520 Warga Kupang Terdampak Gempa Magnitudo 6,6

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 04 November 2023
520 Warga Kupang Terdampak Gempa Magnitudo 6,6
Sekolah di Kabupaten Kupang yang rusak akibat gempa bumi yang terjadi pada Kamis (2/11/2023). (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT)

MerahPutih.com - Gempa bumi dengan magnitudo 6,6 pada Kamis (2/11) membuat ratusan warga terdampak. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan dana siap pakai sebesar Rp 250.000.000 untuk operasional penanganan darurat bencana gempa bumi

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melaporkan hingga Jumat (3/11), tim gabungan terus melakukan penanganan bencana dampak gempa NTT M 6,3 yang terjadi pada Kamis (2/11) pukul 05.04 WITA.

Baca Juga:

Gempa Magnitude 6,6 Akibatkan Kerusakan Ringan di Kupang

"Sebanyak 520 jiwa di Kabupaten Kupang terdampak akibat gempa tektonik ini. Tidak ada korban jiwa yang meninggal maupun luka-luka," katanya.

TRC BPBD Kota Kupang, Kabupaten Kupang, bersama dengan Tim BNPB yang dipimpin oleh Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Eny Supartini, dan Tenaga Ahli Kepala BNPB, DR. Dr. Purwadi, MARS serta elemen pentaheliks lainnya, pada Jumat (3/11) mencatat jumlah bangunan terdampak gempa bertambah.

Laporan lapangan yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB terkini pada Jumat (3/11) pukul 18.00 WIB mencatat total kerugian materiil dan kerusakan bangunan di wilayah Kabupaten Kupang, Kota Kupang, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan akibat gempa sebanyak 124 unit rumah, 33 kantor pemerintahan, 11 unit fasilitas umum, 1 unit sarana pendidikan, 1 unit gedung pusat perbelanjaan, dan 1 unit asrama panti asuhan.

Kerusakan bangunan di wilayah Kota Kupang dirincikan yaitu 20 unit rumah rusak, 4 gedung perkantoran rusak, dan 1 unit pusat perbelanjaan rusak, dan 1 unit hotel rusak. Beberapa bangunan dengan kondisi rusak sedang di wilayah Kota Kupang antara lain Gedung Kantor Gubernur NTT, Gedung Kantor Pusat Bank NTT, Gedung Kantor DPRD Provinsi NTT, dan Transmart Kupang.

Sementara itu, rincian bangunan rusak di wilayah Kabupaten Kupang terdiri dari 104 unit rumah, 11 unit fasilitas umum, 29 unit gedung pemerintahan, dan 1 unit asrama panti asuhan.

Bangunan di wilayah Kabupaten Kupang dilaporkan mengalami rusak ringan antara lain Kantor Bupati Kupang, Kantor Pendapatan Aset Daerah Kabupaten Kupang, Panti Asuhan Anak Riang, Gereja GMIT Jemaat Imanuel Tunhuit, Gereja Laharoi Tugu, Gereja GMIT Pniel Koka, dan Pos Polisi Baun.

SD Inpres Nifubia yang berlokasi di Desa Ofu, Kec. Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan dilaporkan rusak ringan.

"Tim BNPB masih terus melakukan pendampingan kepada BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota dan Kabupaten Kupang. Tim reaksi cepat bersama Pj Gubernur NTT meninjau ke lokasi-lokasi terdampak," katanya.

Selain menyerahkan dana bantuan tanggap darurat sebesar Rp 250 juta, BNPB juga memberikan bantuan peralatan darurat bencana berupa makanan siap saji sebanyak 500 pcs, sembako sebanyak 500 pack, terpal sebanyak 100 set, tenda 4x4 sebanyak 100 set, tenda pengungsi sebanyak dua set, matras sebanyak satu buah dan selimut sebanyak 500 buah. (Asp)

Baca Juga:

Pemicu Gempa Magnitudo 5,3 di Waingapu

#Gempa #Bencana Alam #Bencana Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan