Kesehatan

7 Langkah Mudah Hilangkan Perut Kembung

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 19 Agustus 2020
7 Langkah Mudah Hilangkan Perut Kembung
Perut kembung bisa membuat tak nyaman. (foto: health magazine uk)

SIAPA pun bisa mengalami kembung. Proses pencernaan yang kurang lancar bisa jadi salah satu penyebabnya.

Ketika makanan yang masuk ke tubuh tidak bisa dicerna dengan baik, gas akan terbentuk di dalam perut. Kelebihan gas akan mengakibatkan perut menjadi kembung. Tidak terlalu sulit menyembuhkan perut kembung. Berikut trik mudah mengatasi kembung.

BACA JUGA:

Minikino Antar Film Pendek Indonesia ke Selandia Baru

1. Konsumsi Daun Mint

peppermint
Membantu mengeluarkan gas di perut. (foto: pixabay/congerdesign)


Daun mint bisa mengeluarkan gas di perut. Daun ini juga bisa mencegah kembung agar tidak menjalar menjadi kram pada perut. Kamu bisa menyeduh daun mint bersama secangkir teh hangat.

2. Minum Seduhan Jahe

jahe
Memberikan rasa lega. (foto: pixabay/congerdesign)


Bumbu dapur ini bisa memberikan rasa lega dan mengurangi kadar gas di perut. Jahe bisa kamu kunyah langsung atau diparut kemudian diseduh bersama air hangat atau teh hangat (jangan lupa disaring terlebih dahulu). Selain itu, jahe bisa juga dijus bersama sayuran hijau seperti bayam atau kale.

3. Membatasi Asupan Pemanis Buatan

sugar
Jauhi pemanis buatan. (foto: pixabay/ulleo)


Pemanis buatan memiliki kandungan zat yang tidak dapat dicerna dengan baik. Kalau kamu mudah kembung, sebaiknya hindari bahan satu ini. Kesulitan mencerna pemanis jenins ini bisa memicu peningkatan gas di perut sehingga terjadi kembung.

4. Kombinasi Makanan Yang Tepat

daging
Hindari konsumsi daging bersama makanan berpati. (foto: pixabay/free-photos)


Tiap jenis makanan punya durasi cerna yang berbeda dalam usus. Jika digabung, makanan yang lambat cerna akan mengalami proses cerna yang normal, sedangkan makanan yang cepat dicerna akan terfermentasi dan menciptakan gas. Coba hindari mengonsumsi makanan berprotein (daging dan kacang-kacangan) bersama makanan berpati (nasi dan kentang). Sebaliknya, sayuran cocok dikonsumsi bersama protein atau bisa juga sayuran bersama makanan berpati.

5. Memijat Perut Searah Jarum Jam

belly
Agar gas dalam perut tak menumpuk. (foto: pixabay/silviarita)


Pada saluran pencernaan terdapat gerakan peristaltik yang membentuk gerakan seperti gelombang. Sehingga makanan akan tersedot atau tertelan masuk ke usus dan akhirnya terbuang melalui anus. Untuk mempercepat proses tersebut, kamu bisa memberikan pijatan ringan di area bawah perut dengan gerakan searah jarum jam. Cara itu dilakukan agar gas dalam perut tidak menumpuk dan menyebabkan kembung pada perut.

6. Berlutut sejenak

jongkok
Akan mendukung proses pencernaan. (foto: pixabay/keifit)


Jika kamu tidak memiliki keluhan pada lutut dan pinggang, tidak ada salahnya untuk mencoba trik ini. Lakukan gerakan berlutut sejenak untuk meredakan gas yang berlebihan di perut. Menurut ilmu akupunktur Tionghoa kuno, tubuh manusia memiliki energi yang kuat dan mengalir di sepanjang tulang kering. Energi itu akan mendukung proses pencernaan makanan untuk dicerna dengan baik. Caranya, berlutut dengan posisi tulang kering kaki menyentuh tanah. Lakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

7. Berjalan Kaki atau Yoga

yoga
Napas teratur merilekskan pencernaan. (foto: pixabay/free-photos)


Kalau memiliki waktu luang, kamu bisa meredakan kembung dengan berjalan kaki atau melakukan gerakan yoga. Saat napas teratur, sistem pencernaan akan rileks dan gas berlebihan akan menghilang.(*)

BACA JUGA:

Mikroplastik dan Nanoplastik Ada di Tubuh Manusia?

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan