7 'Game' Sederhana yang Mampu Pertajam Ingatan Menyegarkan Ingatan dengan game. (Foto: Pixabay/ColiN00B)

SIFAT suka lupa terkadang sangat menjengkelkan jika melanda di waktu-waktu tertentu, seperti lupa menaru barang yang sangat dibutuhkan atau bingung menyapa kenalan karena lupa namanya. Hal ini memang umum terjadi.

Penyebab dari fenomena ini terjadi beragam. Dilansir Go-Dok, dari beberapa penelitian terdapat sejumlah teori yang menjelaskannya, hal itu terjadi karena kemunduran ingatan, adanya penumpukan informasi, represi, hingga karena adanya gangguan fisiologis yang mengganggu kinerja otak.

Namun, kamu juga harus berhati-hati ketika lupa terlalu sering mendera lupa, karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala penyakit serius, seperti Alzheimer, Vascular Dementia, Parkinson, Huntington, Short Memory Syndrome, Amnesia, dan lainnya.

Jika kualitas ingatan semakin menurun dari hari ke hari, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk berkonsultasi sebaiknya coba saja bermain game karena faktanya kegiatan ini dapat mendeteriorasi ingatan. Tidak percaya? Berikut beberapa permainan yang ternyata dapat meningkatkan daya ingat;

1. Teka Teki Silang

Teka Teki Silang. (Pixabay/stevepb)
Teka teki silang melatih daya ingat. (Foto: Pixabay/stevepb)

Selain dapat dijadikan sebagai alternatif hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, mengisi TTS ternyata dapat dijadikan cara untuk meningkatkan daya ingat. Lho, kok bisa? Dengan mengisi TTS, secara tidak langsung kamu telah melatih ingatan, mempercepat alur berpikir, hingga meningkatkan konsentrasi.

2. Catur

Permainan Catur. (Pixabay/jarmoluk)
Permainan catur mampu membuat strategi. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Catur merupakan permainan yang mengombinasikan daya ingat serta kemampuan berstrategi. Dalam permainan ini, kamu dipaksa untuk mengoptimalkan kerja otak kiri dan kanan secara bersamaan demi terciptanya imajinasi serta taktik jitu agar menang. Checkmate!

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH