Sebelum Nonton Konser, Baca Dulu 6 Fakta John Mayer yang Mungkin Kamu Belum Tahu John Mayer beraksi diatas panggung dengan gitar kesayangannya (colourfulrebel.com)

MUSISI internasional asal negeri Paman Sam, John Mayer, akan segera menggelar konsernya di Indonesia. Penantian para penggemarnya di tanah air untuk melihat langsung penampilannya akan segera berakhir, sebagaimana telah dikonfirmasi bahwa penyanyi yang pernah memenangkan Grammy Award tersebut akan segera mengadakan konsernya pada 5 April mendatang.

Selain permainan gitar yang sangat ciamik, John Mayer juga dikenal sebagai seorang penulis deretan lagu populer sekaligus produser yang handal.

Meski rumor kurang baik tentangnya sering beredar di skena showbiz Hollywood, John Mayer memiliki keunikannya sendiri dalam berkarya.

Untuk itu, berikut kita telah merangkum 6 fakta menarik tentang John Mayer yang mungkin kamu belum tahu dan jarang diketahui banyak orang:

1. Awalnya John Mayer Tergabung dalam Sebuah Band

John Mayer Band
Bersama Clay Cook, Mayer membentuk band Lo-Fi Masters (heightline.com)

Jika takdir berkata lain, kita mungkin tidak mengenal John Mayer sebagai penyanyi solo superstar yang kita kenal sekarang ini. Setelah ia keluar dari Berklee College of Music di kota Boston dan pindah ke Atlanta, Mayer bersama Clay Cook membentuk sebuah band bernama Lo-Fi Masters, namun kerjasama keduanya tidak berjalan begitu lama.

2. Kondisi Kesehatan yang Tidak Normal Membuatnya Menjadi Seorang Penulis Lagu

John Mayer Penulis Lagu
Sepulang dari perawatan di rumah sakit, Mayer menemukan bakatnya lebih dalam (indystars.com)

Saat usianya 17 tahun, Mayer menderita distrimia jantung (detak jantung tidak normal) yang membuatnya dirawat di rumah sakit. Sepulangnya dari rumah sakit, ia mulai mencoba menulis lirik lagu. "Saya menemukan sisi lain dari diri saya, seperti menemukan semua inspirasi sekaligus, di mana saya menemukan kedalaman dalam bermusik yang bahkan saya tidak tahu ada dalam diri saya", seperti yang pernah ia katakan saat diwawancara oleh majalah Rolling Stone.

3. Terinspirasi oleh Film 'Back to the Future' untuk Menjadi Seorang Musisi

Film Inspiratif John Mayer
Scene dalam film ini yang membuat Mayer terpesona untuk bisa handal bermain gitar (movieweb.com)

John Mayer menjadi gitaris handal seperti yang kita kenal sekarang terinspirasi langsung oleh Michael J. Fox dalam film 'Back to the Future'. Itu terjadi ketika Mayer melihat permainan gitar Fox dalam film tersebut, yang kemudian membuat John Mayer muda terpesona dengan instrumen gitar. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh pembuat film 'Back to the Future' bahwa Mayer secara pribadi menyampaikan padanya bahwa film klasik dari era 80-an tersebut memiliki pengaruh besar untuknya.

4. John Mayer adalah Seorang Blogger Besar

Mayer Pernah jadi blogger besar
Dia pribadi pernah mengelola lima blog sekaligus (bravotv.com)

Pada masa era keemasan blogging, John Mayer sendiri mengelola lima blog yang berbeda. Dia sering menulis di halaman MySpace-nya, blog di situs resminya, satu di Honeyee.com, halaman Tumblr, dan blog foto di StunningNikon.com. Juga mulai pada Juni 2004, ia memulai kolom berjudul "Music Lessons With John Mayer" untuk majalah Esquire.

5. Mendedikasikan Setengah dari Grammy Miliknya untuk Alicia Keys

John Mayer & Alicia Keys 2005 Grammy
Mayer mengatakan seharusnya lagu Alicia Keys yang pantas memenangkan Grammy (topnews.com)

Pada Grammy Awards tahun 2005, Mayer memenangkan penghargaan untuk kategori 'Song of the Year' untuk single berjudul "Daughters". Namun, ketika di wawancara Mayer mengatakan kepada wartawan dan dalam wawancara kemudian bahwa dia percaya Alicia Keys "If I Aint Got You" seharusnya memenangkan penghargaan tersebut. Tidak sekedar bicara, Mayer benar-benar memberikan separuh bagian atas penghargaan kepada Alicia Keys, yang kemudian dikatakan oleh diva R&B tersebut bahwa itu adalah salah satu kenangan Grammy favoritnya.

6. John Mayer Sangat Menyukai Jam Tangan

John Mayer Pecinta Jam Tangan
Koleksi jam tangan Mayer mulai dari yang sangat mahal sampai yang klasik (oracletime.com)

Pergelangan tangan Mayer tidak pernah kosong dari berbagai jam tangan favoritnya. Mayer pernah mengungkapkan bahwa dia adalah seorang kolektor jam tangan dengan koleksi bernilai "puluhan juta", seperti yang diceritakannya kepada The New York Times. Koleksinya mulai dari Rolex yang harganya selangit hingga Casio G-Shocks vintage. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya