6 Orang Tertimpa Pohon Tumbang di Balai Kota, 5 Korban Luka Berat

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 November 2022
6 Orang Tertimpa Pohon Tumbang di Balai Kota, 5 Korban Luka Berat
Petugas mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa petugas kepolisian dan sejumlah motor di Balai Kota Jakarta, Kamis (10/11/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

MerahPutih.com - Sebuah pohon yang berada di halaman Balai Kota DKI Jakarta tumbang akibat hujan disertai angin kencang pada Kamis (10/11). Enam orang menjadi korban dan kini mendapatkan penanganan medis di rumah sakit terdekat.

Para korban luka tersebut di antaranya merupakan anggota Kepolisian yang saat itu sedang bertugas di komplek Balai Kota Jakarta.

Baca Juga

5 Polisi jadi Korban Pohon Tumbang di Balai Kota DKI

"Empat orang luka berat di antaranya mendapat perawatan medis di RSUD Tarakan dan satu orang dirujuk ke RS Polri. Sedangkan satu orang lainnya mengalami luka ringan dan sudah ditangani petugas medis di layanan kesehatan Balai Kota Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Kamis.

Selain korban luka, pohon tumbang tersebut juga menimpa 28 sepeda motor yang diparkir di bawah pohon jenis trembesi itu. Sebanyak 19 unit di antaranya rusak ringan dan sembilan unit lain rusak berat.

Pengawas Jalur Hijau Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Slamet Prakoso mengatakan, pohon besar dengan diameter sekitar 70 sentimeter (cm) itu diduga tumbang karena bagian bawah pohon sudah lapuk.

"Sebenernya sudah cukup tua. Ini karena ada pelapukan. Kena penyakit, ada pelapukan akar,," katanya.

Baca Juga

Bencana Rutin di Akhir Tahun, Tak Waspada Renggut Nyawa

Prakoso menuturkan, sebanyak puluhan orang personel dari Sudin Jakarta Pusat diterjunkan dalam penanganan pohon tumbang tersebut.

"Sekitar 30 orang dari Jakarta Pusat ditambah lagi perbantuan dinas-dinas lain terkait, Damkar dan juga PPSU," paparnya.

Dengan adanya kejadian ini, ucap Prakoso, pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap pohon-pohon yang sudah rapuh atau keropos di wilayahnya.

"Ya kita pengecekan pohon, kira-kira pohon itu keropos atau nggak. jadi kalau keropos kita tindaklanjuti dengan peremajaan," tandasnya.

Berdasarkan data BPBD DKI, selama seminggu terakhir tercatat ada 24 pohon tumbang yang paling banyak terjadi di wilayah Jakarta Selatan sebanyak 23 kasus dan satu di Jakarta Utara. (Asp)

Baca Juga

Pohon Besar di Balai Kota DKI Tumbang, Timpa Polisi dan Motor

#Pohon Tumbang #Balai Kota DKI Jakarta #BPBD DKI Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan