6 Olahraga Masa Kecil yang Mungkin Anda Lupakan Senam kesehatan Jasmani adalah olahraga yang selalu ada di setiap sekolah (Foto: harisluqmanhaqim.blogspot)

Olahraga memang penting dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat. Tak hanya itu, olahraga juga bisa melatih jiwa sportifitas setiap orang. Namun, seiring berkembangnya zaman, ada beberapa jenis olahraga masa kecil yang kita lupakan. Seakan kita tidak pernah melakukan olahraga tersebut. Mari menilik sedikit olahraga yang pernah Anda lakukan masa kecil.

1. Kasti

Setelah memukul, sang pemukul harus bisa melewati 3 tempat pemberhentian sebelum dilempar bola oleh lawan (Foto: mainantradisionalindonesia.wordpress)

Anda semua pasti pernah memainkan olahraga ini, terlebih lagi saat jam istirahat di sekolah. Sekilas olahraga ini mirp dengan olahraga baseball. Perbedaannya adalah bola yang digunakan, pasalnya, kasi memakai bola tenis. Untuk permainannya, jika 3 kali tidak terpukul oleh pemukul bola, maka pemukul tersebut dinyatakan gagal. Jika terpukul, sang pemukul harus berlari melewati 3 pemberhentian. Sang pelempar harus bisa menangkap bola dan mengenai sang pemukul sebelum mencapai 3 pemberhentian tersebut.

2. Rounders

Rounders hampir sama dengan kasti, bedanya, bola yang digunakan lebih kecil (Foto: life.wilko)

Pada dasarnya permainan rounders hampir sama dengan kasti. Bedanya, bola yang digunakan juga lebih kecil. Pelempar bola juga melemparkan bola lebih kencang daripada kasti kepada pemukul bola. Peraturan lainnya juga sama, pemukul harus bisa melewati 3 tempat pemberhentian setelah memukul bola.

3. SKJ (Senam Kesegaran Jasmani)

Senam SKJ akan membuat Anda bugar karena melakukan banyak gerak tangan dan kaki (Foto: harisluqmanhakim.blogspot)

Olahraga yang satu ini juga pasti pernah Anda lakukan. Setiap sekolah bisanya melakukan senam bersama di hari Jumat atau sabtu. Anda pasti dijamin bugar setelah melakukan senam ini, karena Anda akan banyak melakukan gerakan tangan dan kaki. Versi senam SKJ pun ada banyak, ada SKJ'84, SKJ'88, SKJ'92, SKJ'94 dan masih banyak lagi.

4. Bola Tangan

Bola tangan sama dengan futsal, bedanya tidak menggunakan kaki, melainkan tangan (Foto: zrkvardar)

Kalau olahraga yang satu ini sebenarnya masih ada orang yang memainkan. Bahkan ada kompetisi bola tangan internasional. Olahraga ini seperti olahraga futsal, namun dimainkan menggunakan tangan oleh 7 pemain (1 penjaga gawang).

5. Tarik Tambang

Pemenang tarik tambang ditentukan oleh kelompok yang bisa menarik tambang hingga lawan terjatuh atau melepas genggaman tambang (Foto: baritobasin.blogspot)

Hampir semua orang pernah memainkan tarik tambang ketika masa kecilnya. Olahraga ini juga kerap ditemui saat lomba 17 Agustus. Tarik tambag dimainkan dengan 2 kelompok yang saling menarik tambang, biasanya 1 kelompok minimal berjumlah 5 orang. Pemenang ditentukan bagi kelompok yang bisa menarik tambang hingga lawan terjatuh atau melepas genggaman tambang.

6. Gobak Sodor

Meskipun menjadi permainan, gobak sodor juga dapat ditemui di pelajaran Penjaskes masa kecil Anda (Foto: moeclazh.blogspot)

Selain menjadi permainan gobak sodor juga temasuk kegiatan olahraga. Di masa sekolah dulu Anda pasti pernah mempelajari gobak sodor pada pelajaran Penjaskes Anda. Pemainan ini dilakuakn oleh dua kelompok yang masing-masing beranggotkan 3-5 orang. Inti permainaan ini adalah menghadang lawan untuk melewati garis akhir secara bolak-balik. Pemenang ditentukan bagi grup yang bisa melewati garis secara bolak-balik dengan lengkap.

Itulah 6 olahraga masa kecil yang pasti pernah Anda mainkan. Anda bisa memainkannya lagi dengan teman masa kecil Anda jika Anda mau.

Baca juga artikel mengenai Mengenang Game Era 90an Melalui Handphone Android


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE