7 Aturan Penting buat Kamu yang Ingin Jadi Pramugari Ada syarat untuk jadi seorang pramugari. (foto: tinobusiness)

APAKAH menjadi pramugari menjadi impianmu? Jika iya, bersiaplah dari sekarang. Untuk bisa jadi pramugari, kamu harus menempuh pendidikan dan memilki standar yang khusus. Mulai dari tinggi badan, wajah, hingga bagaimana caramu berbicara dan bersikap terhadap orang lain.

Menjadi pramugari memang terlihat seperti pekerjaan yang glamor. Kamu bisa melakukan perjalanan mulai dari berbagai kota hingga negara-negara di seluruh dunia. Ditambah, kamu justru dibayar untuk melakukannya.

BACA JUGA: Sukses Jadi Streamer Video Game, ini Tipsnya

Namun, sama seperti pekerjaan lainnya, ada beberapa peraturan dan pedoman yang harus diikuti seorang pramugari ketika menjalankan tugasnya. Seperti dilansir laman The Travel, berikut 7 aturan yang wajib ditaati ketika ingin menjadi pramugari.

1. Tidak terlihat bertato dan memiliki jerawat

tato
Tidak memiliki tato. (foto: pixabay/kissu)


Aturan ini sebenarnya cukup umum dan boleh dilakukan dengan beberapa syarat. Menurut Cheat Sheet dari laman The Travel, seseorang yang ingin melamar menjadi pramugari tidak boleh memiliki tato yang terlihat saat mereka berseragam. Ini berarti jika kamu memiliki tato di tulang ekor tidak akan menjadi masalah. Tetapi jika tato tersebut berada di tangan atau kaki, itu tidak diperbolehkan.

Sama halnya dengan jerawat. Jerawat terkadang tidak dapat dihindari karena berbagai faktor cuaca. Mereka yang menjadi pramugari perlu menjaga kulitnya agar tetap bersih dari jerawat. Kunci menjadi seorang pramugari adalah terlihat menarik di mata penumpang.

2. Peraturan rambut

pramugari
Harus terlihat rapi. (foto: the travel)


Selain penataan seragam yang rapi, seorang pramugari juga harus menata rambutnya dengan cara tertentu. Ada banyak maskapai penerbangan yang memiliki peraturan tentang penataan rambut pramugari. Seorang pramugari sebaiknya tidak terlalu banyak memiliki rambut ikal. Mereka harus terlilhat rapi.

3. Belum menikah

pramugari
Disarankan untuk tidak menikah terlebih dahulu. (foto: pixabay/takmeomeo)


Ini sudah menjadi aturan lama dan umum. Sebenarnya, masih ada beberap maskapai yang memperbolehkan pramugari untuk menikah. Tapi disarankan, pramugari sebaiknya tidak menikah terlebih dahulu. Hal ini dikhawatirkan ketika pramugari tersebut dalam posisi masa kehamilan setelah menikah dan memiliki anak. Kondisi ini akan membuat penampilan pramugari terganggu karena terlihat lebih gendut dengan perut membesar. Ini juga akan berpengaruh pada kinerjanya.

4. Make-up

pramugari
Merias wajah dengan pantas. (foto: the travel)


Sama seperti menata rambut, terdapat juga aturan ketat terkait riasan wajah mereka. Banyak maskapai penerbangan membutuhkan pramugari untuk memakai lipstik merah dan liner yang tentunya tidak menggunakan warna berlebihan. Ini akan membuat penampilan pramugari menjadi pusat perhatian orang lain.

5. Harus bisa berenang

pramugari
Wajib bisa berenang. (foto: cleartips)


Bukankah ini menjadi sesuatu yang umum bagi seorang pramugari? Jika kondisi pesawat dalam keadaan darurat dan harus mendarat di air, maka pramugari harus bisa berenang agar dapat menyelamatkan penumpang serta barang bawaan lainnya. Jika mereka tidak bisa berenang, mereka tidak bisa menyelamatkan dirinya dan penumpang.

6. Penggunaan anting

pramugari
Hanya boleh mengenakan sepasang anting. (foto: the travel)


Ada banyak perempuan di luar sana yang suka mengekspresikan diri dengan perhiasan pada tubuh. Pramugari biasanya hanya diperbolehkan mengenakan sepasang anting pada suatu waktu. Bahkan anting yang digunakan pun tidak sembarang, yakni harus kecil dan mungil. Hal ini bertujuan agar penampilan mereka tetap anggun dan cantik.

7. Postur tubuh

pramugari
Postur penting untuk kesehatan. (foto: the travel)


Yang terakhir, harus memiliki postur tubuh yang sesuai dengan standar. Postur sangat penting untuk kesehatan semua orang, terlebih jika kamu ingin menjadi pramugari. Ketika mengenakan seragam, pramugari tidak bisa membungkuk, menyilang, atau melipat lengan. Mereka juga tidak bisa berjalan atau berdiri dengan tangan di saku. Minimal untuk menjadi pramugari harus memiliki badan 160 sentimeter. (And)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH