6 Tips Anti Deg-degan Hadapi HRD saat Interview Kerja Lancar dan dipilih oleh HRD saat interview kerja (Foto: Pixabay/jaydeep)

KAMU masih kuliah? Ingin cari kerja sampingan sambil kuliah? Tentu kamu harus melewati tahap yang namanya wawancara, akan lebih baik apabila kamu sudah mengetahui bagian apa dan dimana kamu akan bekerja. Apabila kamu sudah mengetahuinya, pelajari lebih dalam lagi yuk agar kamu bisa lebih dipertimbangan oleh para HRD. Berikut adalah beberapa tips agar kamu keterima kerja di tempat yang kamu inginkan.

Baca juga:

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja

1. Persiapkan dirimu sebelum wawancara

Persiapkan dirimu sebelum wawancara
Persiapan adalah kunci (Foto: Pixabay/55am)

HRD biasa senang menanyakan apa yamg kamu ketahui dari perusahaan ini, maka kamu tetap harus menyiapkan diri agar ketika diwawancara kamu bisa menjawab dengan baik.

Bila kamu tidak memiliki banyak pengalaman, setidaknya kamu bisa mempersiapkan dirimu dengan menjawab sebaik-baiknya mengenai apa yang kamu ketahui agar bisa menjadi pertimbangan lebih dari HRD.

2. Komunikatif, jangan jawab singkat

Komunikatif, jangan jawab singkat
Cobalah untuk lebih komunikatif (Foto: Pixabay/tumisu)

Bila kamu sedang melakukan wawancara, jangan hanya menjawab dengan: "iya” atau “tidak” saja, karena akan memberikan kesan bahwa kamu tidak niat bekerja di perusahaan itu, bahkan terlihat sebagai orang yang kurang mampu berkomunikasi.

3. Tulis kemampuan terukur di CV dan ceritakan pengalaman saat wawancara

Tulis kemampuan terukur di CV
Tulis dan ceritakan pengalaman kerjamu (Foto: Pixabay/5138153)

Apabila kamu menjelaskan atau bercerita mengenai kemampuanmu di CV akan sangat panjang dan bertele-tele, maka tulislah kemampuanmu secara singkat di CV dan berceritalah mengenai kemampuanmu pada saat wawancara agar HRD menilaimu lebih minat dan melihatmu sebagai orang yang supel.

Baca juga:

Halau Rasa Panik saat Menunggu Wawancara

4. Banyak tanya kepada HRD

Banyak tanya kepada HRD
Tanyakan segala hal terkait pekerjaan pada HRD (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Banyak bertanya bukan berarti kamu orang yang kepo lho, asal kamu masih bertanya diseputar pekerjaan dan tidak melenceng ke pertanyaan yang tidak termasuk ke dalam persoalan wawancara lowongan atau pekerjaan. Semakin banyak kamu bertanya mengenai pekerjaan atau lowongan yang kamu lamar, semakin besar pula HRD percaya pada minat bekerjamu.

5. Menjelaskan latar belakang

Menjelaskan latar belakang
Cerita akan mencairkan suasana saat interview (Foto: Pixabay/connectadabara)

Banyak HRD yang masih percaya dengan keterikatan antara latar belakang pendidikan dengan lowongan yang dilamar karena dianggap lebih baik apabila sesuai dengan pekerjaan. Namun apabila kamu merasa mampu dan minat untuk mencoba hal baru, pasti kamu akan dipertimbangkan deh!

6. Jangan takut gagal

Jangan takut gagal
Jangan takut untuk mencoba (Foto: Pixabay/RobbinHiggins)

Apabila kamu sudah mencoba dan berusaha namun hasilnya masih gagal, jangan berkecil hati. Mungkin memang passion mu bukan di bidang itu, coba terus yang lainnya jangan sampai patah semangat. Karena dalam mencari pekerjaan, semangat lah yang paling diutamakan.

Baca juga:

7 Tips Berbusana Rapi untuk Laki-laki saat Melakukan 'Interview' Kerja

Bagaimana tips yang sudah diberikan? Semoga membantu kamu agar lebih percaya diri dalam mencari pekerjaan dan wawancara, jangan terlalu gugup karena nanti bisa lupa semua yang sudah dipersiapkan. Semangat ya! (Lio)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH