Indah dan Menantang, ini Rekomendasi 6 Gunung yang Wajib Didaki di Indonesia Gunung Gede Pangrango. (Foto: instagram.com/sannyshalieana)

INDONESIA terkenal dengan kekayaan dan keindahan alamnya. Dengan anugerah itu, negara ini menjadi destinasi wisata dunia, dimulai dari alam bahari hingga pegunungan.

Nah, wisata pegunungan Indonesia juga tak boleh disepelekan. Ada banyak gunung-gunung tinggi di berbagai daerah. Bahkan yang memiliki puncak salju di Papua. Rata-rata gunung di Indonesia masuk dalam wilayah konservasi, digunakan untuk edukasi, penelitian, rekreasi, hingga aktivitas petualangan.

Dikutip Arah Destinasi, berikut enam gunung yang direkomendasikan Kementerian Pariwisata dan para praktisi alam bebas.

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci. (Foto: Instagram/@stepenpen)
Gunung Kerinci. (Foto: Instagram/@stepenpen)

Gunung Kerinci terletak di dalam Kawasan Taman Nasional Seblat dan masuk ke wilayah Provinsi Sumatra Barat dan Jambi. Merupakan gunung merapi tertinggi di Indonesia, puncak tertinggi kedua setelah Puncak Carstensz.


2. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango. (Foto: instagram.com/seribusatu_perjalanan)
Gunung Gede Pangrango. (Foto: instagram.com/seribusatu_perjalanan)

Terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, masuk Kabupaten Bogor, Cianjur, dan Sukabumi. Menjadi gunung yang paling populer bagi masyarakat Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

3. Gunung Merapi-Merbabu

Gunung Merapi-Merbabu. (Foto: instagram.com/andan_dante)
Gunung Merapi-Merbabu. (Foto: instagram.com/andan_dante)

Terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta. Dinamakan gunung Merapi karena dianggap gunung berapi teraktif sementara nama gunung Merbabu berasal dari “meru” atau gunung dan abu.


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH