537 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas Kota Solo per Hari saat Lebaran

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 14 April 2023
537 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas Kota Solo per Hari saat Lebaran
Pemudik mulai berdatangan di Terminal Tirtonadi Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Sebanyak 8,6 juta kendaraan diprediksi melintas Solo pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Merujuk data tersebut, kepadatan lalu lintas di Kota Batik bakal semakin padat karena 537.000 kendaraan bakal melintas per harinya.

Kepala Dinas Perhubungan Solo, Taufiq Muhammad mengatakan masa Angkutan Lebaran Tahun 2023 dimulai pada 15 April hingga 30 April mendatang (H-7 hingga H+7 Lebaran), di mana saat itu total kendaraan yang melintas Solo mencapai 7,5 juta.

Baca Juga

Dugaan Korupsi Proyek Rel Ganda di Solo, Gibran: Jangan Sampai Mangkrak

"Total kendaraan yang melintas Solo mencapai 7,5 juta sepanjang masa angkutan Lebaran itu," kata Taufiq, Kamis (13/4).

Volume kendaraan yang melintas tahun ini diprediksi meningkat hingga 15 persen dari Lebaran 2022. Prediksi kenaikan hingga 15 persen, kata dia, disebabkan karena tidak adanya aturan pembatasan perjalanan yang dilakukan masyarakat pada tahun ini.

"Kenaikan 15 persen itu prediksinya sekitar 8,6 juta kendaraan, per harinya kira-kira ada 537.000 kendaraan yang keluar masuk kota Solo," katanya.

Baca Juga

Nasib Proyek Besar di Solo Setelah Pejabat DJKA Jateng Jadi Tersangka

Ia mengatakan puncak arus balik akan terlihat pada 25 April (H+2 Lebaran) dan setelah 30 April (pasca H+7 Lebaran). Sepanjang masa angkutan lebaran berlangsung, kendaraan pribadi masih mendominasi pergerakan masyarakat baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

"Posko pengawasan kami dikerjasamakan dengan pihak kepolisian dan instansi terkait lainnya. Tapi kalau untuk rest area dari Dishub ada di tiga lokasi, Jurug, Masjid Zayed, dan kantor Dishub Solo," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

45.920 Keluarga Kurang Mampu di Solo Dapat Bantuan Pangan

#Kota Solo #Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan