Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Setelah Angel melakukan keterangan pers prihal kesedihannya karena kemenangannya di ajang Indonesian Movie Awards untuk kategori Soundtrack Terfavorit yang dipermaslahkan sederet musisi, kini giliran Anggun C Sasmi memberikan pembelaan secara moril terhadap Angel, setelah sebelumnya Anggun 'menyinggung' kemenangan tersebut.

Melalui akun Twitternya, Anggun beberapa kali menyatakan tidak menyalahkan Angel atau pun pencipta lagu atas permasalahan tersebut.

"1. Adikku @angelicaaMP seharusnya tanggung jawab tdk terletak di bahu kamu ttp di penyelenggara. Suara kamu bagus & Insya Allah karirmu," tulis Anggun.

"2. @angelicaaMP panjang. Jangan terpolusi oleh orang2 yang mem-bully, lawanlah mereka dgn kesuksesan karir," kembali tulis ibu satu anak itu.

"3. @angelicaaMP jadi fokus utk membangun karirmu. Semoga kita bisa ketemu, peluk cium," kembali ungkapnya.

Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Melalu akun Twitter pribadinya, Anggun mengungkapkan bagi yang tidak paham prihal sindirannya beberapa waktu lalu, dirinya sama sekali tidak menyalahkan penyanyi atau pun pencipta lagu yang memboyong piala IMA itu, Anggun mempertanyakan mekanisme panitia yang memenangkan lagu itu tanpa masuk nominasi.

"Buat yg ga ngerti, saya tdk menyalahkan penyanyi/pencipta lagunya, yg saya tanyakan bagaimana bisa menang tanpa masuk nominasi spt yg lain," tegas Anggun.

Sebelumnya Angel sempat mengutarakan kesedihannya karena berbagai sindiran prihal kemanangannya dari para musisi tanah air termasuk Anggun.

"Jujur saya sedih. Padahal saya ngefan sama Mas Pongki, Glenn, apalagi Mabk Anggun. Saya sedih aja kalau mereka beranggapan seperti itu," tutur Angel kepada wartawan di Gedung RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (21/5).

Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Dalam suratnya itu Anggun menggambarkan, meski mendukung pemberantasan narkoba di Indonesia, ia tetap menganggap hukuman mati adalah kegagalan sisi kemanusiaan juga hilangnya nilai nilai hukum keadilan. Bahkan Anggun menggambarkan, nama Indonesia di mata dunia Eropa tercoreng karena keputusan negara menjatuhkan hukuman mati bagi para gembong narkoba. Untuk itu Anggun, atas nama Indonesia dan wanita Jawa meminta Presiden memberikan Grasi pada Serge Atlaoui .

Bukannya mendapatkan dukungan dari para fansnya yang begitu banyak, justru Anggun dikecam oleh para fansnya sendiri. kebanyakan dari mereka kecewa dan mengaanggap Anggun tak peka dengan perasaan masyarakat Indonesia yang kini tengah darurat narkoba. (klik di sini)

Bahkan para penggemar Anggun meragukan rasa cintanya pada Indonesia. ia dianggap lebih mementingkan warga Prancis yang jelas-jelas melakukan tindakan kriminal dan membuat pengaruh buruk bagi generasi muda bangsa Indonesia.

 

Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Dalam aksi demonstrasi di Prancis, Anggun terlihat besrama ratusan rakyat prancis membawa spanduk dan poster agar pemerintah Indonesia membatalkan hukuman mati terhadap warga negara prancis Serge Atlaoui.

“Pesan saya bagi Indonesia adalah, mungkin sekarang mental kita harus diubah. Banyak hal yang mungkin kesannya sudah kuno. Dan kita sekarang harus memberi contoh kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang baik, negara yang manusiawi, negara yang besar, yang bisa mengampuni,” ungkap Anggun.

Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Setelah menulis surat terbuka untuk Presiden Jokowi, Anggun banyak dikecam rakyat Indonesia, khususnya para netizen. Kebanyakan dari mereka menganggap Anggun tak nasionalis, lebih membela warga Negara Prancis yang jelas-jelas bersalah, bahkan dianggap terlalu mencampuri hukum di Indonesia.

Untuk itu, ibu satu anak ini pun kembali mengeluarkan pendapatnya melalui surat terbuka yang juga ia tulis di Facebook, sebagai berikut:

To the People of Indonesia.

Belakangan ini ada kontroversi tentang opini saya mengenai hukuman mati yang kebanyakan datang dari hujatan netizen di social network dan ini penjelasan saya.

Saya adalah seorang ibu, darah saya 100% Indonesia. Seorang ibu yang mencintai anaknya seperti layaknya semua ibu di Indonesia. Dan tentunya saya menolak, berperang dan membenci Narkoba juga semua pihak yang membantu membuat atau menjualnya. Narkoba adalah musuh manusia yang menghancurkan hidup dan memecahkan keluarga. Narkoba memperkayai mafia juga orang yang gemar korupsi dibelakang kepedihan orang-orang kecil. Tentu saja saya berdiri di sisi korban dan di sisi semua orang yang membenci Narkoba. Mereka yang membuat dan menjual racun Narkoba harus di adili dan harus diberi hukuman yang seberat-beratnya di penjara.

Saya juga seorang pembela Hak Asasi Manusia. Saya bekerja sama dengan PBB sebagai Goodwill Ambassador dan dalam Universal Deklarasi Hak Asasi Manusia tertulis larangan membunuh manusia. Saya sangat percaya bahwa kita tidak bisa membasmi kriminalitas dengan membunuh orang-orang yang terlibat dalam kejahatan. Nyawa yang dibalas nyawa tidak akan mengembalikan hidup korban. Kematian bukanlah keadilan. Untuk saya, hanya Allah semata yang mempunyai hak atas hidup dan mati manusia.

Saya ingin hukuman yang setimpal dan seberat-beratnya kepada para kriminal. Saya membenci koruptor yang membantu bandar Narkoba menjalankan bisnis penjualan bahkan lewat penjara. Saya ingin adanya proyek bantuan kepada keluarga dari korban Narkoba, seperti Ibu Ephie Craze yang surat terbukanya amat dan sangat menyentuh saya.

Saya berada di posisi yang sama seperti semua ibu dan istri yang akan selalu berada disisi korban Narkoba. Tetapi saya juga menolak hukuman mati karena tidak manusiawi dan tidak berhasil membasmikan kejahatan.

Berpendapat seperti ini bukan berarti menyangkal darah yang mengalir di nadi saya atau mempertanyakan kedaulatan Indonesia yang saya hormat dan cintai. Ini hati saya yang berbicara.

Semoga Allah memberkati.

Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Anggun C sasmi berada di barisan depan untuk melindungi kaum homoseksual.

Anggun menentang keras orang-orang yang mendiskriminasi kaum homoseksual atau biasa disebut sebagai homophobia.

Penyanyi asal Indonesia yang kini telah berpindah kewarganegaraan jadi warga Prancis ini mendukung penuh gerakan anti homophobia melalu akun Instagramnya.

Di akun Instagramnya, Anggun mengunggah foto ia bersama pria bule dengan mulut tertutup bunga Pansy unggu, kemudian ada pose dimana keduanya seperti saling berciuman juga dengan mulut dibalut bunga yang sama.

"#PansyProject International Day Against Homophobia @paulharfleet," tulis Anggun dalam caption foto tersebut.

 

Image
Author by : Instagram Anggun C Sasmi

Bangga #FlyMyEagle masuk nominasi #IMA2015 @OfficialRCTI Bravo utk para artis nominator lain, juga utk pemenang walau tdk masuk nominasi," tulis Anggun disertai emoticon tanda mengedipkan sebelah matanya di akun Twitternya.

Kicauan Anggun ini seolah menyindir kemenangan Angel, bukan hanya Anggun, sebelumnya Pongki Barata juga sempat mempertanyakan kemenangan Angel.

Sebelumnya, untuk daftar nominasi Soundtrack Terfavorit yang dirilis panitia IMA 2015 hanya tertulis nama Glenn Fredly (Tinggikan),Saint Loco (Di Balik Istana), Pongki Barata (Seluas Itu), Mahadewa (Immortal Love Song) dan Anggun (Fly My Eagle).

Tapi tiba-tiba saja nama Angel Pieters dengan lagu 'Indonesia Negeri Kita Bersama' keluar sebagai pemenang.