Kesehatan
6 Tips Rayakan Lebaran Dimasa Endemik Tetap menjaga prokes meskipun sebentar lagi status pandemi diangkat oleh pemerintah. (Foto: freepik/rawpixels)

SETELAH menjalani puasa Ramadan selama sebulan penuh, tibalah saatnya bagi umat muslim untuk merayakan hari kemenangan. Walau masih diliputi rasa 'parno' masa pandemi COVID-19, namun kini Indonesia telah memasuki masa endemik. Jadi tradisi Lebaran pun sudah kembali bisa dijalani seperti biasanya, dengan rasa syukur dan penuh suka cita.

Endemik menurut KBBI adalah berkenaan dengan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Sementara dikutip dari laman Very Well Health, endemik adalah penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu. Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Dilansir dari laman Prevention.com, salah satu penyakit endemik yang pernah ada adalah campak. “Dulu penyakit ini endemik dan ditularkan ke populasi secara teratur,” kata Dr. Schaffner. Bahkan, saat pertama kali campak muncul, penyakit ini disebut sebagai wabah. Namun, kini campak sudah tidak lagi ditularkan secara masif berkat penggunaan vaksin yang sangat efektif. Hal ini berlaku pula pada COVID-19 di Indonesia.

Agar tetap aman selama merayakan hari Lebaran di masa endemik Covid-19, ikuti tips berikut:

Baca Juga:

Santuy Aja, Hadapi Mulut Julid Kerabat saat Lebaran

Tetap tidak bergerombol di malam takbiran

lebaran
Alangkah baiknya bila kamu merayakan malam takbir di rumah selain lebih aman, kamu pun bisa lebih hikmat memaknai takbir. (Foto: freepik/rawpixels)

Takbiran di luar rumah saat masa transisi endemik COVID-19 sih boleh-boleh saja. Namun, kamu dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dan tidak bergerombol, serta menggunakan masker agar tidak tertular virus Corona (lagi).

Kendati tidak dilarang, alangkah baiknya bila kamu merayakan malam takbir di rumah saja. Selain lebih aman, menggemakan takbir, tahmid, dan tahlil saat malam Idul Fitri di rumah juga bisa lebih hikmat.

Selain itu, hampir di semua masjid pun ada pengurus masjid yang bertugas untuk menggemakan takbir di masjid dengan pengeras suara. Jadi, kamu tetap bisa mengikutinya walau tetap berada di rumah.

Tetap jaga jarak saat salat Idul Fitri

lebaran
Kamu ikuti panduan solat berjamaah di masa endemik ini ya. (Foto: freepik/rawpixels)

Salat Idul Fitri memang sebaiknya dilakukan secara berjamaah. Jika kamu ingin melakukannya di masjid, mushala, tanah lapang, berikut adalah panduannya:

- Cuci tangan dengan sabun serta air mengalir.- Berwudhulah dari rumah agar tidak perlu berkerumun di tempat wudhu umum.- Tetap gunakan masker dengan benar.- Lakukan pengecekan suhu tubuh.- Pastikan pelaksana salat Idul Fitri mengikuti aturan untuk memperpendek bacaan salat dan mempersingkat pelaksanaan khotbah.- Selalu gaga jarak atau physical distancing.- Patuhi pengaturan saf dengan jarak sekitar 1,5–2 meter.- Gunakan sajadah atau alas salat sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain.- Hindari berjabat tangan atau berpelukan setelah salat Idul Fitri dan menggantinya dengan senyuman atau salam dari jauh.

Walaupun kamu melakukan salat berjamaah dengan keluarga sendiri, sebaiknya tetap atur jarak agar tidak berdekatan, ya, terutama jika ada anggota keluarga yang lanjut usia atau yang masih beraktivitas di luar rumah.

Pembayaran zakat fitrah via transfer

lebaran
Guna mengurangi terjadinya kontak fisik, pembayaran zakat bisa dengan mudah dilakukan secara online. (Foto: freepik/rawpixels)

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dibayarkan pada bulan Ramadan. Zakat jenis ini ditunaikan sejak awal puasa dan paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri.

Guna mengurangi terjadinya kontak fisik dan tatap muka, pembayaran zakat bisa dengan mudah dilakukan melalui transfer perbankan. Berdasarkan ketetapan Badan Amil Zakat Nasional, nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40 ribu per orang.

Baca Juga:

Tips Ampuh Hindari Kenaikan Berat Badan Saat Lebaran

Silaturahmi melalui pesan singkat dan video call

lebaran
Kendati raga tidak ada bersama mereka, kamu masih tetap bisa bermaaf-maafan melalui cara ini. (Foto: freepik/tirachardz)

Walau pemerintah telah memperbolehkan mudik saat momen Lebaran, namun ada beberapa yang perlu kamu ingat. Virus corona masih dapat datang lagi dengan kekuatan virus yang tidak kita ketahui.

Jika kamu memutuskan untuk berada di rumah saja, kamu tetap bisa mengirim ucapan melalui pesan singkat dari telepon genggammu atau mengirim kartu ucapan selamat hari Lebaran kepada keluarga di luar kota. Kendati raga tidak ada bersama mereka, kamu masih tetap bisa bermaaf-maafan melalui cara ini.

Silaturahmi bahkan bisa dilakukan dengan bertatap muka lewat video call. Kamu bisa melakukan panggilan video dengan menggunakan ponsel pintar ke lebih dari lima nomor telepon di waktu yang bersamaan. Dengan fitur ini, jarak tentu tidak lagi menjadi halangan untuk bersilaturahmi di hari Lebaran, kan?

Berkirim parsel Lebaran

lebaran
Kirim via paket sehingga keluarga yang tinggal jauh pun tetap bisa menikmati kue kering buatanmu. (Foto: freepik/pressfoto)

Tidak kembali mudik dan tetap berada di rumah bukan berarti kamu tidak bisa memberikan bingkisan kepada keluarga di kampung halaman, ya. Kamu bisa memesan parsel Lebaran secara online atau membuatnya sendiri dan mengirimkannya melalui jasa kurir. Dengan begitu, keluarga yang tinggal jauh di kampung pun tetap bisa menikmati kue kering buatanmu.

Berbelanja baju baru

lebaran
Kamu tetap bisa beli baju Lebaran tanpa harus keluar rumah dan was-was berdesak-desakan dengan banyak orang. (Foto: freepik/tirachardz)

Mall dan sentra perbelanjaan sudah kembali terbuka untuk umum. Kamu boleh kok jalan-jalan sambil cuci mata, namun tetap jangan lupakan bahwa ini masih masa transisi. Waspada masih tetap diperlukan.

Atau, praktisnya kamu masih boleh memilih untuk berbelanja secara online. Melalui cara ini, kamu tetap bisa mendapatkan baju untuk Lebaran tanpa harus keluar rumah dan was-was berdesak-desakan dengan banyak orang yang justru bisa meningkatkan kembali angka penularan virus Corona.

Dengan menerapkan enam tips aman merayakan Lebaran saat masa transisi Endemik COVID-19, kamu dan keluargamu tetap bisa bersilaturahmi dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur dan tetap terlindungi dari virus Corona. Salam sehat selalu ya. (DGS)

Baca Juga:

Daftar Aplikasi Ponsel untuk Mempermudah Perjalanan Mudik Lebaran

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kenali Kiat-Kiat Memahami Sisi Gelap Diri
Fun
Kenali Kiat-Kiat Memahami Sisi Gelap Diri

lewat buku 'Merawat Luka Batin' Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa dr. Jiemi Ardian Sp.KJ membagikan tips memahami dan mengatasi sisi gelap diri

Upaya 'Negeri Singa' Bangkitkan Kesadaran Kesehatan
Hiburan & Gaya Hidup
Upaya 'Negeri Singa' Bangkitkan Kesadaran Kesehatan

Hidup sehat telah menjadi perhatian utama bagi banyak orang selama dua tahun terakhir

Bagaimana Mengetahui Kamu Sedang Burnout atau Malas?
Fun
Bagaimana Mengetahui Kamu Sedang Burnout atau Malas?

Guna mengetahui apakah hal tersebut adalah lelah atau malas, kita tidak boleh hanya melihat tingkat produktivitas saja

Bobby IKON Segera Menikah dan Jadi Ayah
Fun
Bobby IKON Segera Menikah dan Jadi Ayah

Kabar ini membuat penggemar IKON terkejut.

Sony Siap Tambah Produksi Playstation 5
Fun
Sony Siap Tambah Produksi Playstation 5

Playstation 5 sedang sulit didapatkan di pasaran.

Rayakan Valentine dengan Mencintai Diri Sendiri
Fun
Rayakan Valentine dengan Mencintai Diri Sendiri

Cintai diri sendiri sebelum mulai mencintai orang lain.

Pemeran Superhero Ini Ternyata Pahlawan Juga di Kehidupan Nyata
ShowBiz
Pemeran Superhero Ini Ternyata Pahlawan Juga di Kehidupan Nyata

Ternyata mereka memiliki sisi superhero dalam dirinya.

Alasan Permintaan Flashlight Warning untuk Film 'Pengabdi Setan 2'
ShowBiz
Alasan Permintaan Flashlight Warning untuk Film 'Pengabdi Setan 2'

Ada dampak dari penggunaan lampu flash dan strobo.

Kendaraan Listrik Jadi Fokus GIIAS 2022
Fun
Kendaraan Listrik Jadi Fokus GIIAS 2022

GIIAS 2022 akan menghadirkan teknologi serta produk terbaru

Aquaman Angkat Bicara Soal Isu Kebersihan Laut
ShowBiz
Aquaman Angkat Bicara Soal Isu Kebersihan Laut

Jason Momoa ambil peran untuk mewujudkan laut yang lebih bersih.