Musik

6,3 Ton Sampah dari Festival Musik Java Jazz 2022

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 13 Juni 2022
6,3 Ton Sampah dari Festival Musik Java Jazz 2022
Ilustrasi sampah. (Foto: Unsplash/Jasmin Sessler)

BERSAMA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Greeners, dan PT Sinar Sosro, Blibli melaksanakan inisiatif BliBli Cinta Bumi untuk memperkuat komitmennya dalam melestarikan lingkungan dan memperluas penerapan eco-conscious living di tengah masyarakat.

Hal tersebut kini ditunjukkan melalui kolaborasi dalam mengelola limbah dari gelaran BNI Java Jazz Festival 2022. Selama tiga hari acara berlangsung, lebih dari 6.200 kg timbunan sampah telah terkumpul yang meliputi botol plastik, kardus, kaleng, hingga sampah organik.

Adapun sampah organik yang berhasil dikumpulkan akan diolah kembali menjadi barang baru (upcycle) yang bernilai guna meningkatkan keberdayaan komunitas perempuan dan marjinal.

Baca juga:

Budayakan Membersihkan Sampah Sendiri Setelah Nonton Bioskop

Blibli ingin masyarakat lebih bijak terhadap sampah. (Foto: Blibli)

Dalam hal ini Blibli telah berkontribusi 12% dari total sampah yang terdiri dari 50 kg sampah botol plastik dan 128 kg sampah kardus. Upaya tersebut juga dilakukan untuk mendukung kampanye Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 yang mengangkat tema Hanya Satu Bumi.

COO Blibli Lisa Widodo mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada penonton Java Jazz Festival 2022 yang telah berperan aktif mendukung gerakan mengurangi dan mengelola sampah.

"Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk terus menjaga lingkungan dan menjalankan gaya hidup eco-friendly secara berkelanjutan, termasuk dalam melakukan hal-hal sederhana seperti memilah sampah di rumah dan di manapun berada," katanya.

Lisa percaya bahwa langkah kecil, asal dilakukan bersama pasti bisa memberi dampak yang besar dalam menjaga kelestarian Bumi.

Baca juga:

SDB, Teknologi Pintar Solusi Sampah Plastik di Indonesia

KLHK minta masyarakat kurangi sampah. (Foto: Unsplash/Pawel Czerwinski)

Data KLHK menunjukkan bahwa timbunan sampah nasional pada 2021 lalu mencapai 68,5 juta ton, kebanyakan tertimbun di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) karena upaya pemilahan dan pengelolaan sampah yang masih sangat terbatas.

Maka pemerintah telah mencanangkan program Indonesia Bersih Sampah 2025 yang menargetkan pengurangan sampah hingga 30% dan mendaurulang setidaknya 70% sampah.

"Pengurangan dan pengelolaan sampah merupakan upaya yang harus dilakukan secara kolektif dan konsisten baik itu dari pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat," kata Novrizal Tahar, Direktur Penanganan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK. (waf)

Baca juga:

5 Tips Mudah Mengelola Sampah Rumah Tangga

#Lipsus Juni Sayangi Bumi #Java Jazz Festival #Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan