7 Makanan yang Mengurangi Gejala Gangguan Jiwa Ikan mengandung asam amino omega 3. (Foto: taste)

MAKANAN bukan sekedar makanan saja, namun dapat memberikanenergi pada tubuh. Satu hal lainnya adalah memberikan suasana menyenangkan dalam hati. Dengan makanan dapat menyingkirkan berbagai gejala gangguan mental, seperti kecemasan berlebihan.

Melakukan pengobatan, meditasi dan olahraga merupakan langkah tepat mengatasi berbagai gejala gangguan kejiwaan. Yang terpenting harus didukung pula oleh makanan.

American Journal of Public Health menemukan bahwa ada hubungan antara diet dengan kesehatan jiwa. Penelitian yang dibuat menemukan anak-anak dan dewasa yang melakukan diet tak baik akan berujung pada pembentukan gejala gangguan kesehatan jiwa, yang umumnya timbul adalah depresi dan kecemasan.

Coba untuk mendapatkan makananan ini yang akan membuat gejala gangguan jiwa pergi.

Berries

Strawberries, raspberries atau blueberries kaya akan vitamin C dan antioksidan. Pada Journal of Nutrition and Food Sciences dituliskan Vitamin C membantu mengontrol kadar kartisol di tubuh. Kartisol mampu melepaskan hormon stres dalam tubuh.

Ikan

Konsumsilah ikan yang mengandung asam lemak omega 3. Sangat efektif untuk menurunkan gejala kecemasan, gejala umum yang terjadi pada gangguan kejiwaan.


Cokelat Hitam

Cokelat mampu menurunkan tingkat stres dengan mengontrol kadar kortisol. Cokelat pun mampu meningkatkan kadar endorfin yang dapat membuat menaikan mood dan melepaskan depresi.


Padi-padian

Padi-padian adalah sumber karbohidrat yang paling baik. Padi-padian memproduksi serotonin dan triptofan yang mampu memperbaiki gangguan mental akibat dari depresi dan kecemasan.


Kalkun

Ayam kalkun meskipun tidak populer di Indonesia, namun ada penjualnya di beberapa pasar. Kalkun sumber protein alami yang baik yang membuat tubuh memproduksi serotonin, plus triptofan yang dapat membantu istirahat.


Teh Hijau

Teh hijau dikenal akan antioksidannya, lebih dari itu juga mengandung asam amino theanin. Theanin ini membantu menyembuhkan pengidap depresi, kecemasan dan gangguan tidur.


Kunyit

Rempah-rempah ini sudah digunakan sebagai bagian dari penyedap masakan sejak masa lampau. Kunyit mampu menaikan mood Anda dan melawan depresi.

Memang hasilnya tidak langsung terasa, namun dengan efek samping yang tidak ada sama sekali, mengonsumsi dalam waktu yang panjang akan membuat gangguan mental sirna. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH