Menu Buka Puasa yang Selalu Bikin Kangen Ramadan Bubur delima. (Intagram/ airacuisine)

Dalam hitungan hari, umat muslim bakal memasuki bulan suci Ramadan. Di bulan penuh ampunan ini, umat muslim menunaikan ibadah puasa dari terbit fajar hingga waktu berbuka saat terbenam matahari selama sebulan lamanya.

Di bulan puasa, salah satu hal yang membuat semarak yaitu bermunculan kuliner berbuka puasa. Banyak makanan-minuman khas bulan suci dijajakan di jalan-jalan. Menu bulan Ramadan menjadi lebih spesial walapun pada bulan-bulan biasa kita bisa dengan mudah menemukan atau membuatnya di rumah.

Terutama di daerah-daerah, beragam makanan tradisional khas Ramadan bermunculan. Beberapa kuliner tradisional bahkan hanya ada di bulan Ramadan.

Makanan berbuka puasa biasanya dibuat dengan rasa manis. Manis itu sesuai tuntunan bahwa berbuka puasa dengan makanan-minuman manis diutamakan. Berikut merahputih.com sajikan 7 makanan berbuka puasa yang selalu ada saat bulan Ramadan;


1. Kolak Pisang

Kolak pisang. (Instagram/ sun123ok)
Kolak pisang. (Instagram/ sun123ok)

Kolak pisang sudah seperti menu wajib di bulan Ramadan. Menu sederhanan ini favorit dibuat di rumah dan mudah ditemukan dijajakan di jalanan.

Kolak pisang biasanya memiliki campuran bahan lain. Ada tambahan kolang-kaling atau umi jalar. Penambahan es bakal menambah segar menu kolak pisang.

2. Sop Buah

Sop buah. (Instagram/ wedangan.becool)
Sop buah. (Instagram/ wedangan.becool)

Sop buah sangat mudah ditemukan di bulan-bulan biasa di luar Ramadan. Namun, minuman aneka buah ini sangat primadona di bulan Ramadan terutama saat waktu berbuka puasa.

Kesegaranlah yang membuat menu sup buah digemari di bulan puasa. Pada bulan Ramadan, para pedagang menu berbuka mematok dagangan sekali habis sehingga kesegarannya terjaga.

3. Bubur Sumsum

Bubur sumsu. (Instagram/ novie_)
Bubur sumsu. (Instagram/ novie_)

Bubur sumsum juga menjadi favorit menu berbuka puasa. Bubur sumsum bercitarasa manis dari gula merah cair.

Di hari-hari luar bulan puasa, bubur sumsum dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional. Namun, sangat jarang sekali. Pada bulan Ramadan, bubur sumsum banyak dijual di jalan-jalan dengan harga murah meriah.

4. Candil

Candil. (Instagram/ food_lezatos)
Candil. (Instagram/ food_lezatos)

Candil selalu ada sebagai jajanan menu pembuka di bulan Ramadan. Candil juga disebut dengan nama biji salak. Ini karena bentuk makanannya bulat-bulat.

Candil dipadu dengan kuah santan dengan manis gula merah. Rasa manis ini sebagai penggugah selera di awal buka puasa. Candil juga cocok dicampur dengan es agar lebih segar.

5. Pisang Ijo

Es pisang ijo. (Instagram/ id_dapoer)
Es pisang ijo. (Instagram/ id_dapoer)

Pisang ijo sangat cocok sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa. Pisang ijo dicampur es sangat segar dengan rasa manis air gula berwarna merah menyala.

Pisang ijo dibuat dari pisang yang dibalut adonan tepung berwana hijau. Selain itu, ada juga campuran bubur sumsum dan kacang.

6. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda. (Instagram/ meyerdaesy)
Es kelapa muda. (Instagram/ meyerdaesy)

Es kelapa muda mungkin terdengar biasa. Tapi di bulan Ramadan, menu ini sangat favoit sebagai menu pembuka. Kesegaran air kelapa dicampur dengan air gula sangat cocok untuk pelepas dahaga selepas seharian berpuasa.

7. Bubur Delima

Bubur delima. (Instagram/ airacuisine)
Bubur delima. (Instagram/ airacuisine)

Bubur delima biasa menjadi campuran pada menu-menu lain, khususnya kolak. Namun, beberapa daerah membuat khusus bubur delima untuk satu menu berbuka. Bubur delima tak jauh berbeda dengan bubur sumsum.

Merah merona bubur delima membuat selera berbuka kamu meningkat. Selain itu, kuah santan dengan manis gula dan harum pandan pasti membuat kamu segar kembali. Penambahan es sangat cocok pada bubur delima. (*)

Baca juga berita kuliner lainnya: Berbagai Olahan Susu Tradisional Indonesia, Tak Kalah dari Eropa

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH