6 Aksi Fenomenal King Henry

MerahPutih Olahraga - Legenda Arsenal, Thierry Henry, baru saja mengumumkan pensiun dari sepak bola profesional. Pria asal Prancis itu mengakhiri karienya bersama klub MLS New York Red Bulls.

Top skor The Gunners sepanjang masa ini mengakui bahwa keputusan gantung sepatu baginya sangat berat. Namun, ia sudah memutuskan untuk menyudahi kariernya dan beralih profesi menjadi pengamat sepak bola sekaligus penulis (Pandit).

Henry telah menjalani 20 tahun karier sepak bolanya. Total 360 gol telah ia sarangkan di semua kompetisi di level klub dan menyumbang 51 gol dari 123 penampilan bersama timnas Prancis. Untuk mengenang King Henry (Julukan Henry), mari kita lihat 6 aksi fenomenal King Henry.

 

Berikut 6 gol terbaik Thierry Henry versi ESPNFC

1. Arsenal Vs Southampton

Henry mengalami periode awal yang sulit saat berseragam Arsenal. Delapan pertandingan pertamanya di Premier League, Henry belum sama sekali membuahkan gol. Pada saat itu, Wenger sempat dituduh melakukan pembelian gagal. Dengan mahar 10,5 juta poundsterling atau sekitar 199,5 miliar, Henry diboyong dari Juventus.

Gol pertamanya bersama Arsenal tercipta saat beradapan Southampton. Ia mencetak gol indah saat Arsenal menang tipis 1-0, dia mengecoh lawan dan melepaskan tendangan jarak jauh dari jarak sekitar 22 meter.

2. Arsenal Vs Manchester United

Aksi berikutnya dibuat Henry melalui tendangan voli ke gawang MU pada tahun 2001. Striker Prancis itu menerima bola dari luar kotak penalti, Denis Irwin terus membayanginya. Dengan posisi membelakangi gawang, ia mengangkat bola dan langsung melepaskan tembakan keras ke gawan Barthez. Kiper Prancis itu hanya melihat bola yang meluncur deras ke gawangnya.

3. Arsenal Vs Liverpool

Lawan Liverpool, Henry mencetak hattrick di musim 2003/04 Premier League. Menjamu The Reds di pekan 31, Arsenal dua kali tertinggal lebih dulu. Setelah gol cepat Sami Hyypia berhasil disamakan Henry, tim tamu kembali unggul lewat aksi Michael Owen.

Tertinggal 1-2, Arsenal kembali menyamakan kedudukan. Kali ini Robert Pires yang mencatatkan namanya di papan skor. Setelah skor sama kuat 2-2, Henry menambahkan dua gol lagi ke gawang Jerzy Dudek. Skor akhir: Arsenal 4-2 Liverpool.

Gol kedua Henry di laga tersebut menjadi yang paling banyak diperbincangkan. Dengan liat dia meliuk-liuk melewati beberapa pemain bertahan Liverpool, menerobos masuk kotak penalti dan melepaskan tendangan terarah ke tiang jauh.

 

4. Arsenal Vs Wigan Athletic

Gol indah berikutnya dibuat melalui tendangan bebas ke gawang Wigan Athletic pada tahun 2005.

Bicara soal akurasi tendangan bebas, salah satu gol terbaik yang dibuat Henry melalui proses tersebut adalah saat Arsenal berhadapan dengan Wigan di tahun 2005.

Saat itu pertandingan dipimpin wasit Graham Poll. Ia melakukannya dari jarak yang cukup jauh dari kotak penalti, tendangannya melesat melewati pagar betis Wigan, mengenai sudut bawah tiang sebelum akhirnya bersarang di gawang Wigan.

Usai mencetak gol, Henry disebut sempat mengajukan pertanyaan pada wasit: “Apakah itu cukup?”

5. Barcelona Vs Real Madrid

Berkostum Barcelona, Henry mencetak dua gol di laga El Clasico 2009 . Barcelona meraih kemenangan gemilang dengan skor 6-2 atas Real Madrid, di mana dua gol di antaranya disumbang Henry.

Dua gol Henry menjadi penting lantaran ketika itu Madrid tengah dalam performa yang sangat impresif, menang 17 kali dalam 18 laga. Kemenangan atas Barca akan membuat Madrid merapatkan jarak, dan liga tinggal menyisakan empat pertandingan lagi setelah El Clasico maka persaingan bisa makin panas.

Kemenangan itu membuat Barcelona unggul tujuh angka atas Madrid. Hasil yang memukul El Real dan membuat mereka menelan kekalahan di empat laga sisa musim.

6. Prancis Vs Republik Irlandia

Aksi gila Henry tercipta di Playoff Piala Dunia 2009. Henry disebut telah melakukan aksi kotornya dalam laga menghadapi Republik Irlandia di leg kedua playoff Piala Dunia 2010. Henry bukan hanya dibenci, dia jadi musuh seluruh Irlandia ketika itu.

Handball Henry dianggap salah satu aksi curang paling besar yang lolos dari pengelihatan wasit. Henry ketika itu dengan sengaja mendorong bola dengan tangannya untuk memberikan umpan pada William Gallas yang mencetak gol penentu kemenangan Prancis.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH