Kesehatan

7 Manfaat Oatmeal, Lebih Sehat

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 30 Januari 2021
7 Manfaat Oatmeal, Lebih Sehat
Manfaat oatmeal bagi kesehatan tubuh. (Foto: Pexels/Jess Vide)

OATMEAL kerap menjadi salah satu sarapan populer yang mudah dibuat. Biasanya, oatmeal dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet. Selain membuat perut jadi kenyang lebih lama, oatmeal juga bermanfaat bagi kesehatan.

Makanan sehat ini memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan serat dan rendah kalori. Nah, manfaat lainnya yang terkandung dalam oatmeal juga telah diungkapkan oleh Pakar gizi, Kelly Springer. Berikut kandungan oatmeal yang berguna bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Eat This.

Baca Juga:

Kaldu Ramen dalam Gelas, Tren Kuliner Baru di Jepang


1. Kaya serat

makan
Oatmeal mengandung serat yang tinggi. (Foto: Unsplash/Sara Cervera )


Kandungan serat ini baik untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Serat juga membuat pencernaan kamu jadi lebih lancar. Dalam setengah cangkir oatmeal, terdapat empat gram serat yang membantu menekan rasa lapar dibandingkan dengan sereal manis. Sebab, serat tersebut akan membuat nafsu makan berkurang.


2. Vitamin dan mineral

makan
Selain serta, oatmeal juga kaya akan vitamin dan mineral. (Foto: Unsplash/Margarita Zueva )


"Oatmeal juga mengandung vitamin dan mineral penting seperti magnesium dan zat besi, yang membantu meningkatkan energi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan," kata Springer.

Lebihnya lagi, oatmeal mengandung protein sebanyak lima gram per setengah cangkir dan dapat meningkatkan kesehatan usus melalui pencernaan.


3. Kolesterol

makan
Menurunkan kolestrol dengan konsumsi oatmeal. (Foto: Unsplash/Ryan Pouncy)


Karena kandungan serat tersebut, Springer mengatakan bahwa oatmeal dapat membantu kamu untuk menurunkan kolesterol jahat, sekaligus menstabilkan gula darah. Serat larut ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.


4. Panjang umur

makan
Konsumsi oatmeal secara teratur agar hidup makin lama. (Foto: Unsplash/Peter Conlan)


Oatmeal merupakan salah satu makanan terbaik untuk umur panjang. Menurut American Heart Association, mengonsumsi biji-bijian secara teratur ini terbukti menurunkan angka kematian. Selain itu, penelitian dari Nutrition Journal menunjukkan bahwa, oatmeal dapat membantu menurunkan risiko penyakit autoimun, penyakit jantung, dan bahkan penambahan berat badan.

Baca Juga:

Mengenal Jamur Ajaib yang Berguna Bagi Kesehatan

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan