Libur Telah Tiba, Simak 7 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Libur telah tiba, dapatkan manfaatnya. (Foto: freepik/svetlanasokolova)

"LIBUR tlah tiba.. Libur tlah tiba.. Hore.. Hore.. Hore!." Seperti itu kutipan lirik lagu anak-anak saat liburan telah datang menyapa mereka. Liburan anak sekolah tahun 2022 telah tiba. Tak sedikit orang tua sudah mulai merancang liburan bersama anak-anak saat liburan sekolah ini.

Masalahnya, beberapa orang tua dilema akan waktu yang ternyata bentrok dengan jadwal mereka yang diharuskan tetap bekerja. Melansir Allina Health, terdapat pendapat dari penelitian yang telah menunjukkan bahwa mengambil waktu dari pekerjaan dapat memiliki manfaat kesehatan fisik dan mental.

Baca Juga:

4 Manfaat Liburan untuk Kamu yang Sedang Patah Hati

Orang berlibur memiliki stres yang lebih rendah, risiko penyakit jantung yang lebih kecil, pandangan hidup yang lebih baik, dan motivasi lebih besar untuk mencapai tujuan. Jika kamu masih perlu sedikit diyakinkan, berikut adalah tujuh manfaat liburan untuk kesehatan:

(Foto: freepik/jcomp)

1. Peningkatan kesehatan fisik

Stres dapat menyebabkan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. The New York Times melaporkan, untuk laki-laki dan perempuan yang berlibur setiap dua tahun dibandingkan setiap enam tahun akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner atau serangan jantung.

2. Peningkatan kesehatan mental

Salah satu ahli saraf telah menemukan bahwa paparan kronis terhadap stres dapat mengubah struktur otak dan menimbulkan kecemasan dan depresi. Saat kamu berlibur, perasaan tenang akan muncul dan otomatis akan menghilangkan stres. Sangat memungkinkan tubuh dan pikiranmu akan pulih dengan cara yang tidak bisa dilakukan jika masih dalam tekanan.

3. Kesejahteraan yang lebih besar

Menurut sebuah studi Gallup, pada orang-orang yang selalu meluangkan waktu untuk perjalanan liburan reguler memiliki skor 68,4 pada Indeks Kesejahteraan Gallup-Heathway, dibandingkan dengan skor kesejahteraan 51,4 untuk para pelancong yang jarang bepergian.

Salah satu studi menemukan bahwa tiga hari setelah liburan, keluhan fisik, kualitas tidur, dan suasana hati seseorang akan membaik dibandingkan sebelum liburan. Keuntungan dari liburan ini akan bertahan hingga lima minggu kemudian, terutama pada mereka yang merasa puas selama liburan.

Baca Juga:

Kesehatan Mental yang Bisa Dipanen Sepulang Liburan

4. Peningkatan motivasi mental

Pada beberapa orang banyak yang kembali dari liburan lebih fokus dan produktif. Studi telah menemukan bahwa stres kronis dapat membuat sulit untuk mencapai tugas-tugas tertentu dan menyebabkan masalah memori. Mengambil cuti dan liburan dapat kembali menyetel otak, meningkatkan kesehatan mental dan kognisi kamu.

5. Meningkatkan hubungan keluarga

Menghabiskan waktu dan menikmati liburan bersama orang-orang terkasih dapat menjaga hubungan tetap kuat. Sebuah studi oleh Arizona Department of Health and Human Services menemukan bahwa perempuan yang berlibur lebih puas dengan pernikahan mereka.

6. Mengurangi kelelahan

Seorang karyawan yang meluangkan waktu reguler untuk bersantai cenderung tidak mengalami kelelahan, membuat mereka lebih kreatif dan produktif daripada rekan kerja mereka yang terlalu banyak bekerja dan kurang istirahat.

Cara lain untuk mengelola kelelahan adalah melalui the Oxygen Mask Rule yang berarti "Amankan maskermu sebelum membantu orang lain". Dengan kata lain, penuhi kebutuhan mental, fisik, dan spiritual kamu sebelum harus kembali pada tanggung jawab yang bermanfaat bagi orang lain di luar keluarga dekatmu.

7. Meningkatkan kebahagiaan

Penelitian menunjukkan merencanakan liburan dapat meningkatkan kebahagiaan kamu. Beberapa orang mengalami suasana hati yang meningkat pada delapan minggu sebelum perjalanan.

Intinya, berliburlah selagi kamu bisa. Ketika kamu mengambil waktu di luar dari tekanan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, itu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, motivasi, hubungan, kinerja, dan perspektifmu.

Liburan dapat membantu kamu merasa segar kembali dan lebih siap menghadapi apa pun yang akan datang. Yuk liburan. (dgs)

Baca Juga:

Solo Traveling? Mengapa Tidak!

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bukan Penyakit, Narasi Tentang Menopause Harus Diubah
Fun
Bukan Penyakit, Narasi Tentang Menopause Harus Diubah

Menopause yang biasanya terjadi perempuan usia 45 hingga 55 itu perlu dianggap normal.

Tips Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin
Fun
Tips Menghadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

Kenali cara yang tepat saat menghadapi kondisi ban mobil selip di jalan licin

Lokapala Hadirkan Event Seru dan Update Patch
Fun
Lokapala Hadirkan Event Seru dan Update Patch

Bikin petualangan main jadi makin seru.

Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Medan
Fun
Pesawat Hercules C-130 Jatuh di Medan

Pesawat Hercules C-130 sempat lepas landas dengan sempurna.

Baim Wong Resmi Batalkan Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week
ShowBiz
Baim Wong Resmi Batalkan Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Setelah memicu kritik dari berbagai pihak, Baim Wong mencabut pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week.

Tabir Surya Mineral Vs Kimia: Mana yang Harus Digunakan?
Fun
Tujuh Idola Kpop dengan Selera Fashion Terbaik
ShowBiz
Tujuh Idola Kpop dengan Selera Fashion Terbaik

Fashion adalah segalanya bagi mereka.

Ridwan Kamil Apresiasi Uji Coba Kehadiran Penonton di Honda DBL
Fun
Ridwan Kamil Apresiasi Uji Coba Kehadiran Penonton di Honda DBL

Seiring dengan meredanya kasus COVID-19 Honda DBL sudah digelar.

Museum MACAN Ajak Anak-Anak Eksplorasi dengan Cara Sederhana
Fun
Museum MACAN Ajak Anak-Anak Eksplorasi dengan Cara Sederhana

Instalasi di Museum MACAN jawab tantangan pandemi