50 Dokter Periksa Kesehatan Tiga Paslon Pilgub Sumatera Utara Edy Rahmayadi, salah satu calon gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023. (MP/Amsal Chaniago)

Merahputih.com - Tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara mulai menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang merupakan salah satu syarat bagi para peserta Pilgub Sumut periode 2018-2023.

Ketiga paslon tersebut tampak hadir memenuhi panggilan pemeriksaan kesehatan di antaranya, Edy Rahmayadi- Ijeckshah (ERAMAS), JR Saragih-Ance Selian, dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang berlangsung Gedung Pavilliun RSUP HAM Medan, Jalan Bunga Lau No 17 Medan, Kamis (11/1).

Kepada wartawan, Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilgub Sumut 2018 dr Ramlan Sitompul mengatakan, sebanyak 50 dokter disiapkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara.

"Para tim medis adalah dokter ahli yang berasal dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut," kata Ramlan kepada media di Paviliun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM).

Dikatakannya, para tim medis tersebut tidak hanya bertugas melakukan pemeriksaan para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, tetapi juga melakukan pemeriksaan terhadap calon bupati dan wakil bupati maupun calon wali kota dan wakil wali kota dari delapan kabupaten/kota di Sumut yang mengikuti pilkada.

"Pemeriksaan kesehatan ini, berbeda dengan lima tahun lalu. Kali ini melibatkan BNN dan psikologi. Ini sesuai dengan peraturan baru KPU," ujarnya.

Tes kesehatan untuk cagub dan cawagub Sumut dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 11 dan 12 Januari 2018.

"Di hari pertama tes kesehatan, para balon gubernur dan wakil gubernur Sumut menjalani serangkaian tes psikologi seperti ujian tertulis dan wawancara," ujarnya.

Kemudian, tim medis melakukan tes kesehatan jantung dan rontgen. Para paslon akan diperiksa pendengaran, penglihatan, penyakit dalam, kaki, dada, dan lainnya. Kemudian ada pemeriksaan dari BNN seperti tes urine.

Sedangkan pada hari kedua atau besok dilakukan pemeriksaan medis dan tes dari BNN yang akan berlangsung dari pukul 08.00 WIB. (Sal)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH