57 Cabor Asian Games akan Disiarkan Langsung

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 28 September 2017
57 Cabor Asian Games akan Disiarkan Langsung
Logo Asian Games 2018. Foto: Kemenlu

MerahPutih,com - Sebanyak 57 cabang olahraga Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 akan disiarkan langsung. Keputusan ini diambil menyusul kontrak penyiaran Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 dengan perusahaan asal Swiss International Games and Broadcast Services.

"Kami akan menayangkan langsung pertandingan untuk 55 displin olahraga, selain upacara pembukaan dan penutupan," kata Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto di Jakarta, Rabu (27/9).

INASGOC semula menginginkan siaran langsung pertandingan Asian Games pada 13 Agustus 2018 sesuai dengan jadwal pertandingan yang berlangsung sebelum upacara pembukaan. Namun, OCA menolak keinginan itu dan meminta siaran langsung pertandingan setelah upacara pembukaan pada 18 Agustus 2018.

Eris mengatakan pembahasan terkait penyiaran pertandingan Asian Games ke-18 masuk dalam pertemuan tentang pembahasan kontrak tuan rumah Asian Games dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) di Jakarta, pada 14 Oktober.

"Kami minta kebebasan untuk pengelolaan sponsor dan penyiaran karena kami ingin ada efisiensi," kata Eris.

Meskipun mengajukan kebebasan, INASGOC akan tetap menjamin penyelenggaraan penyiaran Asian Games 2018 sesuai dengan harapan OCA dan pelayanan kepada negara-negara peserta.

"Misal China ingin siaran langsung pada cabang unggulan mereka. Kami akan berunding juga dengan negara-negara lain," ujar purnawiran TNI Angkatan Udara itu.

INASGOC, menurut Eris, telah berunding dengan OCA tentang penghematan biaya penyiaran hingga sekitar Rp600 miliar dan masih berusaha menegosiasikan pengeluaran dalam rapat pada 14 Oktober.

Eris mengklaim kerja sama INASGOC dengan International Games and Broadcast Services telah memuaskan OCA karena perusahaan itu juga terlibat dalam penyiaran Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

"OCA tentu mengharapkan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games sesuai dengan standar mereka. Kami telah melaporkan kepada OCA tentang perusahaan-perusahaan mereka rekomendasikan, termasuk penyiaran dan teknologi informasi," tuturnya.

Eris menambahkan teknis penyiaran Asian Games termasuk penggunaan helikopter untuk penayangan perlombaan seperti lari maraton dan balap sepeda. "Karena apa yang direkam nanti itu akan masuk dalam sejarah olahraga dan akan menjadi arsip dalam bank data olahraga," ucapnya.

Sejumlah disiplin olahraga Asian Games 2018 yang akan disiarkan langsung yaitu renang, atletik, panahan, bulu tangkis, sepak bola, equestrian, balap sepeda, bola basket, voli, dan cabang-cabang olahraga bela diri.

Sumber: Antara

#Asian Games 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan