7 Fakta Yerry Mina yang Baru Direkrut Barcelona Yerry Mina. Foto: Ist

MerahPutih.com - Barcelona baru saja merekrut Yerry Mina dari Palmeiras. Pemain 23 tahun itu ditebus dengan harga 11,8 juta euro (setara Rp 188,6 miliar).

Mina akan dikontrak selama 5,5 tahun dengan klausul pelepasan mencapai 100 juta euro.

Mina akan memakai nomor jersey 24, bekas nomor Jeremy Mathieu, yang hengkang ke Sporting Lisbon pada musim panas. Berikut tujuh fakta menarik rekrutan terbaru Barca.

1. Pemain Kolombia Pertama

Yerry Mina merupakan pemain asal Kolombia pertama yang bermain untuk Barcelona. Pada 1964, pemain Kolombia lain, Lauro Mosquera pernah memperkuat Barcelona pada 24 Juni 1964. Namun, saat laga merupakan laga persahabatan dan Mosquera tak bertahan di Barca.

2. Pemain Kolombia Kesepuluh di La Liga

Yerry Mina menjadi pemin Kolombia kesepuluh yang saat ini merumput di kompetisi tertinggi Spanyol. Dia menyusul Carlos Bacca (Villarreal), Juanjo Narvaez (Real Betis), Luis Muriel (Sevilla), Daniel Torres (Alaves), Jefferson Lerma (Levante), Jeison Murillo (Valencia) dan Bernardo Espinosa, Johan Mojica serta Marlos Moreno (Girona).

3. Empat Nomor

Sepanjang kariernya, Mina hanya pernah memakai empat nomor punggung. Saat memperkuat Deportivo Pasto dia memakai noor 3, di Independiente Santa Fe (26), dan Palmeiras (13 dan 26), di timnas Kolombia (16).

4. Terjangkung di Barca

Yerry Mina akan menjadi pemain paling jangkung di Barcelona dengan tinggi mencapai 195 cm. Di urutan berikutnya ada Pique (194cm), Sergio Busquets (189) dan Andre Gomes (188).

5. Punya Yayasan

Yerry Mina memiliki yayasan amal yang membantu orang yang kurang beruntung di Guachene, kota kecil 30 kilometer dari Cali, Kolombia. Yayasan yang berdiri 2016 itu membatu sekitar 2.000 orang miskin.

6. Awalnya Kiper

Mina mengawali karier di dunia sepak bola sebagai kiper yang sudah menjadi tradisi di keluarganya. Namun, dia kemudian memutuskan mencoba menjadi bek tengah yang membuatnya menjadi bintang.

7. Ditolak Zidane

Mina pernah dihubungkan dengan Real Madrid. Pemain Kolombia, James Rodriguez saat masih bersama Madrid meminta Zinedine Zidane untuk merekrut rekan senegaranya itu. Namun rekomendasi James, yang saat ini membela Bayern Munchen, ditolak mentah-mentah oleh Zidane. (*/bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


ount').html( res.share.share_count ); });