6 Cakada di Jateng Dipastikan Lawan Kotak Kosong TPS Pemilu. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mencatat 6 dari 21 daerah kabupaten/kota yang mengadakan pilkada serentak di Jawa Tengah, dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon atau melawan kotak kosong. Hal tersebut diketahui dari hasil perpanjangan pendaftaran bakal calon tidak ada satu pun yang mendaftar di KPU.

Ketua KPU Solo Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengungkapkan, keenam calon kepala daerah (Cakada), atau daerah tersebut, yakni Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, Kota Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Grobogan.

"Kami data ada enam daerah kota/kabupaten di Jawa Tengah pada pilkada 9 Desember mendatang melawan kotak kosong," ujar Yulianto, Selasa (15/9).

Baca Juga:

KPU Terapkan Aturan Baru Pilkada 2020, Apa Saja Isinya?

Yulianto mengungkapkan, tahapan pilkada tetap dilanjutkan meskipun mereka tidak ada lawannya pada saat pemungutan suara nanti. Saat ini, tahapan enam daerah tersebut baru masuk pemeriksaan kesehatan, verifikasi, dan klarifikasi berkas pencalonan.

"Tes kesehatan bakal calon di enam daerah ini terhitung terlambat dibandingkan 15 daerah lainnya yang justru sudah diumumkan hasilnya pada Senin kemarin. Dari tes kesehatan, Wakil Bupati petahana Demak Joko Sutanto yang tidak lolos tes kesehatan," katanya.

Dikatakannya, lima dari enam paslon kepala daerah tersebut merupakan petahana yakni Kota Semarang, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kebumen, dan Kabupaten Grobogan. Sedangkan satu paslon bukan petahana dari Kabupaten Wonosobo.

Pasangan cabup dan cawabup, Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan yang diusung PDIP di Pilkada Kabupaten Boyolali. (MP/Ismail)
Pendaftaran Pilkada Kabupaten Boyolali. (MP/Ismail).

"Kami sudah sampaikan pada KPU RI terkait enam daerah di Jawa Tengah melawan kotak kosong," tutur dia.

Ia menambahkan identitas bakal calon yang melawan kotak kosong yakni Hendrar Prihadi Hendi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Kota Semarang); Sumarni-Bambang Pujiyanto (Kabupaten Grobogan); dan Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan (Kabupaten Boyolali).

Kemudian ada Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Kabupaten Kebumen); Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto (Kabupaten Sragen); dan Afif Nurhidayat-Muhammad Albar (Kabupaten Wonosobo). (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

Pilkada 2020 Didesak Ditunda, Bawaslu Bilang Begini


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH