6x Berturut-turut, Indonesia jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 30 November 2023
6x Berturut-turut, Indonesia jadi Negara Paling Dermawan di Dunia
Indonesia jadi negara paling dermawan 6x berturut-turut. (Unsplash/Tyler Morgan)

MELALUI Charity Aid Foundation atau CAF, World Giving Index (WGI) kembali menempatkan Indonesia di posisi pertama dalam daftar negara paling dermawan di dunia. Ini merupakan kali keenam secara berturut-turut Indonesia mendapatkan predikat tersebut.

WGI memberikan wawasan unik tentang bagaimana keterlibatan masyarakat dalam kegiatan sosial demi memperjuangkan kepentingan komunitas. Lalu mendorong pertumbuhan kegiatan memberi secara global.

WGI pertama kali diterbitkan pada 2010, setelah krisis keuangan global yang memengaruhi hampir seluruh negara. Penelitian jangka panjang itu telah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melihat ruang lingkup dan sifat filantropi di seluruh dunia.

Baca Juga:

Tak cuma Pempek, Taste Atlas Juga Akui Kenikmatan Makanan Indonesia Ini

Indonesia jauh lebih dermawan dari Jepang. (Unsplash/Artem Beliaikin)

Indonesia pada tahun 2023 ini menduduki peringkat pertama dengan skor tertinggi, yaitu indeks 68. Dikutip dari berbagai sumber, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang mencapai predikat negara paling dermawan tersebut secara berturut-turut, bahkan hingga enam kali.

Survei tersebut dikumpulkan oleh salah satu konsultan terkemuka dunia bernama Gallup Inc sejak 2009. Metode penelitiannya dilakukan berdasarkan jajak pendapat global yang melibatkan 147.186 responden di seluruh dunia untuk menggambarkan kondisi filantropi di berbagai belahan dunia selama 2022.

WGI memiliki tiga kategori penilaian, yakni kategori menyumbangkan uang, ikut serta menjadi sukarelawan, dan membantu orang asing. Indonesia menjadi negara Asia satu-satunya yang berada di peringkat lima besar.

Berada tepat di bawah Indonesia adalah Ukraina, lalu secara berturut-turut hingga lima besar ialah Kenya, Liberia, dan Amerika Serikat. Selain kategori negara paling dermawan di dunia, ada pula kategori antonim, yakni negara paling tidak dermawan di dunia.

Baca Juga:

Rekomendasi Destinasi Wisata Indonesia untuk Para Pelancong Solo

Polandia jadi negara paling tidak dermawan. (Unsplash/Reiseuhu)

Negara pertama yang diberi predikat sebagai negara paling tidak dermawan di dunia, ialah Polandia. Negara itu berada di posisi pertama dari daftar 10 negara paling tidak dermawan yang dirilis oleh WGI.

Selain Polandia, sembilan negara lainnya, ialah:

Kroasia

Yaman

Jepang

Yunani

Afghanistan

Kamboja

Lebanon

Vietnam

Bulgaria

(waf)

Baca Juga:

Indonesia Termasuk Negara Paling Dermawan di Dunia

#Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan