6 Buah yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes Buah-buahan yang layak konsumsi penderita diabetes (Sumber: Pixabay/james2b)

DIABETES bukanlah penyakin yang bisa diremehkan. Di Indonesia penyakit ini menempati urutan ketiga penyakit mematikan setelah stroke dan jantung. Oleh karena itu penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam menyiapkan grafik makan mereka.

Bagi yang tidak memiliki ilmu tentu akan pusing dengan memilih makanan apa saja yang layak konsumsi untuk penderita diabetes. Apalagi sebagian besar makanan dapat meningkatkan kadar gula darah, termasuk buah-buahan.

Sebenarnya buah memang sangat menyehatkan, namun tak semua buah bisa berdampak positif bagi penderita diabetes. Dilansir dari Boldsky, berikut ini buah-buahan yang layak dan bagus dikonsumsi penderita diabetes.

1. Stroberi

Stroberi (Sumber: Pixabay/Engin_Akyurt)
Stroberi (Sumber: Pixabay/Engin_Akyurt)

Buah ini kaya akan vitamin, antioksidan dan serat. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengendalikan diabetesmu. Selain itu, stroberi memiliki indeks glikemik 41 dan rendah karbohidrat. Stroberi menjaga perutmu tetapkenyang, membuat tetap berenergi dan menyeimbangkan kadar gula darah.

2. Jeruk

Jeruk (Sumber: Pixabay/pixel2013)
Jeruk (Sumber: Pixabay/pixel2013)

Jeruk mengandung banya serat, vitamin C dan tiamin. Selain itu jeruk juga rendah gula. Mereka memiliki 87 persen kadar air dan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Selain bagus untuk penderita diabetes, jeruk juga membantu mengendalikan berat badan.

3. Apel

Apel (Sumber: Pixabay/igetpic)
Apel (Sumber: Pixabay/igetpic)

Kaya akan Vitamin C, serat larut dan antioksidan, apel dapat membantu kamu mengendalikan diabetes. Apel juga mengandung pektin yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta mengurangi kebutuhan insulin pada penderita diabetes sekitar tiga puluh lima persen. Indeks glikemik apel juga rendah, hanya 38.

4. Pir

Pir (Sumber: Pixabay/AD1981)
Pir (Sumber: Pixabay/AD1981)

Memiliki 84 persen kadar air, pir kaya akan serat dan vitamin. Buah ini dianggap sangat bermanfaat bagi diabetes karena membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan tingkat glikemik rendah pada 38.

5. Plum

Plum (Sumber:  Pixabay/pixel2013)
Plum (Sumber: Pixabay/pixel2013)

Selain rendah kalori, plum rendah dalam indeks glikemik. Buah ini adalah sumber serat dan menjadi buah yang ideal untuk penderita diabetes dan jantung. Karena banyak penderita diabetes mengalami sembelit, plum membantu meningkatkan sistem pencernaan dan menyembuhkannya.

6. Alpukat

Alpukat (Sumber: Pixabay/tookapic)
Caption

Lemak sehat dan kalium dalam alpukat membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes. Alpukat juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh. Buah ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah yaitu 15.



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH