Kecantikan

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 19 November 2021
6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Kesalahan dalam merawat rambut yang jarang disadari orang. (Foto: Pexels/koolShooters)

MEMILIKI rambut indah adalah dambaan semua orang. Sebagian orang akan pergi ke salon untuk melakukan perawatan rambutnya, dan sebagian lainnya mungkin hanya melakukan perawatan di rumah. Namun, tahukah kamu merawat rambut secara berlebihan merupakan salah satu bentuk kesalahan dalam merawat rambut?

Menurut laman BURO, kesalahan dalam merawat rambut dapat membuat rambut menjadi kering, patah, dan rusak. Celakanya, beberapa kesalahan ini tak disadari dan sering dilakukan banyak orang. Sebelum terlambat dan rambut jadi rusak, ketahui beberapa kesalahan tersebut.

Baca juga:

Merawat Rambut Rusak selama Beraktivitas di Rumah

1. Terlalu sering keramas

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Terlalu sering keramas bisa merusak rambut. (Foto: Buro)

Kebutuhan rambut setiap orang berbeda-beda, tergantung dari tipe rambutnya. Kebanyakan orang mencuci rambut untuk menghindari rambut yang berminyak.

Namun terlalu sering mencuci rambut bisa menghilangkan minyak alami dari akar rambut dan membuat rambut menjadi kering. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala, berguna untuk menjaga kesehatan rambut.

Di sisi lain, jarang mencuci rambut juga dapat menghambat pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan sebum atau produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan, menghalangi folikel pada rambut yang akan tumbuh. Selain itu, kulit kepala akan terasa gatal dan saat kamu menggaruknya akan menyebabkan microabrasion di sekitar folikel rambut.

2. Tidak merawat kulit kepala

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Kulit kepala perlu di scrub untuk memhilangkan kulit mati. (Foto: Buro)

Sama seperti kulit wajah, kulit kepala juga rawan tersumbat. Penumpukan produk atau polusi, memicu kulit mati di kepala. Sehingga perlu untuk melakukan perawatan kulit kepala sesekali. Gunakan scrub untuk membersihkan folikel rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

3. Melewatkan kondisioner

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Kondisioner tak kalah penting untuk merawat rambut. (Foto: Buro)

Pentingnya menggunakan kondisioner saat mencuci rambut adalah untuk menjaga ujung rambut tetap ternutrisi. Hal ini dikarenakan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala, tidak dapat menjangkau bagian ujung rambut. Selain itu, rambut akan mudah patah jika kamu tidak menggunakan kondisioner sebagai rutinitas untuk mencuci rambut.

Baca juga:

Mengenal Sejumlah Penyebab Rambut Rontok

4. Salah menyisir rambut

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Menyisir rambut tak harus dari akar. (Foto: Buro)

Menyisir rambut benar tidak selalu dimulai dari bagian dalam atau kulit kepala. Ketika mencoba untuk mengatasi rambut yang kusut, hal yang harus dilakukan adalah menyisir rambut dari bagian bawah dengan halus.


5. Menyisir rambut saat basah

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. (Foto: Buro)

Biasanya orang menyisir rambut saat basah agar terlihat rapi dan tidak kusut. Namun, melakukannya adalah sebuah kesalahan yang tak disadari banyak orang. Karena itu dapat membuat rambut jadi rontok.

Hal ini disebabkan karena kondisi rambut sedang rapuh saat basah. Alih-alih memakai sisir, lebih baik gunakan jari untuk merapikan rambut, atau keringkan terlebih dulu.

6. Tidur dengan rambut basah

6 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut
Tidur dalam keadaan rambut basah memicu kerusakan di rambut. (Foto: Buro)

Tidak sedikit orang yang peerlu mandi sebeelum tidur. Namun, sempatkan untuk mengeringkan rambut, karena tidur dengan rambut basah akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Itu bisa membuat rambut menjadi kering, kusut, dan kasar. (Cil)

Baca juga:

Bagaimana Tren Rambut Perempuan di 2022?

#Perawatan Rambut #Tips Perawatan Rambut #Fashion #Kecantikan #Info Kecantikan #Tips Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan