5 Wisata Populer di Gunungkidul

  • Wsata Gunung Kidul, Yogyakarta memang tidak ada matinya, berbagai keindahan alam mulai dari pegunungan hingga berbagai garis pantai ada di Kawasan Wisata Gunung Kidul.

    Yang paling terbaru dan sedang hits adalah Danau Buatan Embung Batara Sriten, lokasinya brerada di puncak tertinggi bukit Batur Agung, Gunung Kidul, Yogyakarta.

    Embung Batara Sriten atau danau buatan ini memang sengaja dibangun sebagai irigasi kawasan Agrowisata dengan buah unggulan yaitu Manggis dan Kelengkeng.

     

    Selamat pagi kamu, iya kamu. #gazebo #sriten #embungbatara #gunungkidul

    A photo posted by Hery Fosil (@heryfosil) on

    Meski awalnya pembangunan danau ini tidak difokuskan pada sektor wisata, tapi tempat ini justru jadi daya tarik tersendiri di Gunung Kidul, bahkan Embung Batara Sriten jadi destinasi paling populer di Gunung Kidul setelah Gua Pindul dan Gua Purba.

    Embung Batara Sriten merupakan area wisata Trita di puncak gunung kawasan Gunung Kidul, danau ini jadi danau paling tertinggi di Yogyakarta.

    Sejak dibuka, kawasan ini jadi favorit para traveler untuk berselfie dengan pemandangan dan udara sejuk pegunungan.

  • Pantai Ngandong merupakan salah satu pantai yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta dan cukup mencuri perhatian para wisatawan dengan keindahan pesona pasir putih serta air lautnya yang biru dan jernih.

    Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun memiliki pesona keindahan yang tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai yang ada Yogyakarta, nama Pantai Ngandong belum setenar pantai lainnya.

    Meski begitu, seiring berjalannya waktu kini Pantai Ngandong telah banyak mencuri hati para wisatawan karena pemandangan Indahnya yang menjadi magnet kuat para wisatawan untuk datang berlibur di Pantai ini.

    Beberapa fasilitas juga telah tersedia di Pantai Ngandong, diantaranya beberapa warung makanan dan minuman ringan, jadi Anda tak perlu khawati akan kesulitan mencari makanan dan minuman ketika datang berlibur ke Pantai Ngandong.

    Selain itu, Pantai Ngandong juga memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang tidak terlalu tinggi. Hal ini membuat Pantai Ngandong sangat cocok untuk menjadi pilihan Anda untuk berwisata bersama keluarga. Terlebih lagi dengan suasana pantai yang belum begitu ramai, tentunya berwisata di Pantai Ngandong bersama keluarga akan menjadi hiburan yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga tercinta.

    Akses untuk menuju Pantai Ngandong juga tidaklah sulit, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan baik mobil ataupun sepeda motor saat datang ke Yogyakarta.

    Perjalanan dimulai dari kota Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti papan penunjuk arah ke Pantai Sundak. Tiba di Pantai Sundak Anda bisa memarkir kendaraan di Pantai Sundak dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Anda akan melewati jalan setapak berbatu tak jauh setelah berjalan Anda akan tiba di Pantai Ngandong.

    Semua keletihan Anda saat perjalanan menuju Pantai Ngandong akan langsung terbayar lunas dengan pesona keindahan alam yang asri Pantai Ngandong yang langsung memanjakan mata Anda.

  •  Pantai Ngedan atau biasa disebut juga Pantai Ngeden, dari namanya saja mungkin masih terdengar sangat asing ditelinga para wisatawan. Pantai yang terletak di sekitar Gunungkidul, Yogyakarta ini resmi dibuka untuk umum sejak Februari 2015 lalu.

    Pantai Ngedan memiliki pesona keindahan yang sedikit berbeda dari pantai Gunungkidul lainnya yang akan membuat pamor pantai Ngedan ini segera naik daun.

    Saat Anda datang bersama keluarga atau teman-teman untuk berlibur ke Pantai ini, Anda tak perlu khawatir karena Pantai Ngedan telah dilengkapi gardu pondok untuk wisatawan yang ingin beristirahat, area parkir, serta warung makanan dan minuman.

    Di sebelah barat Pantai Ngedan terdapat jalan setapak memanjang yang terhubung ke taman dan bukit karang yang cantik dengan Gardu Pandang di atasnya. Sedangkan di sisi barat bukit karang terdapat Pantai Nglimun yang menjadikan kawasan ini sangat cocok untuk menjadi tempat wisata bagi kalian yang memiliki hobi camping atau mendirikan tenda di bibir pantai dan memancing.

     

    A photo posted by Nova Dwi Haryadi (@nova_dh) on

    Ternyata saat Anda datang mengunjungi kawasan Pantai Ngedan kita bisa melihat tiga pantai kecil sekaligus. Pantai Ngedan yang menjadi objek utama di kawasan ini, memiliki pasir yang luas dan sanagt cocok menjadi tempat bermain air saat berlibur.

    Di sebelah baratnya terdapat Pantai Jugala yang terdiri dari bongkahan batu-batu karang kecil berwarna putih seukuran bola tenis sampai bola kaki.

    Sedangkan Pantai yang ketiga yaitu Pantai Ngelimun yang didominasi oleh batuan karang dan batu-batu karang bulat dalam berbagai ukuran, pantai ini memiliki sedikit pasir. Namun disini objeknya bukan hanya bermain air di pantai, kita juga bisa menikmati panorama laut dan pegunungan Gunungkidul dari bukit-bukit di sekitar pantai Ngedan.

  • Pantai Gesing menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan dan terletak di dusun Panjolomulyo Desa Girikarto Kecamatan Panggang Gunungkidul,Yogyakarta.

    Pantai Gesing juga bisa dibilang sebagai pantai perawan, karena pantai ini masih belum sepopuler dengan pantai di kawasan Gunungkidul lainnya. Selain itu, pantai ini juga belum terlalu banyak dipenuhi oleh para pedagang sehingga lingkungan disekitar Pantai Gesing masih sangatlah bersih dan asri.

    Pantai Gesing memiliki pasir putih dan ombak yang kecil sehingga cocok untuk menjadi pilihan Anda dan keluarga berwisata ke Pantai ini. Hal yang menarik dari pantai ini adalah gradasi permukaan air dari warna hijau terang ke warna biru yang menambah keindahan Pantai Gesing.

    Pantai Gesing memanglah tak terlalu besar dengan karakteristiknya, namun pantai ini menjadi tempat berlabuh para nelayan, baik lokal atau pun nelayan dari luar daerah seperti dari Kebumen atau Pacitan.

    Satu hal yang cukup unik dari pantai Gesing adalah adanya daerah dengan air yang dangkal dan batu-batu karang. Disana, Anda dapat mencari ikan hias laut yang biasanya berenang ataupun bersembunyi di batu-batu karang tersebut.

     

  • Pantai Greweng merupakan pantai yang memiliki keindahan yang masih sangat asri di Gunung Kidul. Selain karna tidak istimewa, pantai ini juga tidak terlalu panjang. Lokasinya pun berada jauh dari jangkauan sehingga para wisatawan biasa pasti akan berpikir dua kali untuk berkunjung ke pantai ini.

    Namun, tidak demikian halnya bagi mereka yang memiliki jiwa petualang dan senang hidup menantang alam yang senantiasa mengharapkan sebuah tantangan. Pantai Greweng akan menjadi tempat yang pas untuk melakukan petualangan dan menemukan sesuatu yang baru. Di sana kita akan menemukan suasana pantai yang masih asri dan belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

    ika dilihat secara keseluruhan, pantai ini sebenarnya tidaklah terlalu istimewa. Hanya sebuah pantai berpasir putih biasa yang dikeliling oleh karang serta berombak relatif sedang. Hanya saja, suasana pantai yang masih sangat asri ini membuatnya disukai oleh para wisatawan yang hobi mengunjungi tempat-tempat baru.

    Pantai Greweng ini juga sangat cocok jika dijadikan tempat berkemping bagi mereka yang ingin mencari ketengan serta suasana baru yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Salain itu, tempat ini sangat pas dijadikan tempat tujuan untuk menghilangkan lelah setelah menjalani rutinitas yang padat setiap harinya.

     

    Needed Vitamin Sea ????????????

    A photo posted by Irvan aditya (@irvanadityaf) on

    Akses untuk bisa sampai ke pantai ini tidaklah mudah. Kita harus berjalan melewati perkebunan penduduk untuk menuju ke Pantai Greweng. Anda bisa mengambil jalan ke arah Pantai Wediombo karna Pantai Greweng merupakan tetangga dari Pantai Wediombo. Pantai Greweng tidak menyediakan fasilitas apapun, termasuk area parkir. Anda bisa menitipkan kendaraan di parkiran di sekitar Pantai Wediombo.

    Setelah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju pantai Greweng dari tempat parkir dengan berjalan kaki yang memakan waktu sekitar 1 s/d 2 jam lamanya. Cukup jauh memang tapi demi mendapatkan sebuah pesona keidandahan yang masih natural seperti Pantai Greweng ini rasanya memang pantas jika Anda harus bersusah-susah payah terlebih dahulu.

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Take Away Nasi Padang, Dijamin Lebih Kenyang
Kuliner
Take Away Nasi Padang, Dijamin Lebih Kenyang

Berawal dari restoran Padang yang banyak dikungjungi kaum elit pada masanya.

Menjajal Uniknya Cita Rasa Mie Ongklok di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng
Kuliner
Menjajal Uniknya Cita Rasa Mie Ongklok di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng

Menjajal Uniknya Cita Rasa Mie Ongklok di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng

27 Juli 2020 Gedung Sate Genap Berusia 100 Tahun
Travel
27 Juli 2020 Gedung Sate Genap Berusia 100 Tahun

Meski sudah seabad berdiri, kemegahan dan kekokohan Gedung Sate terekam jelas

Okupansi Hotel di Yogyakarta saat Libur Nataru hanya 30
Travel
Okupansi Hotel di Yogyakarta saat Libur Nataru hanya 30

PHRI DIY berharap tamu atau para wisatawan asal DIY bisa membantu memulihkan reservasi kamar hotel di daerah ini

Langkah Mudah untuk Masak Opor Enak
Kuliner
Langkah Mudah untuk Masak Opor Enak

Memasak opor tak terlalu sulit kok.

Aroma Kayu Manis yang Menambah Selera
Kuliner
Aroma Kayu Manis yang Menambah Selera

Dengan tambahan kayu manis, seluruh ruangan akan berbau seperti roti dan kue.