7 Cara Cegah Perut Kembung Setelah Makan, Nomor 6 Pasti di Luar Dugaan Usai makan, perut bisa saja terasa kembung. (Foto: Pixabay)

MERASA kenyang setelah makan? Itu hal biasa. Namun, tidak demikian halnya dengan perut kembung usai makan. Karena, perut Anda semestinya tidak terasa kembung setelah diisi dengan beragam makanan.

Tapi, tidak usah panik dulu. Ada banyak cara mencegah perut kembung pascamakan, seperti dilansir boldsky.com

1. Jangan minum terlalu banyak cairan

Setiap habis menyuapkan nasi dan lauk pauknya, Anda mungkin selalu minum. Mulai sekarang hindari kebiasaan ini agar gas tidak terkumpul di perut. Kumpulan di perutlah yang membuat perut Anda merasa kembung.

2. Makan perlahan

Agar perut tidak kembung, makanlah perlahan-lahan. Kunyah dengan baik sebelum makanan ditelan. Dengan begitu makanan dicerna lebih baik di perut sehingga cairan lambung hanya sedikit. Efeknya, akumulasi kelebihan gas pun dapat dikurangi.

3. Olahraga teratur

Berolahragalah secara rutin dan teratur. Kebiasaan ini dapat mencegah akumulasi kelebihan gas sekaligus mencegah kembung. Bila tidak sanggup olahraga berat, Anda dapat mencoba ini. Jalan kaki selama 15 menit setiap kali habis makan!

4. Kurangi konsumsi garam

Ya, garam merupakan salah satu penyebab terjadinya akumulasi gas berlebih dalam perut. Satu-satunya cara agar produksi gas di dalam perut tidak terlampau banyak ialah Anda harus mengurangi konsumsi garam.

5. Jauhi minuman bersoda

Minuman bersoda akan menstimulasi asam dan gas secara berlebihan di perut. Akibatnya, perut Anda akan terasa kembung. Jika tak ingin perut Anda kembung, sebisa mungkin jauhi minuman bersoda atau berenergi.

6. Pantang makanan berserat tinggi

Punya maag? Kurangi kebiasaan menyantap sayuran berserat tinggi seperti brokoli. Makanan berserat tinggi akan menyebabkan perut kembung. Jika tidak ingin maag kambuh atau perut terasa kembung, Anda wajib menghindari makanan berserat tinggi.

7. Hindari olahan susu

Makanan olahan susu seperti keju dan mentega dapat menyebabkan kelebihan lemak di dalam perut. Apalagi bila Anda menyantap keju yang terlalu banyak mengandung tepung dan gula. Jadi, Anda lebih baik menghindarinya.

Dari ketujuh cara tersebut, Anda lebih mudah melakukan yang mana? (*)

Perut kembung setelah minum kopi? Dapatkan informasi penyebabnya pada artikel Kembung Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Penyebabnya.



Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH