7.890 Orang Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Bandara Kertajati

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 02 Maret 2023
 7.890 Orang Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Bandara Kertajati
Bandara Kertajati. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi telah mengirimkan surat elektronik kepada Konsul Haji KJRI, jika Bandara Kertajati diizinkan mengoperasikan sekitar 21 sampai 23 penerbangan layanan haji. GACA juga sudah mengirimkan surat pemberitahuan terkait hal ini kepada Kementerian Haji dan Umrah Saudi per 1 Maret 2023.

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab mengatakan tujuh wilayah yang akan dilayani dari Bandara Kertajati yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Subang, Sumedang, dan Kota Cirebon.

Baca Juga:

Otoritas Penerbangan Arab Saudi Pastikan Kertajati Siap Layani Penerbangan Haji

"Kami perkirakan total ada sekitar 7.890 orang jemaah dari tujuh daerah tersebut," ujar Saiful Mujab.

Saiful menyebut, disetujuinya Bandara Kertajati untuk operasional musim haji 1444H/2023M menjadi kabar baik. Kemenag langsung menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati.

Rencananya, tujuh ribuan calon haji tersebut akan terbagi dalam 20 kelompok terbang atau kloter. Proses clearance (izin) dari imigrasi juga akan dilakukan di Bandara Kertajati

"Kami sambut baik atas persetujuan GACA untuk penggunaan Bandara Kertajati, Jawa Barat. Kita pun telah menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati," kata dia.

Ia mengatakan, asrama haji Indramayu juga sudah siap untuk memberikan pelayanan kepada jemaah calon haji. Sehingga, jemaah calon haji dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat ini akan berangkat dari Asrama Haji Indramayu.

"Selama ini jamaah asal tujuh kabupaten/kota di Jabar ini berangkat dari Asrama Haji Bekasi. Mulai tahun ini, mereka akan berangkat dari Asrama Haji Indramayu," katanya. (Asp)

Baca Juga:

Respons Ridwan Kamil Terkait Ongkos Naik Haji 2023

#Jemaah Haji #Calon Haji
Bagikan
Bagikan