6 Manfaat Menambahkan Dashcam pada Mobil

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 16 Desember 2022
6 Manfaat Menambahkan Dashcam pada Mobil
Pemilik kendaraan banyak diuntungkan dengan memasang dashcam. (Unsplash/Sticker it)

ORANG tidak ada yang tahu kejadian di jalan ketika membawa kendaraan. Terkadang kita sudah hati-hati namun orang lain yang membuat kita celaka.

Risiko kecelakaan di jalan raya terbilang tinggi dan kadang saat kejadian justru timbul percekcokan. Sebab setiap pengguna jalan tentu akan merasa dirinya paling benar dalam insiden tersebut.

Membela diri dengan adu mulut tentu belum cukup. Wajib memiliki saksi mata dan bukti yang kuat. Salah satu upaya punya bukti terjadinya insiden di jalan raya adalah dengan memasang dashboard camera atau dashcam mobil.

Nah apa saja manfaat memasang dashboard mobil tersebut? Simak informasi dari otoklix.com berikut ini.

Baca Juga:

Toyota Debut Konsep Hilux Listrik, Speknya Masih Rahasia

kamera
Dashcam memberikan banyak manfaat pada pemilik mobil. (Unsplash/Xingye Jiang)


Apa itu dashcam mobil?


Bagi beberapa orang istilah dashcam ini mungkin masih asing. Jadi dashcam merupakan kependekan dari dashboard camera yang menjadi salah satu jenis aksesoris mobil yang bisa memantau area depan maupun di area kabin mobil dan kemudian tersimpan dalam bentuk rekaman.

Aksesoris ini masuk kategori perangkat keamanan tambahan untuk mobil yang tujuannya mengantisipasi jika ada insiden kecelakaan selama di jalan. Sebab hasil rekamannya bisa menjadi barang bukti untuk mengetahui pihak mana yang salah dalam insiden tersebut. Secara sederhana, fungsinya mirip dengan kamera CCTV di gedung atau rumah.

Sistem kerjanya dihubungkan dengan adaptor mobil, sehingga kamera akan merekam ketika mesin mobil dinyalakan dan mati otomatis ketika mesin dimatikan. Hasil rekaman akan tersimpan dalam kartu memori, sehingga ketika dibutuhkan bisa diambil dan diputar sebagai barang bukti.

Jenis dari dashcam mobil ini sangat beragam dengan fitur-fitur yang khas, beberapa sudah terbilang canggih dan beberapa masih punya fitur standar. Pemilik mobil bisa memakai dashcam yang merekam area depan mobil maupun ke arah kabin di belakang. Beberapa dashcam dirancang bisa menghadap depan dan belakang.


Banyak manfaat yang didpatkan dengan memasang dashcam, seperti mencegah penipuan asuransi mobil. Pemilik mobil tentu memiliki asuransi mobil sebagai perlindungan tambahan terhadap sejumlah faktor risiko. Sayangnya ketika kecelakaan terjadi atau kerusakan mobil terjadi, proses klaim bisa ditolak. Penolakan ini ternyata tidak selalu salah dari pihak nasabah. Melainkan pihak asuransi yang melakukan penipuan.

Yakni memanipulasi alasan klaim ditolak sehingga nasabah hanya bisa diam seribu bahasa. Mencegah hal seperti ini terjadi, maka pemilik mobil bisa memasang dashcam mobil. Sehingga ada rekaman jelas yang menunjukan penyebab risiko terjadi. Bukti kuat seperti ini akan mencegah tindak penipuan pihak asuransi.



Menghindari pemerasan


Pernah mendapati di jalan ada orang yang pura-pura tertabrak mobil yang dikemudikan lalu menuntut ganti rugi perawatan? Kejadian seperti ini bisa saja terjadi dan mungkin yang salah adalah orang yang ditabrak. Mencegah aksi pemerasan dengan dalih kecelakaan seperti ini, bisa menunjukan bukti rekaman dari dashcam.


Mencegah pungli


Ada kalanya ketika sedang di jalan akan menjumpai aksi tidak pantas dari petugas yang melakukan pungutan liar. Jika memiliki dashcam maka aksi petugas tersebut akan terekam dengan jelas dan bisa menjadi barang bukti. Pemilik mobil kemudian bisa aman dari pungli dan bahkan bisa mencegahnya sejak dini.

Baca Juga:

Honda akan Kembangkan Motor Listrik Balap

kamera
Pilihlah dashcam yang memberikan ragam fitur. (Unsplash/Mark Chan)


Perlindungan pada mobil ketika diparkir


Beberapa jenis dashcam khusus mobil yang ada di pasaran masih bisa merekam meskipun mesin mobil mati ketika berada di area parkir. Sehingga membantu merekam kondisi mobil ketika sedang tidak diawasi. Pemilik mobil bisa mengetahui apa yang terjadi, dan jika ada aksi pencurian bisa segera bertindak ke lokasi parkir.


Mengawasi saat mobil dipinjam atau disewakan


Jika mobil sedang dipinjam saudara atau tetangga, atau kamu menjalankan bisnis rental mobil. Tentu pemilik mobil tidak bisa asal percaya, tetap perlu dilakukan pengawasan dan salah satunya dengan memasang dashcam mobil.

Rekaman akan menunjukan bagaimana peminjam atau penyewa mobil mengemudi. Sehingga mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya ada beberapa bagian mobil yang diambil, penyewa mengemudi ugal-ugalan, dan lain sebagainya.


Merekam diri sendiri saat menyetir


Manfaat memasang dashcam pada mobil kesayangan juga untuk merekam diri sendiri ketika menyetir. Pertama, membantu mengevaluasi kebiasaan menyetir apakah sudah baik dan sudah aman atau belum. Kedua, hasil rekaman bisa menjadi bahan pembelajaran anak yang sedang belajar mengemudi mobil.


Memilih dashcam


Tertarik untuk memasang dashcam mobil setelah tahu manfaatnya? Maka pahami bagaimana memilih dashcam yang tepat, karena jenis di pasaran sangat banyak. Berikut beberapa tips dalam memilih dashcam.

? Tentukan arah dashcam, apakah merekam area depan, area kabin, atau keduanya yang kemudian disesuaikan kebutuhan.

? Perhatikan resolusi lensanya, untuk memastikan hasil rekamannya bagus sehingga terlihat jelas.

? Pilih dashcam dari brand yang sudah jelas karena kualitas lebih terjamin.

? Cek fitur-fitur di dalamnya dan utamakan dashcam yang bisa merekam audio sekaligus video, ada fitur mode malam, ada fitur merekam saat mesin mati, dan memiliki sensor gerak untuk memastikan fokus lensa pada objek yang bergerak.

Untuk hasil maksimal, Anda bisa lakukan pemasangan dashcam mobil di bengkel mobil terdekat yang menjadi mitra otoklix. (psr)

Baca Juga:

Mobil Konsep Baru Mercedes-Benz yang Terinspirasi 'Avatar: The Way of Water'

#Otomotif #Dashcam
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan