Sepak Bola

6 Pemain Barcelona yang Patut Dinantikan Sepak Terjangnya Musim Ini

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 25 September 2018
6 Pemain Barcelona yang Patut Dinantikan Sepak Terjangnya Musim Ini
FC Barcelona. Foto: Zimbio

MerahPutih.com - FC Barcelona sama sekali tidak memperlihatkan tanda-tanda penurunan musim ini setelah menjuarai LaLiga dan Copa del Rey musim lalu. Diawali kemenangan 2-1 melawan Sevilla di ajang Piala Super Spanyol, Blaugrana melanjutkannya dengan lima kemenangan beruntun di seluruh kompetisi.

Di LaLiga 2018-19 Barca sudah menyapu empat laga awal dengan kemenangan dan mengoleksi 12 poin – terpaut dua poin dengan Real Madrid di urutan dua klasemen. Sementara di Liga Champions, Barca mengawali penyisihan grup B dengan kemenangan meyakinkan 4-0 atas PSV Eindhoven di Camp Nou baru-baru ini.

Barca musim ini, ditambah kehadiran pemain-pemain baru seperti: Clement Lenglet, Arturo Vidal, Arthur Melo, Malcom, diyakini menjadi tim favorit yang dapat menyabet seluruh trofi musim ini. Terlebih, Ernesto Valverde sudah memasuki musim keduanya melatih Barca – para pemain sudah paham dengan filosofi sepak bola Valverde.

Perjalanan Barca musim ini akan sangat seru untuk disaksikan penggemarnya dan juga pecinta sepak bola Spanyol. Enam pemain dalam skuat terkini kami prediksi akan menjadi krusial untuk tim guna mengejar target yang ditetapkan jajaran direksi. Siapa saja?

1. Lionel Messi

Sudah pasti nama yang satu ini akan selalu berperan penting dalam perjalanan Barca tiap musimnya. Pada usia 31 tahun, permainan La Pulga semakin matang dalam memberikan kontribusi. Entah itu dalam urusan mencetak gol, memberi assist, atau membuka pertahanan rapat lawan.

Lionel Messi sudah tancap gas dengan empat gol dari empat laga di LaLiga dan hat-trick di Liga Champions kontra PSV. Awal yang mulus baginya bisa membawanya melebihi catatan musim lalu, kala mencetak 34 gol dan memberi 12 assists dari 36 laga LaLiga.

Faktor lain dari kekecewaan besarnya di Piala Dunia 2018 bersama timnas Argentina bisa jadi motivasi yang kuat untuk Messi musim ini. Bermain kesetanan dengan Barca dapat menjadi obat penawar luka dari kenangan pahit di Piala Dunia – Argentina gagal melaju lebih dari 16 besar.

2. Luis Suarez

Tanpa Neymar, kombinasi kerja sama Messi dan Luis Suarez tetap padu dalam taktik 4-4-2 yang biasa diterapkan Valverde. Messi dengan talenta alamiahnya ketika menggiring bola, sementara Suarez dengan kelincahan dan ketajamannya dalam mencetak gol.

Musim lalu Suarez mencetak 25 gol dari 33 laga LaLiga, musim ini sudah tiga kali ia mencetak gol dari empat laga. Ketajamannya akan terus membaik karena El Pistolero jarang sekali melewatkan peluang jika mendapatkannya di area penalti lawan.

Bukan tanpa alasan striker berusia 31 tahun dijuluki salah satu penyerang terbaik Eropa. Tidak hanya tajam mencetak gol, agresivitas Suarez kerapkali mengundang lawan untuk melakukan pelanggaran atau terprovokasi dengannya.

Lawan juga kesulitan menjaganya karena Suarez bukan tipe penyerang yang hanya diam saja berdiri di area kotak penalti. Ia tipe striker modern yang rajin menjemput bola dan ikut terlibat proses serangan Barca. Jika duet Messi-Suarez sudah menggila bersama, pertahanan lawan hanya bisa berdoa ketika menghadapi mereka.

3. Arturo Vidal

Belum sepenuhnya dipercaya bermain Valverde sebagai pemain reguler karena Arturo Vidal masih dalam proses adaptasi. Kendati demikian, jika ia sudah menemukan ritme bermainnya dengan tim, Vidal akan jadi aset penting dalam potensi kesuksesan Barca musim ini.

Jiwa petarungnya itu akan memotivasi rekan setimnya. Vidal tak hanya bisa diandalkan melapis lini belakang dalam fase bertahan, ia juga bisa seringkali terlihat ada di area penalti lawan untuk mencetak gol. Musim lalu ia mencetak enam gol dari 22 laga Bundesliga dengan Bayern Munchen.

Tipikal bermainnya tidak jauh berbeda dari Paulinho. Jadi, Barca memang mendapatkan pemain penggantinya yang ideal, plus Vidal jauh lebih berpengalaman dengan statusnya sebagai pemain timnas Cile dan pernah meraih titel dengan Juventus serta Bayern.

4. Ivan Rakitic

Ivan Rakitic. Foto: Zimbio

Memasuki musim kelimanya dengan Barcelona. Ivan Rakitic, 30 tahun, pemain serba bisa yang dapat ditempatkan dalam berbagai posisi di lini tengah dengan taktik 4-4-2 atau 4-3-3. Gelandang asal Kroasia selalu jadi pemain andalan Valverde dalam menjaga kekuatan di lini tengah.

Rakitic bisa jadi solusi mencetak gol dari lini kedua dan bisa juga diandalkan membantu pertahanan. Kolaborasinya dengan Sergio Busquets dan Vidal bisa menambah kekuatan di lini kedua Barca. Permainan Rakitic yang sederhana – namun mematikan dan berbahaya – kerapkali sulit dihentikan lawan-lawannya.

5. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele. Foto: Zimbio

Musim ini bisa jadi momen kebangkitan penyerang sayap berusia 21 tahun, Ousmane Dembele di Barcelona. Performanya yang sedang bagus saat ini meyakinkan Valverde bermain dengan taktik 4-3-3 dan mengolaborasikannya dengan Messi serta Suarez di lini depan tim.

Dembele telah mencetak tiga gol dari empat penampilan di LaLiga. Total sementara ini di seluruh kompetisi, eks pemain Borussia Dortmund sudah mencetak lima gol dari enam penampilannya.

Pengalaman menjuarai Piala Dunia 2018 dengan timnas Prancis tampak mendewasakan permainan serta pola pikirnya. Dembele lebih efektif dengan kecepatan serta kemampuannya dalam mengolah bola. Performa seperti inilah yang diharapkan Valverde – dan juga fans – dari Dembele.

6. Philippe Coutinho

Gelandang serang asal Brasil tidak optimal musim lalu karena datang pada Januari dari Liverpool. Kini, Philippe Coutinho sudah mengikuti tur pramusim Barca dan mengawali perjalanannya dari awal musim. Ia diharapkan bisa jadi playmaker tim dalam upaya membantu Messi memberikan kreativitas bermain kepada tim.

Pemain berusia 26 tahun telah bermain empat kali di LaLiga dengan torehan satu gol dan satu assist. Valverde juga bisa menempatkannya sebagai gelandang serang melebar dalam taktik 4-4-2, atau juga penyerang sayap pada taktik 4-3-3. Dalam kondisi terbaiknya, Coutinho bisa menjadi momok kiper dengan kemampuannya melepaskan tendangan jarak jauh. (*/Bolaskor)

#La Liga #Lionel Messi #Ivan Rakitic #Barcelona
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan