Kesehatan

6 Nutrisi yang Sering Dilupakan Saat Diet

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 09 Oktober 2018
6 Nutrisi yang Sering Dilupakan Saat Diet
Perhatikanlah nutrisi saat diet (Foto: yourstory)

SESEORANG yang ingin memiliki tubuh ideal dan melakukan diet terkadang melupakan beberapa nutrisi yang seharusnya ada di menu makanan. Efek sampingnya memang tak bisa dirasakan langsung. Tapi lama-kelamaan jika kurang nutrisi seperti vitamin D, zat besi dan vitamin B maka akan mempengaruhi kesehatan tulang, otak dan menurunkan energi.

Diet memang tak dilarang di dunia kesehatan. Namun kamu harus tetap memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh. Dilansir dari Boldsky, Senin (8/10), berikut ini beberapa daftar nutrisi yang sering dilupakan dalam menu diet.

1. Vitamin yang larut dalam lemak dan asam lemak

Omega 3 bisa kamu dapatkan pada ikan (Pixabay/Engin_Akyurt)
Omega 3 bisa kamu dapatkan pada ikan (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Apa kamu pernah dengar ungkapan "Kamu perlu makan lemak untuk menghilangkan lemak". Ternyata hal itu memang benar. Semakin banyak lemak maka akan semakin gemuk. Namun disanalah vitamin larut lemak dan asam lemak masuk. Vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E dan K serta asam lemak seperti omega-3 nantinya bekerja sama untuk menurunkan berat badan dan menjaga pembulu darah tetap sehat.

2. Vitamin C

Jangan tinggalkan vitamin C saat program diet (Pixabay/pixel2013)
Jangan tinggalkan vitamin C saat program diet (Foto: Pixabay/pixel2013)

Vitamin ini mampu menyerap zat besi serta bertindak sebagai antioksidan dan pengoptimalkan fungsi sel. Vitamin C bekerja untuk metabolisme lemak sehingga kekurangan vitamin ini akan membuat sulit menurunkan berat badan. Kamu bisa mendapatkan Vitamin C di jeruk, paprika, raspberry, stroberi, dan cranberry.

3. Vitamin B6

Vitamin B6 terdapat pada oat (Pixabay/Pezibear)
Vitamin B6 terdapat pada oat (Foto: Pixabay/Pezibear)

Vitamin B6 sangat baik untuk mengubah makanan menjadi energi. Selain itu nutrisi ini juga membantu memproduksi serotonin dan neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati. Jika kadar serotin rendah, maka cederung akan mengunyah camilan lebih banyak. Tentunya hal itu tidak sehat. Kamu bisa meningkatkan serotin dengan mengonsumsi oat dan kacang.

#Diet
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan