6 Manfaat Mangga untuk Kecantikan Daging mangga ternyata bisa dijadikan masker untuk mengatasi kulit terbakar matahari dan mengurangi jerawat (Foto: Pixabay)

Buah mangga merupakan jenis tumbuhan tropis yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Selain menyegarkan ketika dikonsumsi, buah mangga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Kandungan vitamin C serta nutrisi yang tinggi dalam buah mangga baik untuk tubuh.

Selain itu, manfaat buah mangga juga sangat dirasakan untuk mempercantik wajah dan merawat rambut. Berikut ini beberapa manfaat buah mangga untuk perawatan kecantikan Anda, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menghilangkan keriput

Antioksidan dan kolagen pada buah mangga dapat menghilangkan keriput di wajah Anda. Kandungan tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi kencang dan terhindar dari radikal bebas. Selain itu, antioksidan dan kolagen juga berfungsi mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini.

2. Mengurangi jerawat

Buah mangga dapat membersihkan kulit dan mengangkat minyak berlebih pada kulit wajah Anda, sehingga efektif untuk mengurangi timbulnya jerawat di wajah Anda. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengolah daging mangga menjadi masker wajah.

3. Mengatasi kulit terbakar matahari

Paparan sinar matahari berlebih kerap membuat area kulit wajah Anda yang tidak tertutup menjadi lebih gelap, sehingga terlihat belang. Buah mangga memiliki komponen yang dapat mendinginkan dan memutihkan kulit terbakar matahari. Antioksidannya mampu meremajakan sel-sel kulit wajah dan melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah alami.

4. Mengecilkan pori-pori

Kulit mangga bisa Anda gunakan untuk membersihkan pori-pori. Setelah mengupas mangga, bersihkan kulitnya, lalu gunakan untuk menggosok kulit wajah Anda. Cara ini bisa membantu membersihkan pori-pori kulit secara alami dari kotoran, mengurangi pori tersumbat jerawat, dan menjaga agar pori-pori tidak membesar.

5. Mengatasi bintik hitam di wajah

Kulit mangga dapat digunakan untuk mengatasi masalah bintik hitam di wajah Anda. Caranya, keringkan kulit mangga kemudian dibuat menjadi bentuk bubuk. Campurlah bubuk kulit mangga dengan yoghurt, kemudian aplikasikan pada wajah yang terdapat noda hitam.

6. Melembabkan rambut

Buah mangga baik untuk merawat kelembapan rambut Anda karena mengandung vitamin A. Vitamin ini diperlukan untuk produksi sebum alami, yang berfungsi melembapkan rambut. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut Anda.

Demikianlah beberapa manfaat buah mangga yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit wajah Anda. Selamat mencoba.

Lihat juga tips perawatan kecantikan alami lainnya di sini: Hilangkan Keriput di Wajah dengan Masker Alami dari Kentang.


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH