6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura Wagashi atau kudapan manis populer khas Jepang (Foto: favy-jp.com)

WAGASHI atau kudapan manis tradional khas Jepang yang biasanya disajikan untuk menemani minum teh hijau. Kudapan atau camilan manis ini memiliki berbagai macam bentuk, bahan, dan cara pembuatannya. Ada yang tersedia sepanjang tahun, ada juga yang hanya muncul di musim tertentu.

Makanan kecil ini biasanya tersedia diberbagai kafe, kuil, dan restoran. Kamu juga bisa menemukannya di toko manisan kusus, convenience store, departement store, bahkan toko suvenir. Sebagian besar wagashi, menggunakan pasta kacang merah manis (anko) sebagai bahan utama. Bahan umum lainnya termasuk mochi, tepung beras, agar Jepang, chestnut, pasta wijen dan sebagainya.

Mungkin kamu masih bingung tentang apa saja yang bisa disebut wagashi, di bawah ini terdapat enam wagashi populer dan penjelasannya yang dilansir dari laman jpninfo.com:

1. Dorayaki

6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura
Makanan kesukaan Doraemon (Foto: Japan Info)


Mendengar namanya, pasti kamu langsung ingat dengan kartun legendaris berbentuk kucing bulat yang bisa mengeluarkan benda apapun di kantong ajaibnya, Doraemon.

Secara tradisional, anko pada dorayaki terjepit di antara dua roti seperti panecake. Untuk variasi modern, di dalamnya bisa berisikan whipped cream, green tea, cokelat, dan masih banyak lagi.

2. Dango

6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura
Seperti sate namun rasanya manis (Foto: Zojirushi)


Wagashi berbentuk bulat ini ditusukkan seperti sate berisi tiga sampai empat pangsit ketan yang kenyal. Tidak memiliki isi, tapi cenderung menggunakan saus manis saat diolah dengan cara dibakar.

Selain sebagai camilan, dango juga bisa ditambahkan sebagai bahan makanan ringan atau makanan penutup seperti es krim. Waktu terbaik saat membeli wagashi ini yakni ketika masih panas atau baru dibuat, karena kalau sudah dingin dango akan jadi keras.

3. Taiyaki

6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura
Kudapan manis berbentuk ikan dengan berbagai pilihan isian (Foto: bostonseaport.xyz)


Taiyaki merupakan makanan berbentuk ikan dengan campuran anko diantara adonan panekuk. Taiyako modern memiliki isi yang lebih bervariasi sesuai dengan rasa apa yang mau kamu pesan, seperti cokelat, ice cream, selai stroberi, dan masih banyak lagi.

Makan taiyaki yang enak ketika masih dalam keadaan panas, karena masih renyah ketika digigit. Tapi tergantung dengan isi yang kamu beli, karena ada diisi dengan es krim. Meski begitu, wagashi ini sangat populer saat musim dingin di Jepang sebagai camilan hangat.

4. Daifuku

6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura
Mirip mochi dengan isian buah-buahan (Foto: Get Around Japan)


Daifuku ini wagashi berbentuk bulat dengan anko halus lalu dibungkus dengan mochi lembut. Pati kentang ditaburkan sedikit agar tidak saling menempel.

Selain anko halus, bahan lain seperti es krim, keju, dan buah-buahan bisa menjadi isian dalam daifuku. Beberapa yang paling populer dan banyak dibeli adalah Ichigo Daifuku atau Daifuku stroberi.

Seperti dango, daifuku lebih baik dimakan ketika baru dibuat, jika didiamkan terlalu lama akan menjadi keras kalau terkena udara. Tapi kalau kamu mau yang tidak kenyal, ternyata ada variasi daifuku es krim yang dingin ketika di gigit.

5. Yokan

6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura
Mirip seperti agar-agar (Foto: favy-jp.com)


Yokan merupakan camilan manis berbentuk agar-agar. Wagashi ini terbuat dari gula dan agar-agar Jepang dengan rasa yang bervariasi, seperti teh hijau, gula hitam, dan masih banyak lagi.

Jika dimasukan ke dalam kulkas, makanan ini tetap awet dan dimakan di kemudian hari. Biasanya satu porsi yokan berukuran seperti permen karet, versi besarnyanya tentu harus dipotong-potong terlebih dahulu.

6. Namagashi

6 Wagashi Tradisional Jepang, Kudapan Manis Populer dari Negeri Sakura
Biasanya disajikan saat upacara minum teh di Jepang (Foto: Lozi.vn)


Satu-satunya wagashi yang disajikan saat upacara minum teh. Terbuat dari tepung beras dan anko, kemudian dibentuk dengan hati-hati untuk mencerminkan musim.

Sangat rapuh sehingga hampir tidak mungkin untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jadi disarankan untuk langsung mencobanya di tempat kamu membelinya. (sel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH