan babi, resep ini campuran dari bayam, bacon, dan telur goreng setengah matang. Makanan ini sangat gurih dengan tambahan saus asam krim.

Pilihan lain yaitu dengan memotong-motong roti sarapan Anda ke dalam mangkuk berisi salad. Aduk dengan minyak atau minyak daging khususnya, bumbui dengan garam dan merica. Ini akan menjadi sarapan Anda yang sempurna.

Fried egg salad. (Instagram/edibleboston)
Fried egg salad. (Instagram/edibleboston)

2. Sandwich salad telur kari

Ada satu makanan favorit yaitu salad telur. Kemudian menu ini ditambah bubuk kari dan bawang segar. Isian ini sangat cocok diisikan dalam sandwich untuk makan siang Anda.

Resepnya sangat sederhana yaitu dengan merebus dua telur kemudian dipotong-potong dua, campurkan sedikit mayones, tambahkan bubuk kari, dan daun bawang. Anda juga bisa memodifikasi menu ini, misalnya dengan menyertakan irisan tomat atau mentimun.

Egg salad sandwich. (Instagram/annajfong)
Egg salad sandwich. (Instagram/annajfong)

3. Swiss chard dan cheddar quiche

Panaskan even sampai 350 0 F. Panaskan 1 sendok makan minyak dalam wajan besar di atas api sedang. Tambahkan chard atau lobak dan bawang, masak sampai empuk 3-4 menit.

Kocok telur dalam sebuah mangkuk. Campurkan secara bertahap satu sendok teh garam dan 1/4 sendok teh lada.

Tambahkan campuran cheddar dan lobak. Tuangkan campuran keduanya ke dalam prebaked 9 inci dan panggang 40 hingga 45 menit.

Sementara itu, aduk selada dengan cuka dalam mangkuk sedang, tambahkan 2 sendok makan minyak, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 lada.

Swiss chard dan cheddar quiche siap disajikan.

Cheddar quiche . (Instagram/twoblondesandaburrito)
Cheddar quiche . (Instagram/twoblondesandaburrito)

4. Bayam, feta, dan omelet tomat kering

Bahan-bahan

  • 2 telur besar
  • garam kosher dan lada hitam
  • 1/2 sendok makan mentega tawar
  • 1/2 setengah mangkuk bayam cincang
  • 2 sendok makan minyak, tomak kering, dan tomat cincang
  • 2 sendok makan feta bubuk
  • roti untuk penyajian

Cara masak

Dalam sebuah mangkuk sedang, kocok telur dengan sejumput masing-masing garam dan merica

Lelehkan mentega dalam wajan antilengket di atas api sedang. Tambahkan telur dan masak. Aduk dan miringkan panci 2-3 menit. Taburi dengan bayam, tomat kering, dan feta. Lipat telur membungkus bahan-bahan tadi. Setelah itu pindahkan ke piring dan sajikan dengan roti.

Sun-dried tomato omelet. (Instagram/iambong360)
Sun-dried tomato omelet. (Instagram/iambong360)

5. Orak-arik telur dengan sosis dan bawang

Bahan-bahan

  • 1 kilogram kentang, bisa dibelah dua jika terlalu besar
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 2 ons sosis, potong-potong
  • 1 bawang dan cincang
  • 8 telur besar
  • garam kosher dan lada hitam
  • 1 sendok daun bawang cincang

Cara masak

Panaskan oven. Pada loyang berbingkai, campurkan kentang dengan minyak secukupnya. Selanjutnya tambahkan 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh lada. Kemudian panggang sampai berwarna keemasan dan lembut dalam waktu 40-45 menit.

Sementara itu, dalam wajan antilengket, masak chorizo dan bawang di atas api sedang sampai bawang lunak, 5 sampai 6 menit.

Dalam sebuah mangkung sedang, kocok telur dengan 1/4 sendok teh garam dan merica. Tambahkan ke dalam wajan dan masak, aduk sampai tercampur tapi tetap lembut, dalam waktu 2-3 menit. Taburi dengan daun bawang dan sajikan dengan kentang.

Scrambled eggs. (Instagram/sarah_yorke_sw)
Scrambled eggs. (Instagram/sarah_yorke_sw)

6. Telur panggang dengan krim campur bumbu

Telur panggang sangat ideal untuk sarapan yang hangat dan memuaskan. Seringkali telur di panggang disusun dalam mangkuk dengan sedikit saus tomat.

Cara memasak

Panaskan oven sampaik 425 F. Taburi ramekin dengan mentega, Dalam setiap ramekin berisi 2 sendok makan krim. Hancurkan telur ke dalam masing-masing ramekin. Tambahkan dengan 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh lada.

Panggang dalam waktu 10-12 menit. Taburi bumbu dan sajikan dengan roti panggang.

Baked egg. (Instagram/canalstreetbistro)
Baked egg. (Instagram/canalstreetbistro)

7. Telur dalam roti dan salmon asap

  • 2 iris roti gandum
  • 1 sendok makan mentega tawar
  • 2 telur besar
  • 1/4 cangkir creme frainche
  • 4 ons salmon
  • 1/2 bawang merah, iris kecil-kecil
  • lada hitam

Cara masak

Gunakan cetakan kue atau wajan kaca. Buatlah 3 inci di tengah setiap irisan roti. Lelehkan mentega dalam wajan antilengket di atas api sedang. Tempatkan irisan roti di wajan. Hancurkan telur ke dalam lubang masing-masing. Masak samai roti menguning, 1-2 menit per sisi.

Simpan salmon asap di atas masing-masing roti dan jangan lupa tambahkan creme frainche, caper, bawang merah, dan 1/4 sendok teh lada.

Egg in a hole. (Instagram/eatchriseat)
Egg in a hole. (Instagram/eatchriseat)

Telor jadi bahan makanan yang mudah didapat di Indonesia. Yuk coba resep-resep di atas agar makanan rumah lebih bervariasi.

Ingin coba masak-masak di rumah dengan menu baru. Baca artikel dari merahputih.com berikut Cara Mudah Masak Sendiri Ikan Tongkol Bumbu Kuning


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH