6 Wilayah Eksotis yang Enggak Boleh Kamu Lewatkan ketika Keliling Asia Tenggara Kuil Angkor Wat jadi tujuan utama wisatawan asing ke Kamboja. (Foto: Pixabay/sharonang)

ASIA Tenggara telah menjadi salah satu tujuan perjalanan favorit dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari selebritis, influencer, hingga para back packer. Alasannya karena pemandangan indah, pantai berpasir halus, dan pegunungan yang luas.

Asia Tenggara juga memiliki sejarah budaya dan spiritual yang kaya sejak ribuan tahun lalu. Dikutip Pop Sugar, berikut ini wilayah eksotis yang harus kamu datangi di Asia Tenggara.

1. Bali, Indonesia

Bali merupakan salah satu destinasi paling populer di Indonesia. (Foto: Pixabay/DEZALB)
Bali merupakan salah satu destinasi paling populer di Indonesia. (Foto: Pixabay/DEZALB)

Di antara pura terkenal Bali, Tanah Lot adalah salah satu situs tertua untuk ibadah yang bertengger di tepi Samudra Hindia dan terlihat seperti kastil mengambang.

Pura Uluwatu juga merupakan salah satu situs pemujaan Hindu paling spektakuler di Bali, menghadap ke pantai yang membentuk beberapa pantai terbaik di Bali.

Tirta Gangga Royal Water Palace adalah situs yang lebih baru namun sama megahnya, terdiri dari patung-patung batu yang dikelilingi oleh daerah pedesaan di timur Bali.

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

Tips yang Harus Kamu Catat ketika Bepergian Sendiri


2. Phang-nga, Thailand

Phang-nga destinasi terkenal di Thailand. (Foto: Pixabay/eltonmaxim)
Phang-nga destinasi terkenal di Thailand. (Foto: Pixabay/eltonmaxim)


Phang-nga memiliki salah satu hutan hujan terbesar di dunia dan merupakan pusat konservasi terbaik di Thailand. Teluk Phang Nga terdiri dari kepulauan dengan 42 pulau, dikenal dengan batu kapurnya yang indah.

Ada ajuga Pulau Similan terletak tepat di lepas pantai Phang-nga dan Phuket, sebagai rumah bagi beberapa ekosistem paling unik dan perairan biru paling jernih.

3. Siem Reap, Kamboja

Siem Reap terkenal dengan Angkor Watnya. (Foto: Pixabay/bluebird666)
Siem Reap terkenal dengan Angkor Watnya. (Foto: Pixabay/bluebird666)

Sebuah desa kuno dari Kekaisaran Khmer, provinsi barat laut Kamboja ini telah berkembang selama beberapa dekade menjadi salah satu tempat wisata terbesar di negara itu. Dari sawah di selatan hingga hutan hujan yang luas di utara, kota ini memiliki banyak landmark pedesaan dan pertanian di samping cadangan air tawar terbesar di seluruh Asia Tenggara.

Dari ratusan kuil di Kamboja dari Kekaisaran Khmer kuno, kompleks candi Angkor Wat sejauh ini paling berharga karena arsitekturnya yang rumit, terkenal di dunia. Di jantung hutan Kamboja adalah kompleks kuil ajaib lain yang berasal dari Kekaisaran Khmer. Ta Prohm dibangun pada abad ke-12 dan 13 sebagai biara Buddha.

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Tambang Batu Bara Ombilin, Peninggalan Kolonial yang Baru Diakui Situs Warisan Dunia

4. Uva, Sri Lanka

Perkebunan teh di Sri Lanka. (Foto: Pixabay/amanjahemal)
Perkebunan teh di Sri Lanka. (Foto: Pixabay/amanjahemal)

Uva adalah provinsi berpenduduk terpadat kedua di pulau Sri Lanka dan tempat pelarian luar biasa indah dengan suasana ramah lingkungan. Cocok bagi siapa pun yang ingin hidup lebih hijau.

Provinsi ini terkenal karena air terjunnya, perkebunan di ketinggian, dan kondisi iklim unik yang mengakomodasi produksi teh rasa berkualitas tinggi dan satu-satunya di negara itu.

Di antara situs-situs pedesaan yang indah, Ella Rock adalah pusat produksi teh yang terkenal di provinsi ini dan menghadap ke beberapa perkebunan hijau paling indah di desa Ella. Air Terjun Bambarakanda adalah air terjun tertinggi di Sri Lanka dengan kolam renang cukup bersih untuk mandi.


5. Palawan, Filipina

Palawan terkenal sebagai destinasi pulau terbaik dunia. (Foto: Pixabay/jahcordova)
Palawan terkenal sebagai destinasi pulau terbaik dunia. (Foto: Pixabay/jahcordova)

Palawan, provinsi pulau terbesar di Filipina patut dipertimbangkan karena perairan bawah tanahnya yang luar biasa, formasi batuan, dan margasatwa langka baik dari laut maupun darat. Sementara pulau utamanya Palawan dianggap "Pulau Terbaik di Dunia" oleh majalah Travel + Leisure.

Pulau-pulau tetangganya juga cocok untuk hiking, menyelam, dan tur menunggang kuda. Di antara pulau-pulau ini, pasir putih halus dan air biru cerah dari El Nido menjadikan surga tropis tiada banding. Ada juga Pulau Coron yang sangat terkenal dengan bangkai kapal Perang Dunia II Jepang.

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

Ini Cara Jelajahi Nepal hingga Naik Annapurna Base Camp (ABC)


6. Vientiane, Laos

Vientiane kini menjadi destinsi wisata terkenal di Laos. (Foto: Pixabay/hermanostendorf)
Vientiane kini menjadi destinsi wisata terkenal di Laos. (Foto: Pixabay/hermanostendorf)

Vientiane adalah ibu kota dan provinsi terpadat di Laos. Provinsi ini kental budaya dan atmosfirnya yang tenang dan santai. Vang Vieng adalah kota pedesaan yang indah di sepanjang Sungai Nam Song dan dikelilingi oleh pegunungan dan gua sangat indah.

Dahulu Vientiane merupakan landmark pertanian. Namun kini desa indah ini berevolusi sebagi kawasan wisata dengan kegiatan petualangan, petualangan sungai, gua, dan balon udara panas untuk pemandangan desa yang indah dari atas. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel:

5 Destinasi Wisata Keren di Sawahlunto, Salah Satunya Tambang Ombilin

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH