5 Wisata Pantai Unggulan di Pacitan

  • Watu Bale merupakan sebuah batu karang besar yang berada di pantai dengan deburan ombak yang sangat dahsyat. Watu Bale termasuk destinasi wisata pantai di Pacitan yang tergolong baru yang terletak di sisi timur jalur lintas selatan (JLS) Pacitan.

    Yang menjadi ciri khas dari Watu Bale adalah keberadaan batu karang yang mirip “bale”. Bale jika diartikan dalam bahasa jawa adalah balai, atau tempat untuk istirahat, sehingga karena ada batu karang mirip “balai-balai” maka dinamakan pantai ini dengan Pantai Watu Bale.

    Watu Bale telertak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan, Jawa Timur. Jika ingin menikmati destinasi wisata Pantai Watu Bale, Anda bisa mengaksesnya dengan menuju ke pantai ini.

    Namun saat ini, kondisi jalan masih berupa jalur makadam, kemudian menuju ke pos penjagaan dan membayar tiket masuk. Selanjutnya, jalan menuju ke Pantai Watu Bale ini akan melewati beberapa rumah, dengan jalan yang cukup menurun.

    Dengan kondisi jalan yang demikian, bagi para pengunjung memaksa konsentrasi tetap tinggi, dan pada akhirnya selama 10 hingga 15 menit kemudian perjalanan akan sampai pada pelabuhan kecil.

    Di pelabuhan tersebut, terlihat beberapa perahu sedang bersandar. Selanjutnya jika ingin menuju ke lokasi Pantai Watu Bale, perjalanan masuk ke jalan setapak, jadi mobil dan kednaraan roda empat tidak bisa masuk, karena kondisi jalan yang sempit dan setapak. Semakin mendekati pantai, Anda akan disuguhi rimbunnya pepohoan pandan, dan tibalah di Pantai Watu Bale.

  • Pantai Banyu Tibo merupakan salah satu wisata yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, masih segaris dengan Pantai Klayar. Karena tempatnya yang tersembunyi, Pantai Banyu Tibo juga tidak terlalu ramai dari kunjungan oleh para wisatawan.

    Pantai Banyu Tibo menyajikan panorama alam yang cukup indah yang sangat jarang bisa Anda temui di berbagai pantai di Indonesia. Pantai yang berbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah ini dihiasi dengan hamparan pasir putih yang bersih, yang paling istimewanya lagi, di pantai Banyu Tibo juga terdapat sebuah air terjun yang mengalir langsung ke Pantai.

    Fenomena tersebut menjadi pesona dan daya tarik utama untuk menjaring wisatawan agar mengunjungi Pantai Banyu Tibo ini. Dari situlah nama banyu tibo berasal, nama tersebut merupakan kata dari bahasa jawa yang mempunyai arti 'air yang jatuh'.

    Area pantai Banyu Tibo sendiri sebenarnya tidak terlalu luas. Meskipun memiliki keistimewaan karena air terjunnya, di Pantai Banyu Tibo ini, Anda sangat disarankan untuk tidak berenang. Ombaknya yang tinggi hingga kebibir pantai akan membahayakan keselamatan Anda.

    Jika air laut sedang surut, Anda bisa bermain di bawah air terjun dengan hamparan pasir putih yang halus. Di sekelilingnya berdiri dengan kokoh pepohonan khas pantai serta tebing-tebing yang menjulang tinggi.

    Air Terjun di Kawasan Wisata Pantai Banyu Tibo ini terbentuk dari sebuah anak sungai yang bermuara tepat di bibir pantainya. Karena letak sungai yang berada di atas pantai, maka muara sungai kecil ini membentuk seperti air terjun dengan ketinggian sekitar 2 meter.

    Untuk menuju ke tempat Wisata Pantai Banyu Tibo tidakah sulit. Berjarak sekitar 110 km dari Kota Solo. Jalan termudah dengan melalui jalur ke arah Pantai Klayar, karena pantai ini tidak jauh dari Wisata Pantai Klayar. Jika ingin pergi ke Pantai Banyu Tibo disarankan Anda mengunakan kendaraan pribadi. Karena akses Pantai ini belum dilewati oleh angkutan umum.

  • Pantai-pantai yang berjejer memperindah kota Pacitan dengan keunikannya masing-masing, salah satunya ialah Pantai Srau. Pantai cantik ini memesona dengan hamparan pasir putih dan pasti membuat wisatawan jatuh cinta dengan keindahannya.

    Pantai yang terbilang masih alami ini memiliki pasir putih bersih memperindah bibir pantainya. Jika ingin berfoto dengan back ground laut lepas bisa mendaki bukit bukit kecil yang berada di sekitar pantai untuk mendapatkan hasil foto dengan pemandangan luar biasa. Berada di Pantai Srau membuat travelmate betah berlama-lama.

    Selain itu, tempatnya yang mudah dijangkau menjadikan pantai yang berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku ini sebagai tempat wajib dikunjungi ketika pergi ke Pacitan.

    Pengunjung Pantai Srau pasti merasa betah berada di Pantai Srau karena suasananya nyaman, ombak tidak cukup besar, juga terdapat bukit-bukit kecil yang unik,

  • Pantai Pidakan merupakan salah satu pantai unik di Pacitan. Dari arah JLS (jalur lintas selatan), beberapa pantai yang memanjakan mata banyak dijumpai, dari Pantai Soge, Pantai Taman, Watu Bale, dll. Pantai Pidakan terlihat lebih menakjubkan dibanding pantai lain dengan keunikan hamparan batu putih di seluruh bibir pantai.

    Pantai yang berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Tengah ini menyuguhkan deburan ombak yang dipadukan dengan hamparan batu putih yang menyelimuti seluruh bibir pantai. Pantai ini bernama Pantai Pidakan.

    Wuih, sepanjang bibir pantai berhamparan batu putih membuatnya menjadi berbeda dan lebih istimewa. Pohon-pohon kelapa yang masih asri mempercantik area Pantai Pidakan ini.

    Lokasinya mudah dijangkau sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk pergi ke pantai ini. Sudah ada perunjuk arahnya untuk mempermudah travelmate menemukan pantai unik nan eksotis ini. Dari jalan raya, masuk mengikuti petunjuk arah kurang lebih hanya menembuh 200 meter hingga menuju bibir pantai dengan hamparan batu putih yang indah.

  • Pantai Teleng Ria sendiri hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Kota Pacitan, Jawa Timur. Pesona alam di Pantai Teleng Ria sendiri memang cukup memukau. Bagaimana tidak, pantai yang satu ini menawarkan keindahan hamparan pasir putih, ombak yang indah dengan latar belakang pemandang alam Gunung Limo yang mengagumkan.

    Bagi Anda para pecinta olahraga selancar khususnya bagi pemula, Pantai Teleng Ria rasanya sangat pas untuk anda yang ingin belajar menaklukan ombak Samudera Hindia, karena Pantai Teleng Ria sendiri merupakan salah satu pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

    Di Pantai Teleng Ria juga, pengunjung tak hanya disuguhkan pesona alam yang mengagumkan, pasalnya para wisatawan juga dapat langsung membeli ikan segar di Tempat Pelelangan Ikan yang ada di Pantai Teleng ria.

    Namun tak hanya itu, di Pantai Teleng Ria juga terdapat fasilitas perkemahan yang dapat digunakan untuk para wisatawan yang ingin merasakan sensasi berkemah di pinggir pantai.

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
'Baby Dinosaurus' Telah Hadir di Dufan
Travel
'Baby Dinosaurus' Telah Hadir di Dufan

Dunia Fantasi Ancol menghadirkan sebuah pilihan baru yang ada di kawasan kids fanstasy dufan, yakni 'Baby Dinosaurus'

Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Panduan Protokol K4
Travel
Bangkitkan Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Luncurkan Panduan Protokol K4

Pariwisata akan kembali dihidupkan dengan panduan protokol K4.

Mangkrak 50 Tahun, Omah Lowo Jadi Destinasi Wisata Galeri Batik Premium
Travel
Mangkrak 50 Tahun, Omah Lowo Jadi Destinasi Wisata Galeri Batik Premium

peninggalan Belanda yang mangkrak selama 50 tahun dan jadi sarang kelelawar.

Bertualang di Ketinggian Rumah Pohon Urongo
Travel
Bertualang di Ketinggian Rumah Pohon Urongo

Minahasa punya rumah pohon Urongo.

Wisata Religi dapat Menjadi Penggerak Ekonomi di Cirebon
Travel
Wisata Religi dapat Menjadi Penggerak Ekonomi di Cirebon

Pihaknya mendorong peningkatan wisata religi, khususnya untuk wisatawan dalam negeri.

Bertahan ala Kupu-Kupu Malam
Tradisi
Bertahan ala Kupu-Kupu Malam

Ketika krisis global memperdalam, pekerja seks semakin dihadapkan dengan pilihan sulit